Mengapa Kami Mensuspend Account Hosting Anda?

Author: | Posted in Blog, Customer 4 Comments

Tanya : Beberapa gossip beredar di kalangan Blogger Indonesia, bahwa Qwords.com tidak cocok untuk situs bertraffic tinggi atau tidak boleh menginstall plugin ini dan itu, apakah benar?

Jawab:

Ada sisi benarnya, dan kebanyakan sisi salahnya!

Tentunya anda berhak mendapatkan apa yang anda bayar, semakin rendah tingkatan paket yang anda sewa, maka semakin kecil hak penggunaan CPU / Memory yang anda dapatkan, begitu pula dengan penggunaan space dan bandwidth yang tentunya kedua hal terakhir ini dapat dilihat secara kasat mata oleh pelanggan melalui control panel.

Penggunaan CPU / Memory tidak dapat dilihat pengguna hosting biasa, ini hanya dapat dimonitor oleh Sysadmin kami, yang terus menerus memonitor server anda, apabila load situs anda menjadi tinggi, maka kami akan mensuspend account tersebut, agar mencegah server menjadi Crash atau user lain yang menggunakan server tersebut merasa lambat aksesnya.

Semisal anda menyewa layanan terdahulu yang memiliki biaya hanya Rp.10.000 / bulan, atau usd 1 per bulan, tentunya untuk menyewa server diperlukan cost per bulan usd 200-500, bergantung besarnya spesifikasi server yang disewa. Bisa anda hitung sendiri bukan, berapa biaya “patungan” yang harus dibayar oleh user untuk menutupi biaya sewa server tersebut, ditambah cost untuk service dan maintenance (human cost).

Kami harap anda cukup bijak, dan tidak egois, bahwa dalam shared hosting, server dipakai bersama dengan ratusan user lain, dan tidak boleh dimonopoli oleh satu user saja, jika situs anda menjadi besar, maka resource yang dipergunakan juga semakin besar, ini mengharuskan anda untuk memigrasi account anda ke paket yang lebih besar lagi, atau bahkan menggunakan layanan Virtual Dedicated Server atau Dedicated Server, dikarenakan setiap sistem website berbeda keperluan resourcenya.

Tanya : Mengapa kami diminta Qwords.com mendisable plugin / menggunakan plugin tertentu untuk mengurangi penggunaan CPU, sementara satu tahun lalu Qwords.com tidak mewajibkan untuk menggunakan plugin tersebut juga membebaskan menggunakan plugin yang saya mau?

Jawab :

Satu tahun lalu, mungkin website anda belum sebesar sekarang, Jumlah database yang anda isi, dan jumlah Query terhadap database anda (dapat dilihat dari jumlah pengunjung juga) serta versi program yang anda gunakan, tentunya berbeda. Hal ini yang membuat anda harus terus memperhatikan situs anda dan menghitung perkembangan skala dari infrastruktur yang anda perlukan, anda tidak dapat menggunakan layanan kami dengan harga yang paling rendah untuk situs yang memerlukan resource tinggi, anda perlu untuk mengupgrade account anda ke paket yang lebih tinggi. Kami memberikan pelayanan yang sama dan batasan yang sama terhadap situs anda, baik tahun lalu maupun tahun ini, yang berbeda hanyalah kemasan marketing saja 🙂

Tanya: Mengapa Qwords.com meminta kami untuk mendisable plugin tertentu, terutama yang berkaitan dengan statistik, kami sangat memerlukannya untuk pemasang iklan di situs kami

Jawab :

Ketahuilah bahwa pelanggan kami bukan hanya anda seorang, tentunya pengalaman yang kami terima baik itu dari saran dan komplain sudah amat banyak, kebanyakan pengguna plugin statistik, terutama plugin statistik wordpress, atau shoutbox di joomla, databasenya tidak dapat terbackup dengan baik oleh sistem Backup cPanel, File plugin statistik biasanya menggunakan penulisan database secara real time, yang harus dibackup dengan software khusus, tentunya jika anda hanya menyewa shared hosting dengan harga yang minimum, software backup ini tidak bisa kami sediakan karena harganya yang cukup mahal. Jika suatu saat server mengalami down atau harus dipindahkan karena alasan security, upgrade, dan lain lain, maka kemungkinan besar data anda akan mengalami corrupt, dan ketika anda meminta kami merestore data backup anda, maka data tersebut tidak akan sempurna direstore, dan data anda akan hilang. Tentunya ini diluar tanggung jawab kami, karena kami tentunya tidak mencampuri urusan data / program yang anda gunakan, kami baru melihat isi dari program yang anda pakai apabila account anda membuat berat resource CPU / Memory, kehabisan Bandwidth dalam masa yang singkat,  atau anda melanggar SLA-AUP kami. Namun kami tetap prihatin kepada anda yang mungkin dahulu pernah kehilangan data karena kejadian tidak terduga yang disebabkan oleh plugin tersebut, oleh karenanya kami belajar dari kesalahan tersebut dan mengingatkan kepada user lain agar tidak mengulangi hal yang sama.

Tanya : Kami kehilangan pendapatan kami dari iklan klik harian kami karena Qwords.com mensuspend account saya!

Jawab :

Well, jika anda menggunakan shared hosting dengan paket minimum, tentunya konsekuensi yang anda dapatkan adalah beban load yang lebih kecil dibanding dengan paket yang lebih besar, anda dapat berkonsultasi dengan kami mengenai paket apa yang cocok untuk anda, kami menerapkan Flexible Upgrade bagi anda, pergunakanlah account hosting anda dengan bijak, jika anda merasa bahwa website tersebut merupakan sumber penghasilan anda, maka rawatlah web tersebut dengan baik, update web itu dan perhatikan versi software yang digunakan dan requirement program tersebut, jika program tersebut memerlukan memory dedicated, maka bukan layanan shared hostinglah yang harus anda pergunakan, bisa jadi anda memerlukan Virtual Dedicated Server, Dedicated Server bahkan Clustered Server, bergantung dari apa yang anda pergunakan, Ketahuilah bahwa uang yang anda keluarkan merupakan sesuatu yang anda dapatkan juga 🙂

Kesimpulan :

Shared hosting dengan harga minimum tidak cocok untuk situs bertraffic tinggi atau menggunakan load CPU / Memory tinggi, anda harus mengupgrade layanan yang anda pergunakan untuk menghasilkan kinerja yang baik. Semoga ini memperjelas. -ren

Comments
  1. Posted by kombor
  2. Posted by wox
  3. Posted by Sam
  4. Posted by pratamajayaprinting

Add Your Comment