Dari iseng-iseng yang berujung jadi untung

Author: | Posted in Blog No comments

Buat kalian yang suka ngeblog pasti udah ga asing lagi sama cowok yang punya gaya rambut unik dengan kacamata besarnya, siapa lagi kalau bukan Bena Kribo! Yup, dikenal sebagai Bena Kribo karena emang gaya rambut kribo khasnya. Cowok dari Jakarta ini mempunyai nama lengkap Benazio Rizki Putra. Nama “Bena Kribo” ada kisah asal muasalnya loh, (cie gitu). Awalnya Bena pengen punya rambut panjang gondrong supaya kelihatan gaul karena pas masih jaman Bena sekolah rambutnya harus pendek rapi. Nah, entah karena salah shampoo atau gimana (hehehe…), kocaknya rambut Bena malah jadi tumbuh ke atas. Kalau setiap kumpul atau kopdaran, teman bloggernya yang nyari Bena atau orang yang belum pernah ketemu selalu dikasih tahu sama yang lainnya gini, “Cari aja tuh Bena, yang rambutnya Kribo”. Jadilah semua orang memanggilnya “Bena Kribo.”

Bena merupakan salah satu blogger muda sukses di Indonesia karena mempunyai segudang prestasi yang sudah dia peroleh dari hobi ngeblognya tersebut. Diantaranya pernah meraih penghargaan Blogger of the week dari Blogdetik.com, lomba nulis Axis Java Jazz 2009, Winner of Best Blog in Indonesian from TheBOBs Deutsche Welle Blog Awards 2011. Kemenangannya di tahun 2009 sebagai “Blog Remaja Terbaik” yang diberikan oleh “XL Blog Award 2009” , membuat namanya makin exist, blognya pun semakin ramai dan semakin banyak dikenal orang.

Pertama kali doyan ngeblog pas Bena masih duduk di bangku SMA. Padahal awalnya Bena hanya iseng-iseng, ga ada niatan sama sekali untuk menjadi seorang blogger yang dikenal banyak orang. Daripada curhat ke teman-temannya yang ngasih solusinya dia rasa kurang kena, akhirnya segala curhatannya dia tuangkan di blognya. Bena Kribo awalnya ga pernah menyangka kalau postingan di blognya bisa menyebar luas trus banyak yang baca dan suka, apalagi sampai membawanya ke luar negri, di samping itu juga dapat berbagai kesempatan atau peluang menguntungkan lainnya.

Sebenarnya mulai ngeposting di social media itu dilakukan Bena pada tahun 2007, pada saat itu lagi jamannya Friendster. Dan di tahun 2008 dia memindahkan postingannya tersebut ke akun Blogspot. Dari situlah Bena mulai senang menulis dan blog walking sehingga tulisannya terlatih menjadi lebih enak buat dibaca, ga seberantakan pas awal-awal ngeblog dulu. Rasa malu sama tulisan-tulisan lamanya, kayak “Aduh, kok bisa sih Gue dulu nulis kayak gini?” pasti ada, namun dianggap Bena sebagai lucu-lucuan aja buat ngelihat perkembangan tulisan dirinya sendiri dan menjadi sesuatu yang bisa ia ingat-ingat lagi di kemudian hari. Komentar dari pembacanya di postingan blognya bermacam-macam, rata-rata mereka mensupport Bena. Jika ada yang aneh-aneh, seperti kejadian tidak menyenangkan mengcopy-paste tulisannya, hal itu bisa Bena selesaikan secara baik-baik untungnya. Bena sendiri merasa terinspirasi setelah membaca buku karangan Raditya Dika yang juga merupakan blogger favoritnya. Keseharian Bena memang tidak pernah jauh dari dunia internet. Sering banget mendekam di dalam kamar sambil nongkrong di depan komputer. Di setiap postingannya, Bena selalu membuat orang  yang membacanya jadi penasaran, “Karena itu yang bikin mereka bakalan datang lagi ke blog Gue dan pengen tahu cerita lanjutannya seperti apa.” terang Bena. Rajin mengupdate postingan baru di blog bukan berarti Bena terhindar dari yang namanya stuck. Beberapa kali tulisannya sempat menghuni bagian draft, besoknya Bena akan melanjutkan kembali tulisannya dengan ide yang membuat postingannya tidak membosankan pembacanya. Punya banyak aktivitas berbeda setiap harinya membuat Bena punya banyak cerita untuk diposting di blognya.

Di samping tulisan mengenai cerita kesehariannya yang dia share, di blog Bena merasa lebih leluasa karena bisa membuat postingan mulai dari foto, gambar, hingga video. Meskipun sekarang media sosial lain sudah banyak seperti Instagram, Twitter, dll tapi Bena tetap tidak meninggalkan blog-nya, menurutnya blog lebih variatif jadi orang ga bosan dan sering main atau berkunjung ke blognya. Setelah membuat akun di Blogspot, lama-lama Bena butuh sebuah website untuk menampung cerita atau postingan serunya. Dia pun akhirnya membuat akun website sendiri yang beralamat di www.benablog.com

Bena memiliki IT basic sebagai lulusan Teknik Informatika di tahun 2011, jadi ga heran kalau Bena sudah mengerti tentang cara bikin website yang dia butuhkan untuk menampung semua cerita-cerita serunya. www.benablog.com adalah salah satu website yang Bena kelola sendiri, yang hosting dan domainnya ada di Qwords.com. Bena mengenal Qwords.com sejak mengikuti Pesta Blogger di tahun 2009, bertambah yakin untuk berhosting di Qwords.com karena rekomendasi dari teman-temannya juga (ehem… ehem.. ). Selama 4 tahun Bena Kribo berlangganan domain dan hosting di Qwords.com , Bena mengungkapkan puas dengan layanan Qwords.com. Terutama dengan layanan technical supportnya yang selalu sigap, cepat, dan siap 24 jam 7 hari, memiliki uptime network sekitar 99,99%, ada fasilitas chat online, harga hosting serta domainnya terjangkau, dan Bena merasa aman berhosting di Qwords.com.

Di bulan Maret kemarin Bena Kribo baru aja merilis buku pertamanya yang berjudul Bena Book, buku ini cukup kreatif dimana pembaca ga hanya baca cerita tentang semi biografi saja cerita lain di buku ini yaitu menceritakan tentang nostalgia ketika jaman SD, jaman ekskul SMA, dan jaman-jamannya bingung milih jurusan apa pas mau kuliah, atau ngomongin kisah percintaan, namun kita juga diajak mengikuti permainan di dalamnya yang terdapat hadiah menggiurkan bagi yang berhasil memecahkannya. Saat ini buku Bena tersebut sudah masuk sebagai best seller loh, hebat ya! Selain menulis blog dan buku, Bena ternyata juga seorang entrepeneur muda. Mempunyai online shop yang beralamat di www.iwearbanana.com .

Sebagai salah satu blogger berpengaruh, Bena sering diundang menjadi pembicara atau bintang tamu di suatu acara. Di setiap acara, pasti ada aja cerita seru Bena yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat postingan blognya. Ada beberapa acara yang berkesan baginya, yaitu saat Bena datang ke Malaysia dimana ternyata audience di sana sangat antusias menyambutnya dan saat Bena menghadiri sebuah acara talkshow di kota Lampung karena yang datang membludak, ada sekitar 1000 orang lebih, sampai ada yang nangis dan ngorbanin temannya buat masuk padahal dia sendiri juga pengen banget ketemu sama Bena. Bena merasa audience lebih banyak yang ekspresif dari luar pulau Jawa. Lalu cerita lainnya saat Bena datang ke salah satu sekolah SMA di Bandung dimana itu adalah pertama kalinya Bena berbicara di depan publik yang berjumlah sekitar empat ratusan orang “Deg-degan juga, ga nyangka kalau ada ratusan orang, kirain orangnya paling sekelas aja” aku Bena. Pas ditanya apa enaknya jadi blogger, Bena secara blak-blakan menjawab “Enaknya jadi blogger itu kalo diundang untuk jalan-jalan gratis!”. Bena Kribo udah dapet jalan-jalan gratis ke singapur, disneyland, thailand, malaysia,china dan yang akhir-akhir ini Bena baru aja ke Jepang karena dapet hadiah dari kompetisi untuk menceritakan destinasi liburannya. Selain di undang untuk liburan gratis, Bena termasuk kuis hunter juga loh. Selain jalan-jalan gratis Bena pernah memenangkan lomba video kreatif dan dapet tiket gratis nonton Maroon 5.

Akhirnya dari bidang yang digemarinya inilah Bena bisa membuktikan eksistensi dirinya sebagai blogger yang diakui di Indonesia atas usahanya sendiri kepada orang tuanya yang sempat tidak mengerti kenapa ia suka banget ‘melototin’ komputer di kamar selama ini, dengan membawa sejumlah penghargaan ke rumah. Suatu prestasi yang membanggakan. Beberapa kali orang tua Bena pun juga ikut mendukung anaknya ketika tampil di suatu program acara.

Seru sekali ngobrol sama Bena, banyak keluar cerita-cerita yang bikin kita tertawa atau mengerutkan kening mendengarnya. Kayaknya asyik banget kegiatan-kegiatannya, dia pun terlihat enjoy menjalaninya. Oke deh Bena, semoga kamu semakin sukses ya dengan blog juga project-project lainnya!

Add Your Comment