Braga Festival 2013

Author: | Posted in Blog, Events No comments

Bertepatan dengan hari jadi kota Bandung ke-203, Braga Festival kembali digelar. Walikota Bandung Ridwan Kamil membuka secara resmi Braga Festival 2013 yang berlangsung dari hari Jumat (27/9/13) hingga Minggu (29/9/13). Dalam sambutannya, Ridwan Kamil menyatakan Braga Festival adalah perayaan milik warga kota Bandung dengan menampilkan berbagai kreatifitas.

Tahun ini Braga Festival mengambil tema “Memento Mori” sebagai obituari atau memorial bagi para pelopor, tokoh yang memberikan kontribusi bagi kota Bandung dengan berbagai karyanya. Contohnya Mang Koko, Nano S, Harry Roesli, Nike Ardila, Kang Ibing, Euis Komariah dan lain-lain. Tema ini dipilih juga untuk mengingatkan pentingnya menjadi seseorang yang inspiratif seperti mereka dan masih bisa memberikan kontribusi dari statement dan filosofi meskipun telah tiada.

Braga festival tahun ini lebih menonjolkan komunitas selain tentunya menampilkan berbagai seni pertunjukan seperti musik, tari, senirupa, fotografi, film indie serta pameran produk kreatif dan ragam kuliner. Ada banyak sekali stand sepanjang jalan Braga, di sepanjang jalan Cikapundung juga dipenuhi stand makanan dan kreatifitas seni lain hasil karya anak muda Bandung. Qwords.com pun turut berpartisipasi dalam Braga Festival ini, Qwords.com  membuka stand barengan sama komunitas fotografi. Setiap harinya Braga Festival tidak pernah sepi dari pengunjung, warga Bandung memang benar-benar mengapresiasi Braga Festival ini dan ikut serta merayakan ulang tahun Kota Bandung.

Braga Festival memiliki filosofi dalam upaya melestarikan budaya Sunda, dimana kegiatan ini menjadi tempat berkumpulnya semua orang. Tentunya dari situ kita bisa membangun ikatan kekeluargaan kebangsaan yang saat ini sudah semakin berkurang. Selain itu kegiatan ini juga bagus untuk memantapkan jati diri Sunda ditengah melemahnya identitas kesundaan.

Braga Festival juga bisa menjadi salah satu wujud penghargaan dan apresiasi kepada para tokoh Sunda. Kegiatan ini dapat memberi motivasi kepada para pengunjung agar bisa berkontribusi lebih untuk membangun bangsa. Pentingnya jalan Braga ini sebagai sebuah tempat monumental yang sepatutnya dilestarikan. Banyak tempat dan karya di jalan Braga yang bisa dijadikan rekomendasi untuk pemerintah semakin memantapkan posisi Braga sebagai ikon kota Bandung.

 

Add Your Comment