Website sering Down? Sudah saatnya beralih ke VDS!

Author: | Posted in Blog, Customer No comments

Di zaman yang semakin canggih ini, melakukan penjualan secara online semakin banyak diminati orang. Namun, semakin meningkatnya jumlah pengunjung pada website Anda bisa mengalami down atau error seperti limit reached. Hal tersebut terjadi disebabkan karena resources hosting pada website anda tidak mencukupi. Untuk menyelesaikan masalah tersebut solusinya adalah sebaiknya Anda melakukan upgrade pada paket hosting yang resources capacity yang  lebih besar.

Selain itu, website semacam online shop jika sering mengalami error seperti membutuhkan fungsi / modul php tertentu, modul ini tergantung kebutuhan dari program website, misalnya fungsi curl yang terdapat pada program framework code igniter. Untuk generate thumbnail membutuhkan GD Library, fungsi GD Library ini untuk generate images secara otomatis seperti untuk thumbnail yang kebanyakan digunakan pada CMS online shop semisal CMS opencart dan prestashop.

Untuk menghindari berbagai error dan agar sering tidak down, sudah saatnya beralih ke VDS (Virtual Dedicated Server).  Pada VDS ini, semua fungsi PHP bisa disesuaikannya dengan kebutuhan website anda. Pada kali ini kami akan membahas cara enable module PHP di WHM, module PHP ada berbagai macam jenisnya seperti GD, pgsql, pdo, Curl, Zlib dan sebagainya. Kebutuhan module PHP ini berdasarkan pada “Requirement” CMS atau coding website yang akan dipasang di server, Untuk dapat mengubah Module PHP ini, anda harus berlangganan minimal Virtual Dedicated Server / Virtual Private Server.

Berikut adalah beberapa langkah dalam enable module PHP di WHM :

  1. Login WHM
  2. Ketik easy apache di pojok kiri atas lalu klik easy apache yang muncul dibawahnya seperti gambar berikut:

up 1

3. Klik Start Customizing based On profile.

up2

 

4. Klik Next Step sampai menemukan Tombol Exhaustive Option List, klik tombol tersebut.

up3

 

5. Ceklis Module-Module yang anda butuhkan, Disarankan agar membiarkan ceklis bawaan dari CPanel jika tidak diharuskan nonaktif, tetapi tidak disarankan mencek list semua module Karena akan menambah beban server anda, jika sudah beres mencek list module-module yang dibutuhkan selanjutnya klik Save And Build.

up4

 

6. Tunggu sekitar 10 – 30 menit dan jangan menutup jendela browser anda sampai proses build selesai lalu klik OK/ Save.

 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat 🙂

Add Your Comment