Macam-Macam CMS dan Pengertiannya

Author: | Posted in Blog No comments

Content Management System (CMS) merupakan sebuah sistem aplikasi untuk website yang telah jadi dan bisa langsung digunakan oleh semua orang. CMS sangat berguna bagi orang-orang awam yang tidak mengerti mengenai bahasa pemrograman. Dengan menggunakan CMS maka orang-orang dapat membangun sebuah website seperti blog, toko online ataupun forum diskusi dengan mudah.

Di dalam CMS manajemen file-file juga sangat terstruktur. Setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah sehingga memudahkan pengguna jika ingin mengedit atau menambahkan fitur yang mungkin belum tersedia di CMS tersebut. Fleksibilas sebuah CMS membuat CMS ini banyak dikembangkan oleh pihak-pihak lain. Apalagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal ini lah yang membuat banyak developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web yang baru.
Berikut ini beberapa macam CMS yang sering digunakan oleh orang dan bisa dipasang di hosting Qwords.com :
1. CMS WordPress
CMS WordPress ini adalah sebuah CMS untuk kegiatan blogging. Namun sekarang ini banyak orang yang menggunakan CMS WordPress untuk membuat website perusahaan, toko online ataupun portfolio. Kemudahan dalam customize WordPress membuat orang paling sering menggunakan CMS ini.

2. CMS Joomla

CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Namun beberapa tahun terakhir banyak yang meninggalkan CMS Joomla karena banyak celah bug yang bisa dimanfaatkan orang untuk menghack situs kita.

3. CMS Drupal

engan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.

4. Aura CMS

Aura CMS merupakan CMS hasil buatan anak indonesia. Beberapa mengggunakan Aura CMS untuk membuat website pribadi ataupun website portfolio sebuah perusahaan. Namun karena kurangnya dukungan dari developer dan komunitas, Aura CMS tidak begitu familiar digunakan orang.

5. CMS Opencart

CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce.

6. CMS Prestashop

CMS Prestashop merupakan CMS yang hampir sama dengan Opencar. Prestashop dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah. Fitur-fitur prestashop juga hampir sama dengan yang diberikan oleh CMS Opencart

7. CMS Moodle

CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.

8. CMS vBulletin
CMS vBulletin merupakan CMS yang dikhususkan untuk membuat forum diskusi seperti Kaskus, Ads ID dan forum-forum diskusi lainnya. CMS vBulletin dilengkapi modul-modul chat, private message dan fitus forum lainnya.
Untuk tutorial penggunaan beberapa CMS tersebut di Qwords bisa dibaca di halaman Knowledge Base Qwords.

Add Your Comment