6 Momen Yang Hanya Terjadi Saat Idul Fitri

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

Credit to Faizal Fanani

Hari kemenangan telah tiba. Menang artinya kita telah berhasil menahan diri selama satu bulan. Setelah menahan lapar, haus, dan hawa nafsu selama 30 hari, akhirnya sampailah kita di hari yang fitri ini. Hari ketika manusia kembali suci setelah dosa-dosanya dihapuskan selama berpuasa di bulan Ramadan.

Hari Raya Idul Fitri seringkali diisi dengan kebiasaan belanja, makan besar sepuasnya, serta liburan bersama keluarga. Dibalik keseruan lebaran tersebut, ada kebiasaan khas yang banyak orang lakukan di momen lebaran. Apa saja hal itu? Berikut enam kegiatan khas lebaran yang dirangkum oleh blogger Qwords.

1. Sholat Ied di Masjid bersama sanak saudara adalah kegiatan yang mengawali hari nan fitri. Ingatlah di balik itu, ada barang yang wajib dibawa seperti alat sholat, koran bekas untuk alas, plastik pembungkus alas kaki, dan tak lupa uang sedekah ya.

2. Berbaris mohon maaf dan saling memaafkan di rumah keluarga yang dituakan. Kebiasaan ini dilakukan hampir di semua wilayah di Indonesia. Mulai dari anggota keluarga termuda hingga yang paling tua dan dihormati.

Credit to Meutia Chaerani

3. Mencicipi ketupat dengan opor lezat di setiap rumah yang dikunjungi. Makanan yang satu ini rasanya wajib hadir di meja tiap rumah. Tapi yang tak kalah pentingnya, batasi konsumsi santan jika ingin kalori tubuh Anda terjaga di hari yang fitri.

4. Menyantap kudapan yang ketenarannya melejit selama lebaran. Apa favorit Anda? Ada castangel, puteri salju, nastar, dan masih banyak lagi. Namun, berhenti makan saat tengah malam ya jika Anda ingin menjaga kadar gula Anda.

5. Kunjungan lebaran ke rumah tetangga dan keluarga besar.

6. Tak lupa bagi-bagi angpao Lebaran kepada saudara-saudara kita yang masih kecil. Sewaktu kita masih kecil, kantong kita akan dipenuhi dengan uang kecil pemberian dari saudara yang lebih tua. Tapi sekarang hmmmmm, sepertinya giliran kita yang bagi-bagi angpao ya!

Nah, bagaimana? Sudah siap untuk kembali dari nol lagi? Sudah persiapkan hal-hal penting saat lebaran di kampung halaman? Atau, ingin mengulang kembali momen kebersamaan yang selalu dirindukan? Selamat bernostalgia dan selamat mengagendakan kembali hal tersebut ya! Seluruh jajaran tim Qwords mengucapkan Selamat Idul Fitri 1437H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Add Your Comment