Cara Cermat Memilih Web Hosting

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

hosting cara cermat
Memilih penyedia web hosting sepintas memang mudah, namun anda tetap harus jeli dan berhati-hati dalam memilihnya. Banyak web hosting yang menawarkan fasilitas tak terbatas dengan harga amat murah. Tak jarang pula hingga memberikan ratusan Gigabyte space namun membuat situs anda sulit diakses dan sering down. Anda tentu tidak ingin terjebak dalam iming-iming tersebut, bukan? Ingin memilih hosting yang tepat? Berikut ini kriterianya.

Jumlah Client Penyedia Hosting
Anda tentu tidak ingin mempercayakan website anda pada hosting yang tidak berpengalaman atau masih baru. Kesuksesan penyedia hosting sesungguhnya dapat kita lihat dari jumlah kliennya. Semakin banyak klien yang mempercayakan hosting website pada mereka, berarti penyedia hosting tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Kredibilitas penyedia hosting dapat dilihat pula melalui klien mereka dari perusahaan ternama. Jika perusahaan itu percaya dengan penyedia hosting tersebut, mengapa tidak dengan anda?

Spesifikasi Fasilitas
Sebelum memilih web hosting, anda perlu mencari tahu tentang spesifikasi fasilitas yang akan anda dapatkan. Jangan sampai anda membayar namun tidak mendapatkan keterangan mengenai produk misalnya bandwidth per bulan, kapasitas RAM dan storage. Jika penyedia we hosting anda tidak mencantumkan spesifikasi tersebut, anda bisa menanyakan langsung kepada bagian Customer Service.

Lokasi Server
Lokasi server juga berpengaruh untuk kestabilan website anda. Sebelum membeli hosting untuk website, anda harus mengetahui siapa audience dan target market anda. Jika ingin membuat website di area lokal Indonesia, maka hosting dengan lokasi server Indonesia adalah pilihan terbaik. Namun, jika anda ingin menggunakan website secara global, maka carilah hosting yang memiliki server di Singapura atau USA, karena kestabilan koneksi jaringan di dua negara ini tak diragukan lagi.

Tips Memilih Nama Domain

Baca juga Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Online

Unmetered Bandwidth
Perhatikan jumlah bandwith yang disediakan sebuah penyedia hosting. Jangan sampai website anda down pada pertengahan bulan dikarenakan bandwith yang di sediakan hosting anda terbatas. Solusi lainnya, anda bisa memilih web hosting yang menyediakan bandwith tidak terbatas atau Unmetered dengan harga yang sangat murah. Sehingga anda tidak perlu pusing lagi memikirkan bandwith yang cepat habis.

Space Hosting
Anda memilih penyedia hosting yang harganya murah? Tak apa-apa. Tapi, jangan sampai harganya murah namun space hosting yang disediakan sangat kecil. Space dengan kapasitas kecil akan membatasi aktifitas anda dalam mengelola website. Jika space hosting kecil maka space anda akan penuh dengan file dalam kurun waktu yang sebentar saja, apalagi jika sering update konten website anda. Hal tersebut akan mengharuskan anda untuk upgrade atau mencari penyedia hosting lain yang menawarkan kapasitas hosting lebih besar.

Rasionalitas Harga
Dalam konteks apapun, harga murah memang menggiurkan. Tapi, anda harus memperhatikan dan membandingkan apakah harganya itu masuk akal atau tidak. Jangan sampai anda terjebak pada penyedia hosting yang murah namun kredibilitasnya tidak jelas. Selain itu, jangan pula tertipu oleh harga hosting yang mahal namun spesifikasi server dan pelayanannya tidak sebanding dengan harganya.

Baca juga 7 Cara Efektif Promosikan Blog

Customer Service
Kemana lagi anda harus berkeluh kesah jika website anda tiba-tiba down atau error dalam fungsi tertentu? Customer Service, inilah salah satu faktor penting dalam penyedia hosting. Pastikan Penyedia Hosting anda bertanggung jawab dengan menyediakan layanan Customer Service atau layanan bantuan teknis 24 Jam. Anda tentu tidak akan pernah tahu kapan website anda mengalami masalah, bukan?

Fitur Add On Domain
Add On Domain adalah layanan yang diberikan penyedia hosting agar anda dapat menjalankan banyak domain dalam satu akun hosting. Add On Domain sebenarnya optional, jika anda hanya memiliki satu web maka anda tidak perlu memprioritaskan Add On Domain pada hosting anda. Tapi jika anda memiliki banyak website, anda akan menghemat uang bila menambah fitur Add On Domain karena tidak perlu membeli hosting lagi untuk domain baru.

Dan dari semua tips memilih hosting tersebut Qwords Telah memenuhi Kriteria sebagai penyedia hosting yang berkualitas. Didukung pengalaman lebih dari 10 tahun kami berkembang bersama client. Situs besar seperti Pertamina, Cimory, GoGirl, Infobdg, infojakarta, dll mempercayakan websitenya pada kami. Sebagai bentuk rasa terima kasih kami kepada klient yang mempercayakan websitenya di Qwords, kami menyediakan kantor cabang di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya yang siap membantu anda jika anda memerlukan bantuan langsung.

Add Your Comment