Tujuh Belasan Itu…

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

“Tujuh belas Agustus tahun empat lima, Itulah hari kemerdekaan kita…”. Eh kalo sambil dinyanyikan boleh loh, karena tahun ini Indonesia memperingati HUT yang ke 71. Sebagai warga negaranya, kita harus bangga menjadi Indonesia. Untuk anda yang lahir di Indonesia, belajar di Indonesia, bekerja di Indonesia, dan hidup di Indonesia, pasti merasakan suasana yang berbeda sepanjang bulan kemerdekaan. Menurut anda, tujuh belasan itu apa sih? Apa saja kegiatan khas saat memperingati hari kemerdekaan? Nih, Qwords bantu mengingat-ingat. Tujuh belasan itu…

1. Hari dimana tanggal di kalender anda berwarna merah. Iya, libur kerja! Khusus anda yang memiliki jam kerja reguler (tidak shift), dapat kesempatan satu hari untuk libur. Pergunakan sebaik-baiknya ya!

2. Hari yang dinantikan oleh para pelajar. Hai pelajar dan mahasiswa, ada satu hari libur nih. Bisa digunakan untuk refreshing sejenak. Selain libur di tanggal 17, mendekati hari kemerdekaan pasti sekolah mengadakan serangkaian lomba. Lebih membahagiakan lagi, pelajaran akan ditiadakan seharian penuh. Wah, kesempatan setahun sekali! Tapi ingat, jangan gunakan alasan hari kecepit untuk bolos sekolah ya!

3. Berbagai lomba seharian penuh di lingkungan rumah. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa ada perlombaannya loh. Ada lomba makan kerupuk, lomba bakiak, balap karung, tarik tambang, panjat pinang, dan sebagainya. Coba sebutkan, lomba apa saja yang pernah anda ikuti, kira-kira anda menang atau tidak ya?

Foto: liputan6.com/Aditya Eka Prawira

Foto: liputan6.com/Aditya Eka Prawira

4. Siap-siap channel di televisi anda penuh siaran langsung upacara kenegaraan. Beberapa kali anda mengganti channel TV mulai pukul 10.00, siaran nasional yang anda lihat akan menayangkan acara serupa namun dengan angle yang berbeda-beda. Setiap tahun peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, para pemimpin negara, jajarannya, dan pasukan pertahanan RI akan melakukan upacara kebangsaan di Istana Negara. Kegiatan ini akan disiarkan langsung oleh TV Nasional dan TV swasta di Indonesia. Tidak jarang kantor berita luar negeri juga menyiarkannya loh.

Foto: tribunnews.com/Theresia Felisiani

Foto: tribunnews.com/Theresia Felisiani

5. Bioskop dan TV swasta akan berlomba-lomba menayangkan tontonan bertema nasionalisme dan perjuangan. Mulai dari setting tahun penjajahan, perang kemerdekaan, hingga nasionalisme a la kekinian. Tidak ada salahnya anda saksikan film-film karya anak negeri yang ditayangkan di bioskop. Sebab, siapa lagi yang akan menghargai karya bangsa jika bukan bangsanya sendiri.

6. Kerja bakti memperindah lingkungan tempat tinggal. Mulai dari bersih-bersih, mengecat ulang trotoar, serta yang tak kalah pentingnya, mengganti tulisan tanggal pada gapura dengan tahun saat ini. Kerja bakti sangat perlu dilakukan karena dapat mempererat kerukunan tetangga dan membuat lingkungan tinggal menjadi lebih cantik. Yuk, bangun pagi di tanggal 17 Agustus untuk kerja bakti!

Foto: Hipweee.com/Danar Mustofa

Foto: Hipweee.com/Danar Mustofa

7. Jika di tanggal 17 Agustus anda pergi keluar rumah, anda akan menjumpai fasilitas umum yang dihias dengan dekorasi merah putih sepanjang jalan. Seperti halte, bangunan bersejarah, jalan layang, hingga kantor-kantor pemerintahan. Tak jarang pula poster dan banner peringatan HUT RI yang berukuran sangat besar.

Foto: Pikiran-Rakyat.com/Usep Usman Nasrulloh

Foto: Pikiran-Rakyat.com/Usep Usman Nasrulloh

8. Tidak hanya tahu bulat saja yang dadakan, penjual bendera juga akan berjualan dadakan di pinggir jalan. Ada yang membuka lapak di trotoar jalan, ada pula yang berjualan keliling memanfaatkan lampu merah traffic light. Bendera2 tersebut ada yang dijual untuk perorangan, ada pula bendera yang dijual satu paket untuk keperluan acara. Jika anda belum memiliki bendera merah-putih untuk dipasang di rumah, belum terlambat untuk membelinya sekarang.

Foto : Liputan6.com/ Eka Hakim

Foto : Liputan6.com/ Eka Hakim

9. Sahabat Qwords, jangan kaget ya media sosial anda akan penuh dengan ucapan HUT RI ketika melakukan scroll. Teman-teman anda di sosial media sedikit banyak akan sharing poster HUT RI atau mendadak membuat status nasionalis. Kegiatan ini tidak salah sahabat Qwords, justru hal-hal positif semacam ini perlu dibudayakan terutama di kalangan generasi muda.

10. Banjir promo hari merdeka. Mulai promo transportasi, promo e-commerce, hingga diskon masuk tempat wisata. Qwords juga ada promo menarik loh, di hari kemerdekaan ini. Mau tau ada promo menarik apa? Pantengin terus facebook, twitter, dan website Qwords.com ya!

Anda sudah pernah melakukan 10 kegiatan di atas? Hmmm, kira-kira apalagi ya kegiatan khas tujuh belasan? Yuk, berikan komentar anda di kolom komentar mengenai apa saja kegiatan khas hari kemerdekaan.
Dirgahayu ke 71 Republik Indonesia! Semoga namamu terus harum oleh karya-karya anak bangsa!

Add Your Comment