Tips Blogging untuk Pelajar

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous 1 Comment

Pelajar blogging

Semua pelajar yang menggeluti aktivitas blogging disebut dengan blogger part time. Sebab, tidak setiap waktu akan menulis blog dan melakukan post. Keuntungan pelajar yang menulis blog adalah mengasah kemampuan jurnalistik, tidak gaptek IT, wawasan lebih luas, dan waktu luang terpakai secara efektif. Kekurangannya, tugas utama sebagai pelajar sedikit banyak akan terganggu, waktu bermain dengan teman dan waktu istirahat juga akan berkurang. Bagi pelajar yang sudah memiliki blog maupun yang akan memulainya, nih ada tips blogging khusus buat kamu. Selamat membaca.

 

Awali dari hobi/kesukaan

Kamu punya hobi? Menyukai hal-hal tertentu? Mengapa tak menulis lalu membagikannya untuk dibaca orang lain? Hobi adalah ide awal seorang pelajar untuk memutuskan menulis blog. Tidak perlu berlarut-larut memikirkan ide konten blog, ceritakan saja mengenai hobi kamu. Di postingan berikutnya, tulis ulasan-ulasan menarik seputar hobi tersebut. Misalnya kamu suka bersepeda, pada tulisan pertama ceritakan manfaat bersepeda untuk kesehatan. Tulisan berikutnya, buat ulasan mengenai jenis-jenis sepeda yang kamu ketahui, beragam aksesorisnya, serta komunitas bersepeda yang ada di kotamu. Cukup praktis, bukan? Tulisan yang ditulis berdasarkan minat dan hal yang disukai akan bertahan lebih lama dibanding menulis hal yang tidak kamu minati.

 

Pilih tema yang aman

Bagaimana tema yang aman itu? Ingat, pelajar ada pula yang di bawah umur. Kamu termasuk blogger yang belum genap berusia 17 tahun? Sebaiknya, pilih tema tulisan yang tidak jauh dari usia kamu seperti pelajaran, game, gadget, dan aktivitas sehari-hari. Jika yang kamu tulis adalah hal umum dan pada koridor yang aman, maka tulisanmu akan terhindar dari laporan dan banned dari pembaca. Tulisan yang baik akan membawa pengaruh yang baik pula. Konten yang aman akan menghindarkan dari cybercrime atau kejahatan di dunia cyber.

 

Tak jauh dari jurusan pendidikan

Ingin tahu konten apa yang paling sesuai untuk blog pelajar? Tentu tulisan tentang pelajaran. Manfaat blogging dengan tema pelajaran adalah untuk pemantapan. Selain hobi menulis tersalurkan, kamu bisa mengulang materi yang disampaikan di kelas. Tak hanya itu, bahkan kamu bisa mendahului materi untuk hari berikutnya dengan cara mempelajari lebih dulu di rumah. Ketika guru menjelaskan, kamu akan dengan mudah memahaminya. Di saat teman bertanya, kamu bisa dengan mudah mengajarinya atau menyuruh mereka belajar dari tulisan blog kamu. Jika sudah begini, siapa yang tidak bangga?

 

Jadwalkan blogging di waktu luang

Sebagai pelajar yang suka blogging, kamu harus pintar mengatur waktu. Beberapa pelajar mengatakan bahwa aktivitas blogging tidak akan menyita waktu belajarnya. Hmmm hati-hati, kalau sudah suka pasti rela mengorbankan kewajiban lain. Karena itu, jadwalkan blogging di waktu senggang agar waktu luangmu terpakai secara efektif. Gunakan saat-saat liburan untuk menulis beberapa artikel apalagi libur kenaikan kelas. Jika sebelumnya bingung mengisi liburan dengan kegiatan apa, sekarang bisa dengan menulis blog.

 

Baca juga: 6 Cara Praktis Memulai Sebuah Blog

Baca juga: 6 Cara Praktis Memulai Sebuah Blog

Dahulukan pendidikan

Letakkan kepentingan pendidikan di atas blogging ya. Jika memasuki masa ujian sekolah, maka hentikan dulu aktivitas blogging. Kamu bisa mulai kembali rutinitas menulis setelah masa ujian selesai. Jika dihadapkan pada pilihan antara pendidikan dan blogging, maka dahulukan kepentingan sekolah yaa. Misalnya besok akan diadakan kuis matematika, maka malam harinya jangan tidur larut karena deadline menulis blog. Pilih dengan bijak karena menyangkut masa depan kamu loh.

 

Jangan terlalu sering, bermainlah keluar rumah

Krisis utama anak-anak di dunia saat ini adalah krisis identitas. Anak-anak jarang bergaul secara tatap muka dengan orang lain dan teman-teman sebayanya. Waktu lebih banyak dihabiskan bersama gadget yang dimiliki. Blogging boleh saja, tapi jangan terlalu lama di depan layar laptop ya. Selain tidak baik untuk kesehatan mata, berlama-lama di depan laptop akan membuat kita lupa dengan dunia di sekitar kita. Pengalaman bertemu dan bersosialisasi tatap muka dengan orang lain bisa menumbuhkan inspirasi menulis loh.

 

Tambah wawasan blogging

Blogging tidak hanya urusan menulis lalu posting. Blogging juga mengedepankan orisinalitas, etika, serta urgensi. Pembaca akan memilih blog mana yang paling baik serta berisi fakta dan hal-hal yang bermanfaat. Untuk itu, asah terus kemampuan menulis dan blogging kamu. Jangan pernah malu bertanya pada blogger-blogger yang telah sukses. Jangan pula malu untuk bergabung di komunitas blogger yang ada di kotamu. Selain menambah teman, komunitas juga dapat membantu kamu mengeluarkan karakter kamu yang sesungguhnya. Intinya, jangan pernah berhenti untuk belajar, belajar, dan belajar.

 

Jangan dulu targetkan pada bisnis

Sudah menjadi tanggung jawab seorang pelajar untuk belajar. Jika ingin berkecimpung di dunia blogging, maka kesampingan dulu tujuan untuk berbisnis atau mencari keuntungan. Buat blog untuk menyalurkan hobi saja terlebih dahulu. Hal ini bukan larangan, namun sebuah saran agar tidak ada tanggung jawab yang terabaikan. Jika kamu merasa sudah cukup mampu untuk menjalankan fungsi keduanya, sah-sah saja. Tapi jangan sampai mengabaikan tugas-tugas sekolah apalagi putus sekolah ya. Uang bisa dengan mudah dicari, tetapi ilmu lebih berharga dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menguasainya.

 

Nah, sudah tahu kan hal-hal yang perlu diperhatikan bagi kamu seorang pelajar dalam menulis blog? Gunakan hobi dan kemampuan kamu pada jalur yang tepat dan wajar agar tidak ada kewajiban lain yang terabaikan. Terutama kewajiban kamu untuk menyelesaikan pendidikan. Happy blogging 😀

Baca juga: Inspirasi Perayaan Blogiversary

Baca juga: Inspirasi Perayaan Blogiversary

Comments
  1. Posted by Sukma Hothot

Add Your Comment