6 Tema Blog Paling Banyak Dicari

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous 3 Comments

Baca juga: Strategi Membuat Naskah Viral

Artikel yang satu ini dijamin bermanfaat bagi anda yang menulis blog dengan tema umum atau memiliki blog dengan rubrik yang bermacam-macam. Semahir apapun anda dalam membuat karya jurnalistik ataupun reportase, pasti akan mengalami titik jenuh. Di titik ini, penulis seringkali uring-uringan sehingga kehilangan kreativitas menulisnya. Tenang, inspirasi ada di setiap sudut kehidupan anda, salah satunya dari blog Qwords ini loh :). Anda sering merasa kesulitan menentukan topik menulis di tiap harinya? Blogger Qwords akan mengulas tema-tema blog apa saja yang paling sering dicari oleh netizen. Tema-tema ini bisa menjadi pilihan anda untuk kembali membangunkan semangat menulis. Apa saja sih tema-tema itu? Tulisan berikut ini dapat menjadi inspirasi blog anda sahabat Qwords.

 

  • Berita terbaru

Era 2.0 adalah era dimana informasi merupakan berlian. Semua orang berlomba-lomba untuk mengklaim bahwa mereka mengetahui informasi pertama kali. Siapa cepat, dia dapat. Saking cepatnya, semua portal kini menyajikan rubrik berita yang diperbarui tiap menit bahkan detik. Semakin baru sebuah berita, maka nilai informasinya semakin mahal. Anda harus bertindak sebagai wartawan jika ingin blog anda berisi berita yang paling terkini atau fresh from the oven. Mengapa wartawan? Coba simak blog-blog atau portal berita media. Isi berita hanya berjarak beberapa menit saja dari suatu kejadian/fenomena. Hal ini disebabkan jaringan yang dimiliki oleh wartawan seperti figur penting dan pihak berwajib. Cara ini hanya opsional ya sahabat Qwords. Sebab, jika berita sudah terlalu lama berarti penulisnya hanya melakukan copy paste sehingga berita tak lagi orisinil. Macam-macam kabar berita tersebut dapat berupa berita umum terkini, berita politik, entertainment, dan sebagainya. Berita bisa menjadi pilihan sebagai tema menulis di blog anda.

 

  • Tips

Tema blog mengenai tips & tricks juga sangat sering dicari oleh netizen. Jangan salah, internet menjadi pilihan utama seseorang untuk mencari inspirasi loh. Karena itu, tema tips & tricks tak akan lekang dimakan zaman. Jika ingin blog anda long last, pilihlah tema blogging tips & tricks. Konten tips dapat dibagi berdasarkan gender yakni tips untuk laki dan untuk perempuan. Tips untuk menarik pembaca laki-laki antara lain tips seputar otomotif, tips bisnis, tips memilih gadget, dan sebagainya. Sedangkan tips untuk perempuan misalnya tips menghilangkan jerawat, tips mencerahkan kulit, mix&match busana, tips membedakan merk tas asli/palsu, serta tips-tips perawatan dari ujung kepala hingga kaki.

 

  • Tutorial / How to

Blog anda akan menarik banyak pengunjung jika berisi tentang tutorial atau cara-cara melakukan sesuatu. Kepada siapa orang bertanya jika internet ada dalam genggamannya? Tentu kepada mesin pencari atau yang sering kita ketahui, Google. Blog anda perlu bersahabat dengan mesin pencari juga loh agar memunculkan blog anda di halaman awal mereka. Tema blog mengenai tutorial pun bermacam-macam. Ada tutorial memakai hijab, make up, memasak, blogging, operasikan kamera, install aplikasi, edit foto, hingga tutorial tentang computer dan software. Nah, sudah banyak kan pilihannya. Anda dapat menggunakan beberapa pilihan di atas sebagai tema blogging anda.

 

  • Knowledge base

Knowledge base memiliki kesamaan dengan blog yang berisi tutorial. Bedanya, knowledge base adalah portal yang berisi artikel atau kumpulan buku manual elektronik yang biasanya khusus dibuat oleh website tertentu. Isinya seringkali lebih kompleks, detail, dan mendalam. Diperbarui secara berkala baik pre-request maupun setelah adanya request tutorial dari klien. Seperti Qwords yang menyediakan portal kb.qwords.com yang berisi cara-cara teknis seputar website, cPanel, domain, hosting, support ticket, dan tutorial seputar web hosting lainnya.

Baca juga: Tips Blogging untuk Pelajar

Baca juga: Tips Blogging untuk Pelajar

  • Review produk

Masyarakat kini adalah sekumpulan individu yang pintar namun konsumtif, terutama masyarakat Indonesia. Pintar karena informasi dan teknologi, namun juga konsumtif akan barang-barang kebutuhan. Mayoritas masyarakat Indonesia sebelum membeli barang, memiliki kebiasaan untuk mencari tahu dulu ulasan tentang produk dari forum diskusi. Hal ini baik, agar pengeluaran sepadan dengan apa yang didapatkan. Dunia internet mewujudkan keinginan tersebut. Anda para blogger pun dapat memanfaatkannya dengan membuat blog khusus untuk mereview produk/brand. Tema yang satu ini sedang hits di kalangan blogger loh. Sebab, jika blogger pintar mengelolanya, tulisan bisa berkembang menjadi pundi-pundian. Anda dapat berbisnis melalui tema blog yang satu ini. Untung-untung jika suatu saat ada perusahaan yang melirik blog anda lalu melakukan endors untuk anda dengan tujuan review produk. Produk yang direview ada bermacam-macam, jutaan. Misalnya review mengenai produk kecantikan, make up, gadget. Hingga review otomotif seperti sepeda motor dan mobil terbaru. Menarik bukan?

 

  • Fakta unik yang membongkar rahasia.

Ada lagi nih tema blog yang paling sering dicari oleh netizen, fakta unik. Orang menyukai hal-hal yang tak terduga. Mereka akan menggali terus menerus mengenai sesuatu yang tak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Hal yang unik, jarang, dan berbeda ibarat emas. Digali dengan susah payah namun ketika telah ditemukan nilainya akan sangat berharga. Value akan lebih tinggi jika fakta unik tersebut membongkar sebuah rahasia. Hmm, anda sendiri tertarik kan dengan sesuatu yang rahasia? Ada pula keuntungan yang akan anda dapat jika bisa menulis tentang hal-hal unik. Apa itu? Naskah anda akan menjadi viral.

 

Baca juga: Strategi Membuat Naskah Viral

Baca juga: Strategi Membuat Naskah Viral

 

Sudah banyak nih tema-tema yang bisa jadi opsi anda dalam menulis blog. Jika artikel ini bermanfaat untuk anda dan rekan anda, jangan ragu untuk membagikannya yaa. Share melalui button di bawah. Selamat beraktivitas sahabat Qwords!

Comments
  1. Posted by Devi Aura
  2. Posted by SentraView
  3. Posted by Ira Duniabiza

Add Your Comment