Keunikan Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

idul-adha-artikl

 

Sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari diperingatinya peristiwa kurban, yakni ketika Nabi Ibrahim bersedia menyembelih putranya untuk Allah SWT. Serupa dengan Hari Raya Idul Fitri, pada Hari Raya ini umat Muslim melaksanakan sholat Ied di Masjid, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban seperti perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim. Namun, masing-masing negara punya keunikan tersendiri dalam merayakannya loh. Kita coba ulik uniknya perayaan Idul Adha di negara-negara Asia yuk. Dimulai dari negara yang paling jauh dari Indonesia ya.

 

Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara Islam yang menjadi pusat peribadatan umat Muslim di seluruh dunia, utamanya kota Mekkah. Di Arab Saudi, peringatan hari raya terbesar justru jatuh pada perayaan Idul Adha atau Idul Qurban. Pada kesempatan ini, sejumlah warga dari berbagai belahan dunia berbondong-bondong memenuhi panggilan ke rumah Allah untuk menunaikan ibadah Haji. Ibadah Haji adalah rukun Islam yang ke lima, wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Sedikit berbeda dengan yang terjadi di Indonesia, uniknya hewan yang dikurbankan di Arab Saudi adalah unta. Penyembelihan unta dilakukan karena hewan ini adalah yang paling banyak dijumpai di sana. Hmm… selain untuk alat transportasi, unta juga disembelih untuk kurban ya. Bayangkan saja sebanyak apa daging yang diperoleh.

 

Cina

Kita beralih ke Cina, di sini umat Muslim memang tak sebanyak Arab Saudi, namun peringatan Hari Raya tetap terasa. Bedanya, sekelompok orang di Cina merayakannya tidak semeriah di negara-negara lain. Di sana, keistimewaan diberikan kepada pelajar dan pekerja untuk libur selama empat hari. Wah, berbeda dengan Indonesia yang hanya sehari ya. Di daerah yang padat warga Muslimnya akan mengadakan semacam bazaar dadakan menjual aneka makanan dan pernak-pernik. Selain bazaar, keunikan momen Idul Adha di China adalah anjuran kepada para Muslimah atau perempuan Muslim untuk tidak sholat Ied berjamaah di Masjid. Ya, hanya laki-laki saja yang diwajibkan sholat bersama di Masjid. Setelah sholat, kebiasaan sembelih hewan kambing juga dilakukan di China. Uniknya, mereka yang berkumpul saling bertukar hadiah loh. Menarik ya!

 

Singapura

Berbeda dengan Indonesia, penduduk Muslim Singapura lebih sedikit. Jumlah yang sedikit tak membuat peringatan berlangsung hening di Singapura. Berbagai jenis festival dan bazaar diadakan oleh pemerintah Singapura. Di jalan-jalan juga digantung lampion-lampion yang terlihat teduh menghiasi Singapura di malam hari. Tak ada kambing, biri-biri dan sapi pun jadi. Ya, kedua hewan ini menjadi pilihan warga Singapura untuk melaksanakan kewajiban kurban. Di sini juga ada tradisi berkunjung ke rumah kerabat yang lebih tua dan dihormati. Mirip Lebaran Idul Fitri ya. Bedanya, tidak untuk bersalam-salaman untuk memohon maaf, tetapi untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Baca juga: 6 Tema Blog Paling Banyak Dicari

Baca juga: 6 Tema Blog Paling Banyak Dicari

Malaysia

Giliran negara tetangga nih yang akan kita ulik keunikannya, Malaysia. Kedekatan geografis dan rumpun bahasa tak lantas membuat Indonesia dan Malaysia memiliki kesamaan dalam mengisi momen Idul Qurban. Jika di Indonesia memilih kambing sebagai hewan kurban, di Malaysia memilih lembu. Daging lembu yang sudah dipotong akan disalurkan ke negara yang masih banyak orang miskin seperti Bangladesh, Thailand, dan… Indonesia loh! Hmm.. Yang perlu ditiru masyarakat Indonesia dari Malaysia adalah budaya antri yang sangat baik. Penduduk yang ingin mendapat daging kurban dari Masjid akan antri rapi tanpa berdesak-desakan. Daging lembu kurban akan dibagikan ke masjid-masjid dan masyarakat sekitar. Di rumah-rumah, umat Muslim akan memasak hidangan lembu dengan makanan pendamping yakni lemang. Sejenis ketupat/lontong tuh sahabat Qwords!

 

Indonesia

Tak adil jika tak mengulas kebiasaan dan keunikan peringatan hari raya Idul Adha di negara sendiri. Ingatkah anda, apa saja yang khas dilakukan masyarakat Indonesia? Haji, sholat Ied, libur kerja/sekolah, bakar sate ramai-ramai? Ya, itu semua biasa dilakukan saat hari raya kurban. Kita ulas satu per satu yuk. Yang pertama Haji, anda akan sering mendengar sanak-saudara atau justru anda sendiri yang pergi ke Arab Saudi menunaikan kewajiban umat Muslim. Kata mereka, momen Idul Adha, ya momen berangkat Haji. Kedua, sholat Ied berjamaah di Masjid bagi laki-laki dan perempuan. Anda tentu sering menjumpai jamaah yang meluber hingga luar Masjid seperti di lapangan dan jalan raya. Sepulang sholat Ied, semua Masjid pasti sudah ramai. Wah, persiapan sembelih sapi dan kambing nih, asyiiik. Masjid-masjid ini juga akan berbagi kupon kepada warga sekitar untuk pengambilan daging kurban. Kira-kira kebagian daging sembelih atau tidak ya tahun ini? di rumah, daging kambing/sapi akan di masak apa ya? ada beberapa pilihan santap sajian seperti sate, gulai, sop, dan sebagainya. Hmm.. membayangkannya saja sudah nikmat. Eits, makan-makan boleh, tapi jangan abaikan ibadahnya ya!

Selamat Hari Raya Idul Adha, sahabat Qwords! Jangan lupa menunaikan kewajiban sholat Ied di esok hari. Bagi anda yang belum bisa berkurban kambing/sapi tahun ini, semoga diberikan rejeki dan kesempatan di Idul Adha tahun depan ya! Selamat berakhir pekan.

 

Baca juga: Tips Menangani Komplain Pelanggan

Baca juga: Tips Menangani Komplain Pelanggan

Add Your Comment