Keep Blogwalking!

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous 3 Comments

blogwalking

Apa sih blogwalking? Jalan-jalan di blog? Ya, seperti itulah gambaran singkatnya. Tapi, blogwalking tidak hanya sekedar membaca artikel saja loh, terutama bagi para blogger profesional. Blogwalking dapat diartikan sebagai kegiatan mempromosikan blog pribadi dengan cara berbincang di kolom komentar. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan backlink demi tercapainya traffic website yang ramai. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan blogwalking? Lalu, kelebihan apa yang bisa didapat dari blogwalking? Kami merangkumnya hanya untuk anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat blogwalking:

  • Harus punya target audiens

Pertama, anda sudah harus menentukan target audiens yang jelas. Misalnya blog anda adalah blog otomotif yang mengulas brand sepeda motor terbaru. Maka, anda memiliki target utama laki-laki usia 18-45 tahun dan memiliki ketertarikan dengan otomotif. Mengapa target harus jelas? Karena dapat memudahkan langkah blogwalking anda selanjutnya. Jika sejak awal target anda terlalu umum, anda akan sulit menentukan website apa yang cocok untuk disinggahi.

 

  • Pilih website relevan

Jika target sudah lebih spesifik, saatnya anda memilih website yang relevan. Pilihlah website yang sesuai dengan niche blog anda. Artikel terkait niche. Contohnya, sebagai reviewer brand sepeda motor, anda dapat memilih website yang mengulas tentang onderdil otomotif, aksesoris bermotor, hingga forum komunitas touring. Baca sebanyak mungkin konten web tersebut sebelum memberikan komentar. Jika website yang anda pilih sudah memiliki kemiripan niche dengan blog anda, maka tidak perlu memutar otak untuk menulis di kolom komentar, bukan?

  • Pilih website dengan Page-rank tinggi

Tuliskan komentar anda pada website yang memenuhi Page-rank lebih tinggi dibandingkan web anda. Page-rank website anda dapat diketahui melalui Page-rank Checker. Pilih website yang menurut anda kredibilitas dan trafficnya lebih ramai dibanding web anda. Memberikan komentar di website yang head to head dengan anda atau website baru sah-sah saja, dengan tujuan menjalin pertemanan. Tetapi, lebih disarankan untuk memberikan komentar dan mentautkan link di website yang jauh lebih besar.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan NgeBlog via Smartphone

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan NgeBlog via Smartphone

  • Percaya diri

Kepercayaan diri wajib anda miliki jika ingin berkomentar di website yang lebih dulu terkenal. Anda harus menyingkirkan jauh-jauh rendah diri dan rasa ciut sebelum berperang. Bangkitkan rasa percaya diri itu dengan cara sering memberikan komentar di blog-blog komunitas atau blog rekan anda.

 

  • Link langsung ke artikel anda yang spesifik

Memberikan komentar tidak hanya sekedar memuji/mengkritik saja loh. Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan sebelumnya dari komentator lain dengan menyelipkan link menuju blog anda. Jika anda pernah menulis artikel yang sesuai dengan artikel tersebut, masukkan saja link kepada tulisan blog anda. Ingat, jika ingin meraih backlink yang bagus, jangan hanya arahkan pembaca ke homepage website anda. Arahkan mereka kepada link artikel yang spesifik.

 

  • Konten original

Tak perlu ditawar lagi, syarat ini mutlak anda perhatikan. Jangan pernah memberikan link yang berisi konten hasil jiplakan atau copy paste. Orisinalitas konten akan berpengaruh pada kredibilitas website anda dan anda sendiri. Jika komentar anda dirasa kurang relevan dengan website rujukan, maka jangan dipaksakan. Yang terjadi, pembaca akan tersesat dan tidak menemukan informasi yang mereka inginkan.

Lalu, apa saja kelebihan dari kegiatan blogwalking?

  1. Traffic website akan meningkat dikarenakan backlink yang baik.
  2. Website anda akan ramai pengunjung karena link yang anda tautkan di kolom komentar website lain.
  3. Semakin sering melakukan blogwalking, maka nama dan website anda akan semakin terkenal.
  4. Memperluas pergaulan dan memperbanyak teman melalui forum.
  5. Wawasan anda semakin luas karena banyak membaca dari website ke website.
  6. Dapat bertukar pikiran dan ide untuk konten website anda.
  7. Optimasi SEO Offpage, yakni upaya mempromosikan blog dari luar halaman blog anda (melalui backlink)

 

Nah, itu tadi kelebihan yang bisa anda dapat dari blogwalking beserta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. Blogwalking dilakukan antara lain untuk keperluan promosi website anda. Semakin sering anda berkomentar dan memberikan link artikel anda di website rujukan, maka web anda akan semakin dikenal. Selamat mencoba sahabat Qwords. Keep blogwalking!

Baca juga: Strategi Membuat Naskah Viral

Baca juga: Strategi Membuat Naskah Viral

Comments
  1. Posted by indra
  2. Posted by Helmi
  3. Posted by yatinah

Add Your Comment