Yuk, Mengenal Domain

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

nama-domainHai sahabat Qwords, bagi anda yang sudah memiliki layanan di Qwords, tentu paham apa itu domain. Bagi anda yang mengaku paham internet, sudahkah anda mendengar atau memahami apa itu domain? Oke, artikel ini akan membantu anda memahami secara detail pengertian, ragam, fungsi, serta aplikasi domain dalam kehidupan anda.

 

Kenali domain

Domain, atau bisa disebut nama domain adalah sebuah nama unik yang terkait dengan website di dalam jaringan internet. Mudahnya, mari kita gunakan analogi. Ibaratkan anda memiliki rumah. Agar teman anda bisa sampai ke rumah anda, apa yang anda berikan? Alamat rumah anda pastinya, Jalan A gang B nomor 1, Kota Tua. Rincian alamat yang unik dan satu-satunya milik anda ini adalah nama domain dalam jaringan internet. Hanya anda yang memiliki, dan ketika orang lain mengetikkan alamat tersebut di mesin pencari, yang muncul adalah website (rumah) anda. Yuk, bahas lebih jauh tentang domain.

 

Kemudahan yang ditawarkan

Tidak semua orang lahir untuk fokus belajar mengenai IT, komputer, dan jaringan internet bukan? Termasuk tipe manakah anda? Apakah salah satu pakar IT atau pemula? Bagi anda yang sehari-hari bersinggungan dengan internet, baiknya juga harus paham seluk beluk jaringan internet setidaknya di bagian permukaan. Kembali ke domain.

Dalam bahasa IT, anda yang mengakses internet dari sebuah gadget harus menggunakan alamat IP (IP Address). Jika anda ingin membuka situs google.com misalnya, maka anda harus menggunakan kombinasi angka seperti 173.194.39.19. Untuk memudahkan anda dan pengguna internet lainnya, ada kemudahan yang disebut dengan nama domain. Nama unik ini akan menggantikan kode angka tersebut agar lebih mudah diingat. Lanjuut..

 

Domain dan Ekstensinya

Nama domain terdiri dari:

  1. Kata yang tersusun dari huruf, angka, tanda (-) baik yang terbaca maupun tidak terbaca
  2. Ekstensi nama domain seperti .com, .net, .id, dan lainnya yang akan dijelaskan di bawah.

Contoh nama domain: www.abcde.com

 

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain

 

Dalam bahasan ekstensi nama domain, kita akan mengenal Top Level Domain (TLD) yakni deretan kata di belakang nama domain seperti .com, .net, .org, .info, .biz, dll. Top level domain dibagi menjadi dua yakni Global TLD dan Country Code TLD. Global TLD sering dikenal dengan domain Internasional yakni .com, .net, .org, .gov, .biz, .info, dll. Sedangkan Country Code TLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, web.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb). Mayoritas orang akan menggunakan nama domain popular agar mudaha dikenali oleh klien atau pengunjung webnya seperti .com, .net (network), .org (organisai), .edu (edukasi) yang tak diragukan lagi popularitasnya.  Namun saat ini, banyak pula yang menggunakan ekstensi domain baru. Domain baru ini menggunakan kata-kata tanpa singkatan yang amat deskriptif. Tujuannya, agar pengunjung langsung paham gambaran umum website hanya dengan membaca nama domainnya saja, seperti .TRAVEL, .TV, .UNIVERSITY, .EVENTS, dsb.

 

Domain & Branding

Soal biaya, harga domain akan dihitung dalam satuan tahun. Harga domain premium (nama domain kurang dari 5 karakter) berada di atas standar nama domain biasa. Lalu, apa yang membuat domain premium istimewa? Dari segi branding, nama domain yang baik adalah yang singkat dan mudah diingat. Bagaimana orang akan memahami produk anda jika menghafal nama domainnya saja susah? Karena itu, semakin singkat (premium) nama domain, maka biayanya akan semakin mahal.

 

Tentang Hak cipta

Berbicara tentang branding, tidak akan jauh dari tema hak cipta. Setelah anda memesan nama domain di Qwords, otomatis anda telah mengklaim nama tersebut untuk anda sendiri. Orang lain yang memesan dengan nama dan ekstensi sama tidak akan berhasil. Tetapi, apakah klaim tersebut sudah cukup? Anda dapat mengajukan surat hak merek. Ketika orang lain menggunakan branding anda sebagai keperluan komersil, anda dapat menuntutnya. Jadi, tunggu apa lagi? Klaim dan pesan nama domain anda sekarang juga sebelum diambil hak oleh orang lain.

Pilih Nama Domain .ID

Pilih Nama Domain Internasional

 

Selain yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa istilah lain seperti Sub Domain, Add On Domain, dan Parked Domain. Apa saja itu? Nantikan di artikel berikutnya ya!

Jangan lupa share artikel ini untuk teman dan kerabat yang membutuhkan. Selamat beraktivitas!

Baca juga: Mengapa Brand Anda Harus Punya Website?

Baca juga: Mengapa Brand Anda Harus Punya Website?

Add Your Comment