Macam-macam domain .ID dan Kegunaannya

Author: | Posted in Blog, Promo No comments

fungsi_idid

 

Hai #sahabatQwords, coba sebutkan domain .ID yang anda ketahui! Tahukah anda jika domain .ID tidak hanya satu? Ya! Banyak ekstensi lainnya dari perkembangan domain .ID. Ada berapa banyak ya? Lalu apa saja fungsi dari domain-domain tersebut?

Kali ini kami akan berbagi informasi seputar domain berkarakter Indonesia yang satu ini. Lanjut yuk..

 

Di Indonesia, nama domain Indonesia dikelola oleh lembaga khusus bernama PANDI. Semua pendaftaran domain .ID dipantau oleh PANDI dan dapat didaftarkan melalui registrar-registrar yang ada di dalamnya. Qwords merupakan salah satu registrar resmi PANDI loh :).

 

Apa sih Keuntungan menggunakan domain .ID?

1.    Domain Terpercaya

2.    Ekstensi Domain berkarakter Indonesia

3.    Dilindungi Hukum Indonesia

4.    Banyak pilihan sesuai kebutuhan

 

Kita uraikan satu per satu fungsinya ya..

 

Ac.id – Ekstensi domain ac.id digunakan di lingkungan akademik terutama perguruan tinggi. Dijumpai pada website resmi sebuah Universitas, Institut, dan sejenisnya. Ekstensi ac.id tidak dapat digunakan secara personal yaa..

Biz.id – Biz.id seringkali digunakan untuk keperluan bisnis penggunanya. Ekstensi domain ini dapat anda gunakan secara personal.

Co.id – Ekstensi domain co.id pasti sudah tak asing bagi anda. Hanya digunakan oleh badan usaha, UMKM, dan sejenisnya. Tak jarang dijumpai e-Commerce dan start up yang memilih menggunakan co.id. Ekstensi ini tidak dapat digunakan untuk personal ya, karena ada syarat pendaftaran yang WAJIB anda lengkapi.

My.id – Sesuai dengan namanya “my”, domain ini dapat anda gunakan secara personal. Seringkali orang menggunakannya untuk web maupun blog pribadi.

Or.id – Sama halnya dengan kegunaan .org, ekstensi or.id digunakan untuk identitas website milik organisasi/komunitas. Namun, ekstensi ini menunjukkan ciri khas Indonesia dengan ekstensi .id di belakangnya.

Ponpes.id – Digunakan dalam lingkungan pendidikan khususnya Pondok Pesantren. Saat ini sudah semakin banyak Pondok Pesantren di Indonesia yang menggunakan ekstensi ini sebagai website resminya. Baca persyaratannya DI SINI

Sch.id – Pernahkan anda mencoba mencari SD, SMP, atau SMA anda di internet? Sudahkah mereka memiliki website? Jika sudah, mereka pasti menggunakan domain yang satu ini. “Sch” merupakan akronim dari school yang berarti sekolah. Institusi pendidikan (di luar perguruan tinggi & ponpes) menggunakan domain ini sebagai website resminya.

Web.id – Nah, kalau website yang satu ini penggunaannya lebih umum, bahkan bisa didaftarkan secara personal loh. Kategori dari domain ini lebih luas. Anda berminat? Daftar yuk, lagi ada promo #AmazingApril!

idcomhost

 

 

Ingin tahu syarat pendaftaran domain-domain di atas? Cek Di Sini

button_syarat

Add Your Comment