Mengenal Istilah Web Hosting: Parked Domain VS Add-on Domain

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

web hosting domainDalam dunia internet terkadang kita sering mendengar istilah tentang Parked Domain dan juga Add-on Domain. Pada saat kita ingin membeli hosting dan domain di salah satu jasa penyedia website hosting indonesia, kita pasti akan melihat beberapa paket yang menawarkan fitur add-on dan parked domain pada paket produk shared hosting indonesia tersebut, untuk orang awam mungkin akan membuat bingung. Sepertinya agak sulit membedakan antara Parked domain dengan add-on domain.

Namun dimanakah terletak perbedaan di antara keduanya tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut mari kita simak perbedaannya antara lain:

Perbedaan antara Parked Domain dengan Add-on domain:

  • Pada Parked domain, misalnya anda mempunyai dua nama domain dengan nama yang berbeda yaitu domainsatu.com dan domaindua.com. domainsatu.com merupakan nama domain utama anda saat ini dan anda ingin menambahkan domaindua.com. Anda ingin agar kedua domain tersebut mengarah pada satu situs atau lokasi yang sama yaitu artinya ketika Anda mengetik domainsatu.com atau domaindua.com akan menampilkan halaman yang sama pada situs anda namun tetap satu hosting.Sedangkan pada Add-on Domain Anda punya dua domain yaitu domainsatu.com dan domainandua.com.Anda ingin dua domain tersebut terpisah atau berdiri sendiri namun tetap berada pada satu web hosting saja atau shared hosting yang sama.
  • Add-on domain adalah situs kedua anda, dengan konten yang unik atau domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah situs/domain. Jenis domain ini tidak mengharuskan Anda untuk mendaftarkan nama domain baru sebelum Anda dapat menyimpannya. Sedangkan Parked Domain adalah BUKAN situs web yang unik lebih tepat dapat dikatakan sebagai website alias.
  • Di Parked domain pengaturan account e-mail bisa dilakukan melalui cPanel di web hostingnya. Untuk Add on domain dalam pengaturan FTP dan account email domaindua.com sama dilakukan dengan cPanel yang ada di domainsatu.com (domain utamanya)

Jika kita lihat persamaannya yaitu dari banyaknya domain yang kita punya, Anda harus mempunyai dua domain atau lebih dan juga tentu saja ada atau tidaknya ketersedian fitur tersebut pada paket hosting yang dipilih. Dari artikel ini dapat kita simpulkan bahwa walaupun mempunyai arti dan fungsi yang berbeda, semua tergantung dari kebutuhan penggunanya yaitu kegunaan dari website yang menggunakan fitur tersebut.


Warning: Use of undefined constant rand - assumed 'rand' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blogqw48/public_html/wp-content/themes/nominal/single.php on line 93

Add Your Comment