Strategi Membuat Naskah Viral

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous 1 Comment

Viral adalah istilah yang diadopsi dari Bahasa Inggris untuk ilmu marketing. Viral merupakan cara marketing untuk menjalankan fungsi promosinya kepada konsumen. Sama hal nya dengan kerja marketing, naskah yang kita buat ditujukan untuk pembaca, kita dapat menanamkan ide-ide tertentu di kepala mereka lalu tersebar di khalayak luas. Jika pembahasan tersebut menarik, traffic menuju situs anda akan meningkat. Melalui sebuah artikel, banyak hal yang dapat penulis sampaikan misalnya ide-ide, informasi, persuasi, dan promosi itu sendiri. Tentu anda sering menjumpai artikel yang menjadi bahan perbincangan di masyarakat. Bagaimana cara membuat naskah viral? Strategi berikut ini, bisa jadi pertimbangan loh.

Be different
“…Jika tidak bisa menjadi yang terbaik, jadilah berbeda”. Beda, jarang, dan unik adalah hal yang menarik. Jangan takut untuk menuangkan ide-ide baru untuk blog/situs anda. Cari hal yang anti-mainstream yang hanya bisa dijumpai di situs anda. Biarkan otak anda mencari-cari sesuatu yang kreatif dan out of the box. Hal yang unik dan berbeda akan memancing perbincangan di masyarakat sehingga menjadi topik yang tak ada habisnya.

Terbuka dengan isu segar
Manjakan pengunjung situs anda dengan konten yang segar dan up to date. Bagaimana cara agar pikiran selalu terbuka dan peka akan hal baru? Caranya adalah dengan melek media. Maksudnya, bukan rajin update status galau di media sosial ya. Melek media artinya selalu memperbarui informasi mengenai apapun di luar diri kita. Bisa melalui kabar berita, tren busana terkini, teknologi mutakhir, serta hal yang baru di suatu daerah yang bisa kita dapatkan dari media massa. Selain melek media, cara untuk peka dengan dunia sekita adalah dengan memperbanyak teman, mengikuti forum, bergabung dalam komunitas, dan masih banyak lagi.

Perhatikan like/dislike
Perlu anda ingat bahwa setelah tulisan anda dipublikasikan, konten tersebut adalah konsumsi umum. Artinya, anda menulis tidak hanya untuk diri anda sendiri selayaknya buku diary, tapi menulis untuk khalayak. Segala hal yang menyangkut publik tentu dilakukan dengan pertimbangan. Anda perlu memperhatikan hal yang disukai dan tidak disukai oleh khalayak. Selera memang subyektif dan sulit dipastikan, namun dapat diamati, misalnya mayoritas orang tidak menyukai tulisan negatif tanpa dasar asumsi, serta konten yang berbau kekerasan. Sebaliknya, orang akan menyukai hal-hal positif yang bermanfaat, menguatkan asumsi, serta berkesan.

Baca juga: 7 Cara Efektif Promosikan Blog

Ikuti jalur utama
Saat membuat artikel blog, mengikuti arus memang terkadang perlu. Tapi, kita tidak boleh terlena dengan arus yang kuat. Jika terlalu nyaman dan mengalir apa adanya, konten justru melenceng jauh dari niche blog atau tema yang utama. Seperti misalnya blog Qwords, artikel tidak dipenuhi dengan pembahasan seputar domain, hosting, dan website saja. Artikel ringan seputar blog dan bisnis online bisa jadi pilihan yang tepat. Meskipun banyak memuat artikel beragam, konten blog harus tetap pada jalur yang utama.

Smart dalam pemilihan judul
Buatlah judul yang singkat namun menarik perhatian, sehingga pembaca melanjutkan membaca artikel hingga selesai. Pilih judul berupa kalimat yang menimbulkan rasa penasaran. Dianjurkan agar tidak memberikan informasi yang utuh pada judul. Sebab, jika itu dilakukan, pembaca hanya akan melirik judul lalu meninggalkan website anda.

“Mainkan” Emosi Pembaca
Anda tentu tidak ingin berlama-lama membaca artikel yang datar-datar saja bukan? Jika menemukan artikel semacam itu, tindakan yang anda lakukan pasti close tab layar utama lalu beralih ke situ lainnya yang memuaskan hati anda. Jika anda ingin pembaca betah berlama-lama mengunjunjungi situs anda, buatlah artikel yang memainkan emosi pembaca. Emosi tersebut bisa melalui artikel naratif, memperkuat asumsi, mematahkan asumsi, membongkar fakta dan rahasia, hingga konten mengharukan.

Perbanyak Backlink
Apa itu backlink? Seberapa pentingnya backlink khususnya untuk blogger? Backlink adalah tautan balik dari alamat sebuah situs. Agar naskah anda viral, perbanyak relasi yang menunjukkan backlink. Artinya, perbanyak situs yang mencantumkan link menuju website anda. Misalnya dengan mencantumkan link di facebook, twitter, dan sosial media lainnya. Semakin banyak backlink menuju website anda, traffic website anda akan meningkat.

Baca Juga : 7 Rahasia Percepat Laju Website

Baca Juga : 7 Rahasia Percepat Laju Website

Comments
  1. Posted by jaka

Add Your Comment