Chrome Security Warning: Amankan Website Sebelum Ditandai Tidak Aman

Author: | Posted in Blog, Customer, Miscelaneous, News 2 Comments

securitywarning

 

Internet di masa ini telah menghubungkan proses komunikasi tanpa batas. Informasi menjadi amat cepat tersebar dan banyak diakses. Tapi, apakah anda yakin situs internet yang anda akses selama ini aman? Apakah data pribadi yg anda setorkan pada situs tersebut terjaga kemanannya? Lapisan keamanan website amat dibutuhkan bagi pengelola maupun pengunjung website. Maka dari itu pada Oktober 2017, Chrome yang merupakan browser milik Google melalui versi terbarunya version 62 Chrome akan menerapkan Security Warning. Apa itu?

Security Warning dari Chrome merupakan bentuk peringatan keamanan terhadap website. Semua website yang tidak menggunakan lapisan keamanan atau SSL (Secure Socket Layer) akan diindikasi sebagai website tidak aman. Pada Januari 2017, Chrome sebenarnya telah melakukan sosialisasi ini dengan memberi tanda pada HTTP sebagai situs non-secure (tidak aman). Puncaknya pada Oktober 2017 nanti, Google Chrome akan meningkatkan Security Warning dengan menandai HTTP sebagai “HTTPS rusak” atau diberi tanda merah Not Secure.

Anda tentu tidak ingin situs Anda dianggap berbahaya atau palsu, bukan?

Sebelum Google Chrome mengeluarkan Security Warning ini, telah banyak yang memasang SSL Certificate pada website mereka. SSL Certificate penting terutama bagi website yang melakukan transaksi data sensitif seperti password, data pribadi, data bank, kartu kredit, dsb. Namun bukan berarti situs lainnya (blog & web sederhana) tidak perlu memasang SSL. Sertifikat kemanan ini juga berfungsi untuk meningkatkan ranking situs anda di mesin pencarian.

SSL pada dasarnya merupakan metode enkripsi data dari website yang digunakan untuk mengamankan komunikasi antara komputer & server.  Sertifikat SSL akan membuat situs anda dikenali browser sebagai situs yang terpercaya. Dengan begitu, anda dapat melindungi para pembaca & pengunjung situs anda saat mengakses website.

SSL merupakan investasi masa depan untuk website anda.

Selain lapisan keamanan yang berbayar, saat ini telah banyak penyedia layanan web hosting yang menyediakan Letsencrypt SSL GRATIS pada panel hostingnya seperti Letsencrypt Qwords.

Sebelum anda memasukkan data pribadi ke sebuah website, pastikan dulu apakah terdapat ciri-ciri website ber-SSL di bawah ini:

Ciri-ciri website yang telah menggunakan SSL:
  • Url Menggunakan HTTPS, bukan HTTP
  • Pada samping kiri URL terdapat greenbar (terdapat gembok hijau atau alamat web yang juga berwarna hijau)

greenbarqw

 

Namun sebaliknya, jika anda menjumpai pesan ini pada saat browsing berarti anda perlu berhati-hati saat memberikan informasi sensitif pada website.

Tanda website tidak ber-SSL:

yellowLogo ini artinya website menggunakan SSL, namun oleh Chrome masih diindikasi terdapat konten tidak aman di dalamnya. Hindari memasukkan data sensitif / data penting pada website.

redLogo ini artinya konten pada website tidak aman untuk diakses. Dengan kata lain, sertifikat SSL tidak valid sehingga beresiko tinggi. Jangan memasukkan datar sensitif anda pada halaman ini.

 

Selain tanda bantuan di atas, ketika mengakses sebuah website yang tidak aman, anda akan diberi pesan peringatan seperti:

  • “Sertifikat keamanan situs tidak tepercaya!”
  • “Sertifikat keamanan situs telah kedaluwarsa!”
  • “Sertifikat keamanan server dibatalkan!”

Pesan di atas berarti terdapat masalah pada sertifikat keamanan website. Anda dianjurkan untuk TIDAK mengunggah atau memberikan informasi apapun yang sensitif / bersifat pribadi.

Protokol keamanan ini digunakan oleh jutaan website untuk mencegah pencurian informasi sensitif pelanggan seperti data diri, password, hingga kartu kredit. Transaksi aman, pelanggan nyaman. Yuk, gunakan SSL Certificate untuk amankan website Anda!

Di Qwords, selain mendapatkan Letsencrypt gratis untuk paket hosting tertentu, anda bisa mendapatkan SSL Certificate mulai Rp 150.000/tahun. Qwords memiliki beberapa vendor SSL ternama dunia seperti Global Sign/Alpha SSL, Comodo, Geotrust, Symantec, RapidSSL, dan sebagainya. Setiap pembelian Cloud Hosting Paket Maxx, akan langsung mendapat AlphaSSL GRATIS. Tunggu apa lagi? Lengkapi website Anda dengan lapisan keamanan SSL Certificate dari Qwords.

pesan_sekarang

Comments
  1. Posted by Naimlog
  2. Posted by Admin

Add Your Comment