BATIK: Makna Dibalik Karya & Warisan Bangsa

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

batik

 

Tanggal 2 Oktober merupakan hari diperingatinya Hari Batik Nasional di Indonesia. Batik merupakan sebuah karya & warisan budaya yang telah dimiliki oleh Indonesia dan diakui oleh masyarakat International.  Sahabat Qwords tahu? Karya batik ini dahulunya selalu dikenakan oleh raja-raja Jawa loh! Simak selengkapnya yuk.

Sejarah batik di Indonesia berkembang sejak Kerajaan Majapahit abad 18 silam di pulau Jawa. Batik ini juga dikenakan oleh para Kesultanan Yogyakarta dan Kasunan Surakarta. Untuk menjadi raja Kesultanan dan Kasunan, para raja harus pintar menari dan membatik sebagai syarat berkedudukan sebagai raja.  Terkait dengan teknik pembuatannya pada masa itu batik tulislah satu-satunya teknik yang digunakan dalam proses mewarnai dan pengerjaannya. Tanaman-tanaman dari daun jati, mengkudu, pohon nila dan soga merupakan pewarna alami bahkan soda abu dan tanah lumpur juga bahan membuat batik. Dari pembuatannya muncullah berbagai motif dan corak batik yang dibuat dengan penuh makna dan arti.

Motif batik bergambar aneka ragam bidang dari segi tiga, lingkaran, motif hewan, manusia, geometris dan motif lainnya yang menunjukan status seseorang.

Ini dia sekilas beberapa motif batik yang ada di Indonesia.

 

  1. Motif Batik Parang

Motif batik parang memiliki nilai beberapa filosofi yang tinggi berupa petuah agar tidak pernah menyerah sebagaimana ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak, batik tersebut juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri.

batikparang

Motif Batik Parang

 

 

  1. Motif Kraton

Motif batik ini adalah motif yang mempunyai makna sereta filisofi hidup. Batik keraton ini dikerjakan oleh para putri keraton maupun pembatik khusus dan ahli yang berada di lingkungan keraton.

Batikkraton

Motif Batik Kraton

 

  1. Motif Sido Asih

Nah, untuk para pengantin perempuan ternyata ia harus mengenakan batik bercorak dibawah ini. Motif batik ini mempunyai makna bahwa dalam hidup ber-rumahtangga  senantiasa dipenuhi kasih sayang dan saling mengasihi.

sidoasih

Motif Batik Sido Asih

 

  1. Motif Semen

Motif ini diartikan dengan kekuasan yang berjaya. Pola ini dtunjukan dengan gambar daun, gunung dan hewan yang digambar dengan motif secara umum ini.

semenbatik

Motif Batik Semen

  1. Motif Slobog

Motif ini dilambangkan dengan kematian, harapannya agar arwah yang meninggal diberi kemudahan dan kelancaran menghadap Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa dan teruntuk keluarga yang ditinggalkan juga diberi kesabaran dalam menerima cobaan.

slobog

Motif Batik Slobog

Masih banyak batik lainnya juga yang mempunyai makna setiap gambarnya. Namun demikian Batik-batik tersebut sampai sekarang sudah berkembang dengan beraneka corak dan motif sehingga secara umum setiap orang bisa menggunakannya dengan kebanggan karya batik tersendiri. Sebagai warga Indonesia, Mari kita lestarikan dan cintai warisan identitas bangsa kita :). Selamat Hari Batik Nasional 🙂

 

 

Add Your Comment