7 Tips Memacu Kreativitas

Author: | Posted in Blog, Customer, Miscelaneous, News 1 Comment

tipskreatif

 

Creativity is intelligence having fun” – Albert Einstein

Creativity comes from a conflict of ideas” – Donatella Versace

Don’t wait for oppotunity, create it” – Shifter Magazine

 

Bayak cara untuk “memancing” datangnya kreativitas. Mulai dari diri sendiri, pengalaman hidup, maupun orang-orang sekitar. Berikut ini macam-macam cara untuk memacu munculnya kreativitas Sahaat Qwords. Check it out 🙂

Brainstorming
Brainstorming pada dasarnya merupakan upaya pencarian ide kreatif atau memecahkan permasalahan tertentu dengan cara mengumpulkan gagasan anggota kelompok. Bagi Anda yang yang bekerja secara tim di perusahaan tentu pernah melakukan brainstorming baik melalui rapat atau bincang santai untuk membuat proyek tertentu. Brainstorming dinilai lebih jitu untuk memacu datangnya kreativitas karena berasal dari banyak kepala/pemikiran. Pengalaman yang berbeda dari masing-masing partisipan dapat membuat ide lama menjadi sebuah ide baru dan membuat yang semula ide sederhana menjadi luar biasa.

Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dengan irama menyenangkan dapat memperbaiki mood. Dengan mood yang baik, otak akan terpacu untuk berpikir dengan sudut pandang yang berbeda. Pilih saja musik dengan irama upbeat atau lagu dengan lirik yang penuh semangat. Dengan mendengarkannya, anda akan terbawa suasana yang semangat bahkan memicu pemikiran out of the box. Penelitian pernah dilakukan oleh Sam Ferguson dari University of Technology di Sidney kepada sejumlah mahasiswa. Sejumlah mahasiswa diminta untuk mendengarkan beberapa jenis musik berbeda mulai musik yang tenang, sedih, hingga musik bahagia. Hasilnya yang ditemukan sangat bervariasi. Ketika mereka diminta melakukan sebuah tugas, mereka yang didengarkan musik bahagia lebih berinovasi & kreatif dalam menyelesaikan masalahnya.

Coret-coret di kertas
Jika anda termasuk tipe pemikir visual, Anda dapat menuangkan segala yang anda pikirkan melalui sebuah coretan/gambar.  Cobalah membuat gambar doodle art, melukis, atau yang lainnya. Biarkan ide bermain di otak anda melalui goresan di kertas kosong.

Menulis diary/blog
Anda bukan tipe yang suka menggambar? Tidak masalah, Anda dapat menuangkan isi pikiran melalui tulisan bebas. Biarkan otak anda terbiasa mengolah, mencerna dan mewujudkannya melalui tulisan tangan di diary atau sebuah blog sederhana. Sering menulis akan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar loh. Dengan begitu, pikiran akan terbuka dan akan mudah menerima hal-hal baru.

 

Baca juga: 6 Cara Praktis Memulai Sebuah Blog



Aktivitas fisik
Aktivitas fisik yang dimaksudkan di sini antara lain olahraga dan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan santai. Olahraga, apapun bentuknya, dapat membuat fisik sekaligus pikiran menjadi segar kembali. Maka dari itu, khususnya anda yang bekerja di ruangan kantor dengan duduk seharian perlu melakukan olahraga minimal seminggu sekali, agar pikiran tubuh fit dan pikiran lebih fresh. Selain olahraga, kreativitas akan lebih terpacu lebih baik dengan cara berjalan dibandingkan berpikir dengan cara duduk diam.

Traveling
“Serius amat sih? Kurang piknik tuh..”, jika Anda pernah mendengar kalimat ini dari teman Anda, cepat agendakan liburan! Orang yang kurang bepergian cenderung lebih sering merasa jenuh dan tertekan. Menyisihkan waktu untuk liburan dan jalan-jalan itu perlu loh. Bepergian ke tempat dengan suasana dan budaya yang baru akan memperluas sudut pandang kita. Pengalaman asing akan meningkatkan kemampuan berpikir agar lebih fleksibel.

Ikut Kursus
Jika anda tipe orang yang harus dipandu untuk memunculkan ide kreatif, mengikuti kursus keterampilan adalah jawabannya. Melalui kursus, anda dapat mengasah kemampuan & kreativitas. Ikuti kursus seperti les gambar, melukis, kursus desain grafis, kursus kesenian, dan sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya Sahabat Qwords 🙂

Comments
  1. Posted by mlagu

Add Your Comment