Online Store 101 – Do’s and Don’ts

Author: | Posted in Blog, Digital Marketing No comments

onlinestore101

 

Hai Sahabat Qwords! Artikel ini wajib dibaca oleh Anda yang sedang punya masalah seputar online shop, bisnis online, marketplace, e-commerce, dan sebutan lainnya. Artikel ini akan menjawab beberapa pertanyaan seperti, “Mengapa toko online saya sepi pembeli?”, “Mengapa barang dagangan saya tidak laku?”, “Sudah benarkah promosi online yang saya terapkan?”, dan sebagainya. Kami akan menjabarkan hal-hal apa saja yang HARUS dan TIDAK BOLEH dilakukan oleh para Online Seller dalam Online Store 101 – Do’s and Don’ts 

 

1

Komitmen adalah hal penting sebagai pebisnis, apalagi bisnis online. Jika tak ingin kalah saing dengan jutaan toko online di luar sana, Anda harus rajin update produk online. Jika memang produk baru belum tersedia, anda bisa menyelingi dengan konten terkait yang menarik. Seperti tips and trik, atau artikel ringan.

 

 

2

Apa gunanya toko online dengan produk dan foto yang bagus tapi tanpa informasi kontak? Jika nomor/email yang dicantumkan tidak mempermudah pelanggan menjangkau Anda, mereka tak segan untuk kabur dan batal melakukan pembelian. Karena itu, lengkapi fitur Live Chat di website Anda untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Jika mereka merasa informasi yang dibutuhkan terpenuhi, akan mudah untuk menarik minat beli mereka.

 

 

3

No pict hoax“. Orang akan cenderung lebih percaya jika ada tampilan visual berupa foto. Deskripsi produk yang panjang lebar tanpa disertai foto tentu masih kurang lengkap. Ada foto produk tapi gambar tidak jelas, tetap akan membuat calon pelanggan ragu-ragu untuk melanjutkan ke proses pembelian. Foto yang asal-asalan pun akan sulit untuk menarik minat beli. Sisihkan sedikit waktu dan usaha Anda untuk melakukan sesi foto produk. Dengan tampilan katalog yang jelas, lengkap, dan high-quality, pelanggan tak akan ragu untuk membeli.

 

 

4

Promosi sangat wajib dilakukan, apalagi jika produk Anda termasuk barang tersier. Selain melalui akun media sosial dan menyebar secara viral, anda dapat memaksimalkan promosi melalui media lain seperti Google Display Network (Adwords), beriklan di Facebook, dan Instagram. Bila perlu, adakan program Giveaway atau kuis berhadiah untuk meningkatkan awareness brand Anda.

 

 

5

Sering tidak nyaman dengan email dan pesan singkat online store yang tak jelas? Jangan biarkan calon pelanggan Anda merasakan hal yang serupa. Sebelum memberikan pesan singkat atau email promosi, lakukan dulu tes marketing kecil-kecilan seperti minat pelanggan, demografi target sasaran, dan trend yang ada saat ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari strategi marketing yang tidak tepat sasaran. Anda tentu tidak ingin menghabiskan uang dengan percuma, bukan?

 

 

6

Pelanggan adalah bagian yang paling berharga dalam sebuah bisnis. Bina hubungan sebaik mungkin dengan mereka agar menjadi pelanggan setia. Tawarkan berbagai macam kemudahan saat bertransaksi dengan Anda. Sediakan banyak pilihan metode bayar untuk memudahkan proses pembelian. Semoga bermanfaat!

 

Add Your Comment