Awas Pencurian Data di Internet!

Author: | Posted in Blog, Dev & Security 1 Comment

lebihdaraman

 

Anda yakin situs internet yang anda akses aman? Tunggu dulu..

Sering belanja online di internet? Atau, pernah mengunggah informasi pribadi di sebuah website? Anda perlu waspada terhadap pencurian data di internet. Sebenarnya, apa saja sih data-data yang bisa dicuri oleh pihak tak bertanggungjawab? Yakni data yang bersifat pribadi & sensitif seperti Data diri, Password, Data Bank, Kartu Kreditdan informasi sensitif lainnya. Tapi tenang, sahabat Qwords tak perlu khawatir, sebelum memberikan informasi tersebut di sebuah website, lakukan 3 hal ini:

  1. Cek url situs tersebut, pastikan Anda menemukan url dengan HTTPS, bukan HTTP. Ini artinya, website telah menggunakan lapisan keamanan SSL.

https

 

  1. Cek bar di samping kiri url. Terdapat icon gembok hijau atau alamat web yang juga berwarna hijau. Ini artinya, website telah menggunakan lapisan keamanan SSL. Website yang Anda akses sudah SECURE!

greenbar

Anda dapat melihat apakah SSL website ini valid atau tidak, dengan cara mengarahkan kursor pada ikon gembok (jika menggunakan browser Firefox), atau klik icon gembok (jika menggunakan browser Chrome).

 

  1. Ketika anda mengakses sebuah situs dengan Chrome, anda akan diberi peringatan seperti berikut:

Sertifikat keamanan situs tidak tepercaya!

atau

Sertifikat keamanan situs telah kedaluwarsa!

Itu artinya, terdapat masalah pada sertifikat keamanan website. Anda dianjurkan untuk TIDAK mengunggah atau memberikan informasi apapun bersifat pribadi. Bila perlu, segera Close Tab!

 

Itu tadi beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebelum mengunggah informasi sensitif ke sebuah website. Pastikan website yang sahabat Qwords akses lebih dari aman ya! 🙂

SEMOGA BERMANFAAT!

 

Simak penjelasan selengkapnya tentang pembahasan ini melalui Video

DI SINI

Comments
  1. Posted by Widodo Groho Triatmojo

Add Your Comment