5 Tips Menjaga Keamanan WordPress

Author: | Posted in Blog, Dev & Security No comments

 

Meskipun WordPress menyatakan diri sebagai CMS yang aman dibanding platform sejenis, ada baiknya untuk para pengguna WordPress tetap melakukan hal hal di bawah ini untuk menjaga keamanan WordPress Anda.

 

  • Upgrade WordPress
    Gunakan WordPress versi terbaru. Notifikasi upgrade WordPress akan Anda temukan di bagian atas dashboard WordPress. Klik & ikuti langkahnya. Upgrade WordPress penting dilakukan agar konfigurasi sesuai & WordPress berjalan lebih cepat. 

 

  • Pilih Provider Hosting terpercaya
    Gunakan Hosting yang menawarkan 99,99% Uptime, monitor server 24 jam, dan layanan teknis yang siap membantu 24×7 seperti
    Qwords Cloud Web Hosting.

 

  • Gunakan “strong” password
    Anda tak hanya WAJIB mengubah password default, tapi juga WAJIB menggantinya dengan kata kunci dengan tingkat kerumitan yang tinggi agar terhindar dari brute force. Gunakan kata kunci yang terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan karakter.

 

  • Instal Plugin Detektor Spam
    Pilih plugin yang benar-benar diperlukan saja & pilih dari sumber yang resmi. Plugin pembersih & pemblokir
    spam termasuk salah satu yang dibutuhkan. Anda dapat memilih plugin Akismet atau WP-Spam Free. Tugas dari plugin ini adalah mendeteksi dan memblokir komentar spam secara otomatis. Komentar spam akan dipisahkan dari komentar biasa atau langsung dilakukan auto delete sesuai pengaturannya. Selain Akismet ada pula plugin dengan fungsi serupa yakni WP Spamfree, namun bedanya, Akismet lebih ringan karena tidak menerapkan metode javascript seperti yang ada di WP-Spam Free. Akismet sudah tersedia gratis saat pertama kali Anda menginstall WordPress. Anda hanya perlu mengaktifkannya saja.

 

pluginwp

Baca juga: 5 Plugin WordPress yang Wajib Anda Install

 

  • Install Plugin Keamanan WordPress
    Plugin keamanan adalah hal yang paling penting. Anda dapat menginstall
    All in One WP Security & Firewall. Plugin ini memiliki beberapa kategori keamanan mulai dari dasar, menengah, hingga kategori canggih. Dengan memilih opsi pengamanan tambahan, Anda dapat meningkatkan skor keamanan WordPress Anda. Fiturnya pun sangat beragam mulai dari mengamankan akun user, mengamankan login dan database situs, backup dan restore .htcaccess, blokir akses berbahaya, mencegah metode hacking brute force, scanning, memblokir komentar spam, serta mencegah pencurian artikel.

 


Warning: Use of undefined constant rand - assumed 'rand' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blogqw48/public_html/wp-content/themes/nominal/single.php on line 93

Add Your Comment