6 Fakta Unik Asian Games

Author: | Posted in Blog, Miscelaneous No comments

faktaunikasiangames

 

Sahabat Qwords tentu sudah tahu kalau negara kita tercinta akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia. Ya, Asian Games 2018. Pada pesta olahraga ini, dua kota –  Jakarta dan Palembang terpilih menjadi tempat berlangsungnya Asian Games 2018.

Sebagai negara yang terpilih menjadi tuan rumah, Indonesia patut berbangga diri. Asian Games yang berlangsung mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 merupakan pesta olahraga yang ditunggu-tunggu oleh para fans. Berbagai persiapan baik dari para atlet maupun sarana prasarana juga semakin dimantapkan demi meriahnya Asian Games 2018.

Namun dibalik itu semua, Asian Games ternyata menyimpan berbagai fakta unik. Apa saja itu? Mari kita simak.

 

  1. Vietnam, sempat jadi kandidat tuan rumah

Sahabat Qwords sudah tahu belum, kalau ternyata keputusan awal yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bukanlah Indonesia, melainkan Vietnam. Hanoi, Vietnam terpilih menjadi tuan rumah setelah mengalahkan Surabaya dan Dubai ketika dilakukan pemungutan suara tahun 2012. Akan tetapi di tahun 2014 Vietnam mengundurkan diri dan dipilihlah Indonesia sebagai gantinya.

 

  1. Surabaya sempat dipilih sebagai penyelenggara Asian Games

Pada pemungutan suara tahun 2012, Indonesia mengajukan Surabaya sebagai kota penyelenggara. Namun, pada saat itu Hanoi-lah memenangkan pemungutan suara, sedangkan Surabaya di posisi ke-2. Setelah Hanoi mundur, otomatis kota Surabaya menempati posisi pertama.  Akan tetapi kota Surabaya memutuskan untuk mengundurkan diri karena agenda di tahun 2021 dan akhirnya Ibu Kota Jakarta-lah yang terpilih menjadi tuan rumah. Disusul dengan terpilihnya Palembang sebagai kota pendukung Asian Games 2018.

 

  1. Pertama kali diadakan di 2 kota

Perlu Sahabat Qwords ketahui juga, jika Asian Games kali ini merupakan Asian Games yang pertama kali diselenggarakan di dua kota berbeda. Akan tetapi, pesta pembukaan serta penutupan Asian Games akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Meskipun demikian hal ini tidak akan mengurangi meriahnya Asian Games 2018.

 

  1. Maskot unik penuh filosofi

Dalam Asian Games 2018 ini terdapat 3 maskot yang masing-masing memiliki arti yang unik. Maskot petama bernama Bhin-bhin, karakter burung cenderawasih yang menggunakan rompi motif Asmat khas Papua yang melambangkan strategi. Maskot kedua yakni Kaka, badak bercula satu yang menggunakan pakaian tradisional khas Palembang. Mascot kedua ini melambangkan kekuatan. Maskot ketiga yakni Atung yang merupakan Rusa Bawean. Atung ini memakai pakaian sarung dengan motif tumpal khas Ibu Kota. Atung merupakan maskot yang melambangkan kecepatan.

 

  1. Api Abadi dari India

Fakta unik yang kelima kali ini yaitu adanya api obor yang sengaja didatangkan dari India. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan India merupakan tuan rumah Asian Games pertama kalinya di tahun 1951. Api abadi ini diambil di stadion Nasional Dhyan Chand, New Dehli yang merupakan tempat pertama kali digelarnya Asian Games. Api yang sengaja didatangkan dari sumber api India ini merupakan salah satu lambang semangat yang akan terus menyala demi menjaga kebersamaan dan persahabatan.

 

  1. Kembali digelar di Indonesia setelah 56 tahun

Asian Games 2018 ini merupakan Asian Games kedua yang diselenggarakan di Indonesia setelah pagelaran pertama di tahun 1962. Tak heran, segala persiapan dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi atlet dan tamu Internasional Asian Games 2018.

Ayo, dukung Asian Games 2018 dan bersama-sama kita jaga nama baik Indonesia di mata Internasional. Tunjukkan bahwa negara kita pantas menjadi tuan rumah diselenggarakannya pesta olahraga terbesar di Asia!

 

sumber: Quipper.com

Add Your Comment