Domain Life Cycle. Status Domain Setelah Expired

Author: | Posted in Blog, Dev & Security No comments

domainlife

 

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa saja yang terjadi pada saat setelah Domain melewati masa jatuh tempo (expired)? Apakah Domain tersebut hilang? Apakah dapat didaftarkan/diklaim oleh orang lain? Semua jawabannya akan Anda dapatkan pada artikel berikut ini.

Sebuah Domain biasanya memiliki masa aktif selama 1 tahun. Namun, bisa saja sebuah Domain memiliki masa aktif 2 sampai 10 tahun, tergantung dari jangka waktu yang dipilih pada saat awal mendaftarkan Domain. Domain yang sudah expired atau sudah habis masa aktifnya tidak bisa didaftarkan secara langsung. Domain expired baru bisa didaftarkan kembali setelah 80 hari s/d 3 bulan setelah expired. Apabila Anda mengincar sebuah nama Domain yang bagus tetapi sudah expired, Anda harus menunggu selama 80 hari hingga Domain tersebut dilepas ke publik.

Mengapa sebuah domain expired baru bisa diregistrasi setelah 80 hari?

Domain yang telah expired akan masuk ke beberapa periode tahapan dahulu sebelum benar-benar available. Ketiga tahapan tersebut antara lain Renewal Grace Period, Redemption Grace Period dan Pending Delete. Mari kita bahas satu persatu tahapan tersebut:

  • Renewal Grace Period. Ketika sebuah Domain memiliki status expired, Domain tersebut masuk ke dalam Renewal Grace Period atau kata lainnya masa tenggang. Periode ini berlangsung rata-rata selama 30 hari. Pemilik Domain masih bisa me-renew Domain tersebut dengan biaya normal. Pada masa ini, nama Domain yang telah expired biasanya diparkir oleh registrar ke halaman komersial.

 

  • Redemption Grace Period. Domain yang belum diperpanjang sampai masa Renewal Grace Periode berakhir, maka otomatis akan masuk ke dalam tahapan Redemption Grace Periode. Domain pada masa ini secara manual telah dihapus oleh registrar. Domain sudah tidak bisa diakses dan tidak diparkir. Pemilik Domain masih bisa mendaftarkan ulang namun dengan biaya yang lebih mahal (10 kali lipat) dibandingkan biaya perpanjangan atau pendaftaran Domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari.

 

  • Pending Delete.  Ini merupakan periode masa persiapan untuk dilepaskan ke umum dan nama Domain sudah tidak bisa diperpanjang lagi. Masa Pending Delete terjadi selama 5 hari, dan biasanya pada hari ketujuh Domain sudah dapat diregistrasi lagi seperti layaknya Domain baru.

 

Bagi Anda pemilik Domain, kami himbau untuk melakukan pengecekan rutin terhadap status Domainnya sebelum expired. Jika Anda membeli Domain di Qwords.com maka Anda akan mendapatkan informasi jatuh tempo Domain 30 hari sebelum, 14 hari sebelum, dan pada hari Domain Anda expired. Aktifkan selalu email yang Anda gunakan saat mendaftarkan Domain di Qwords.com agar selalu update akan informasi.

 

Terima kasih telah memilih Qwords 🙂
Jangan lupa share kepada sahabat Qwords lainnya!

 


Warning: Use of undefined constant rand - assumed 'rand' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/blogqw48/public_html/wp-content/themes/nominal/single.php on line 93

Add Your Comment