Pentingnya Website untuk Bisnis

Author: | Posted in Blog, Digital Marketing No comments

webbisnis

 

Anda mengaku punya bisnis online? Sudah siapkah Anda dengan pertanyaan ini?

“Apakah sudah memiliki website untuk media promosi?”

Bisnis, UKM, Perusahaan, Ecommerce, atau apapun kita menyebutnya, memiliki website adalah suatu hal yang WAJIB. Apalagi, saat ini semua lini kehidupan sudah beralih ke digital. Semua hal yang belum terkoneksi secara online di internet, akan semakin tertinggal. Begitu pula dengan bisnis. Bisnis konvensional dan toko fisik sudah semakin tergantikan dengan marketplace dan toko online.

Membuat website saat ini bukan lagi persoalan yang sulit. Jika Anda termasuk pemula dengan bisnis kecil, sudah banyak website builder yang easy drag & drop editing. Sedangkan untuk perusahaan besar, Anda dapat merekrut tim web developer untuk menjalankan administrasi website.

Mengapa website penting untuk Bisnis Anda? Temukan jawabannya di artikel ini.

 

  1. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Dengan Website, Anda dapat melakukan interaksi dengan calon pembeli tanpa batas waktu dan tempat. Anda juga dapat memaksimalkan pelayanan dengan fitur live chat 24 jam bila Anda memiliki tim CS khusus. Website juga dapat Anda maksimalkan dengan tips-tips khusus yang berkaitan dengan produk. Misalnya, Anda menjual produk kecantikan maka Anda bisa menambahkan halaman tips mengenai skin care, make up tutorial, dsb. Dengan selalu memberikan informasi dan layanan tanya jawab seputar kecantikan, maka pelanggan Anda akan semakin tertarik dengan produk yang Anda jual.

 

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Beberapa calon pembeli akan melihat “siapa di balik bisnis/produk ini?”. Tak jarang di antara mereka akan mengambil keputusan pembelian setelah mempelajari track record perusahaan. Anda dapat mewujudkan kebutuhan pelanggan seperti ini melalui website. Website dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Anda dapat memberikan informasi About Us, Contact, History, Visi/Misi, dsb. Dengan begitu, mereka tak lagi ragu untuk melanjutkan pembelian karena situs yang diakses bukan abal-abal/penipu.

 

  1. Hemat biaya & waktu

Kebalikan dari toko fisik yang harus menyewa tempat/ruko tiap bulan, website bisa menjadi rumah untuk bisnis Anda. Tak punya toko fisik, tak masalah. Bisnis Anda tetap dapat berjalan. Selain itu, baik Anda maupun pelanggan dapat menghemat waktu. Pelanggan tak perlu repot-repot datang hanya untuk membeli 1 item produk. Ia dapat melakukan semuanya melalui gadget secara online. Tak akan khawatir jam tutup toko, karena order dapat diproses kapanpun tanpa dibatasi waktu.

 

  1. Menjangkau target market lebih luas

Kemampuan jaringan internet untuk menjangkau target market tak perlu diragukan lagi. Sekali Anda upload materi ke website, calon konsumen dari seluruh dunia dapat Anda jangkau. Oleh-oleh kekinian khas kota Jogja tak hanya dapat dinikmati oleh warga lokal saja. Mereka yang di luar pulau dan luar Indonesia pun dapat menyadari keberadaan bisnis itu melalui internet.

 

  1. Sebagai portal informasi, portofolio/katalog

Tak perlu repot cetak brosur atau buku katalog agar calon pembeli tahu produk Anda. Semua dapat Anda unggah di halaman website. Informasi dalam bisnis ibarat pintu utama menuju tindakan pembelian. Bagaimana orang bisa mencari tahu tentang produk Anda jika tidak ada akses/portal informasi menuju brand tersebut? Apalagi, jika bisnis Anda tergolong baru. Brand baru tentu masih asing di telinga masyarakat, untuk itu penting membuat website. Website adalah cara jitu untuk mewujudkan Brand Awareness. Informasi dapat Anda berikan mulai dari gambar, deskripsi, hingga video.

 

  1. Optimalkan Marketing dengan SEO

Anda dapat memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) untuk dapat bersahabat dengan search engine. Mengapa perlu bersahabat dengan search engine? SEO yang baik, cepat (website responsif),tepat, dan relevan, akan ditunjukkan Google di halaman utama pencarian. Ada dua kategori pencarian di Google yakni pencarian organik yang gratis dan tidak diperkuat oleh iklan, serta pencarian anorganik yang berbayar dan diperkuat oleh iklan. Jika SEO anda baik, maka Google akan memunculkan website anda di halaman awal. Anda tidak perlu bayar untuk mengiklankan website anda. Hal ini sangat menguntungkan terutama untuk menaikkan traffic website.

 

Add Your Comment