Ini Bahaya Menggunakan Tema & Plugin Nulled

Author: | Posted in Blog, Dev & Security No comments

pluginnulled

 

Ini Bahaya Menggunakan Tema & Plugin Nulled

WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat website, blog, bahkan toko online. Salah satunya karena WordPress menyediakan ribuan tema dan plugin yang dapat digunakan. Oleh karena itu, banyak situs di luar situs resmi WordPress yang menawarkan tema dan plugin WordPress secara gratis. Inilah yang disebut dengan Tema dan Plugin Nulled, dimana mereka membajak tema dan plugin premium WordPress lalu menyebarkannya secara gratis di internet. Tentu saja sangat memikat hati bukan? Karena tema dan plugin premium yang seharusnya berbayar, dapat  digunakan dengan gratis. Namun sebaiknya Anda gunakan tema dan plugin yang asli atau original untuk menghindari resiko dan bahaya. Berikut ini resiko dan bahaya jika Anda menggunakan tema dan plugin nulled.

 

Rentan terkena Malware/Virus

Biasanya tema dan plugin nulled telah disisipi malware atau virus yang dapat mengancam keamanan website karena malware/virus ini dapat merusak tampilan website, menyebarkan virus ke pengunjung, hingga mencuri data-data website. Dengan menggunakan tema dan plugin nulled, Anda memberikan akses kepada para hacker untuk masuk ke dalam website Anda.

 

Merusak SEO dan traffic website menurun

Mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah mendeteksi website yang terkena malware atau virus karena website mengandung banyak spam link yang mengarahkan ke situs-situs terlarang. Hal ini dapat merusak SEO website karena tidak sering dimunculkan oleh mesin pencari. Selain itu, jika ada pengunjung yang akan masuk ke website Anda, mesin pencari akan mengeluarkan peringatan (warning) bahaya. Hal tersebut dapat mengakibatkan traffic website menurun.

 

Tidak dapat Update dan tidak mendapat Support

WordPress selalu melakukan update tema dan plugin nya untuk memperbaiki bugs ataupun menambah fitur baru. Dengan menggunakan tema dan plugin nulled, Anda tidak dapat melakukan update. Jika ada script yang tidak kompatibel, akan membuat error website Anda. Selain itu, jika terjadi masalah Anda tidak dapat meminta bantuan/support. Anda harus memperbaiki masalah tersebut sendiri.

 

Kami himbau agar pengguna memakai tema dan plugin yang asli untuk menjaga keamanan website. Dengan begitu, Anda juga menghargai hak cipta orang lain :). Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya!

 

Add Your Comment