Mengenal CloudLinux & Cara Kerjanya

Author: | Posted in Blog, Dev & Security 1 Comment

 

CloudLinux merupakan OS (Operating System) populer dan paling banyak digunakan. Teknologi yang digunakan oleh OS ini adalah LVE atau Lightweight Virtualized Environment. LVE memungkinkan penyedia Hosting untuk memiliki kontrol penuh terhadap CPU, IO, Memory, dan jumlah proses. Keuntungannya bagi User adalah kesesuaian & keadilan paket yang didapat. Sedangkan dari sisi Provider Hosting, stabilitas server akan terjaga.

Pada sebuah layanan Hosting, CloudLinux berfungsi untuk membatasi penggunaan resource user satu dan user lainnya dalam 1 server. Sehingga pada saat Hosting berbeda diletakkan dalam satu server, maka tidak akan saling mengambil resource satu sama lain. Dengan kata lain, jika Hosting A melebihi batas penggunaan memory yang seharusnya, tidak akan menggunakan memory milik Hosting B. Apa saja yang dilakukan CloudLinux untuk Hosting Anda?

 

  • Menjaga Server tetap Stabil

Seperti yang telah disinggung di atas, CloudLinux akan membatasi penggunaan sumber daya setiap pengguna yang berada dalam satu server. Fitur-fitur di dalamnya bekerja untuk membatasi penggunaan memory, membatasi kecepatan CPU, serta membatasi proses yang dapat berjalan dalam 1 waktu pada masing-masing Hosting.

 

  • Memberikan Jaminan Keamanan

CloudLinux memiliki fitur keamanan yang hebat bernama CageFS. Fitur ini akan mencegah user lain untuk melihat/mengintip seluruh informasi sensitif yang disimpan oleh user lain. Keamanan ini sangat penting untuk menghindari kebocoran data-data pelanggan.

 

  • Meningkatkan Performa & Kecepatan

CloudLinux juga dilengkapi oleh LSAPI  yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja webserver.

Semua paket Cloud Hosting di Qwords telah menggunakan OS CloudLinux dan semua fitur hebat di dalamnya. Jadi, sahabat Qwords nggak perlu ragu lagi untuk menggunakan Hosting/Server di Qwords 🙂

Jangan lupa share artikel ini ya!

Comments
  1. Posted by Hanna

Add Your Comment