Seperti pada artikel yang telah dibahas sebelumnya “Jenis Sertifikat SSL”, kita mengetahui bahwa SSL dibagi dalam 3 tipe sesuai jumlah nama Domain yang dapat diamankannya. Namun kali ini, artikel akan berfokus pada Multi Domain SSL atau yang juga dikenal sebagai SANs (Subject Alternative Names).

Multi Domain dan SANs fungsinya sama, yakni mengamankan beberapa Domain dengan satu sertifikat SSL saja. Nama Domain tambahan yang dimasukkan ke sertifikat SSL harus memenuhi syarat Fully-Qualified-Domain-Name (FQDN) atau dengan kata lain telah aktif nama Domainnya.

Siapa yang menggunakan Multi Domain SSL?

Jenis sertifikat SSL ini seringkali digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan banyak Nama Domain serta mencari cara termudah dan paling hemat untuk mengamankan semua Domainnya. Selain itu, jenis SSL ini juga dapat digunakan oleh Web Developer yang memiliki banyak pelanggan atau menangani beberapa website (dengan Nama Domain yang berbeda-beda pula). Ia dapat mengamankan nama-nama Domain tersebut menggunakan fitur Multi Domain SSL.

Apa keuntungan menggunakan Multi Domain SSL?

Sebelum membahas apa alasan menggunakan Multi Domain SSL, ada baiknya kita ketahui dulu mengapa Sertifikat SSL penting untuk sebuah website pada bagian “A Complete Guide to SSL Certificate”.

Multi Domain SSL / SANs:

  • Satu Sertifikat SSL dapat mengamankan beberapa Nama Domain
  • Solusi paling sederhana dan hemat biaya dibanding Single Domain SSL
  • Selain Domain, dapat pula mengamankan subdomain
  • SSL dapat bekerja di semua browser

Tipe SSL

Sertifiat SSL juga dibagi berdasarkan tingkat validasinya yakni Domain Validation (DV), Organization Validation (OV), dan tingkat keamanan tertinggi Extended Validation (EV). Penjelasan selengkapnya tentang Tipe SSL dapat dilihat di artikel “Jenis-jenis SSL yang Wajib Kamu Ketahui”.

Vendor SSL Ternama

Qwords menyediakan SSL dari beberapa brand ternama seperti GlobalSign, Entrust SSL, AlphaSSL, Sectigo, Symantec, GeoTrust, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Sertifikat SSL di Qwords, sistem keamanan lebih canggih, dengan proses vetting yang mudah dan cepat. Dapatkan dengan harga ekonomis mulai Rp 150.000/tahun. Sebelum memesan dan memasang SSL untuk website, baca dulu “5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Sertifikat SSL


Semoga artikel di atas bermanfaat dan jangan lupa share agar lebih banyak orang tahu 🙂

#LebihDariAman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *