webaccel

Ada 3 bagian dalam Web Accelerator yang bekerja secara simultan dan fungsinya krusial, yakni Mod_lsapi PRO, CRIU, dan Opcode Cache.

Apa masing-masing tugasnya?

 

Mod_lsapi PRO

adalah sebuah modul pada OS CloudLinux yang berbasis LSAPI, memberikan peningkatan signifikan dalam hal kecepatan dan penggunaan sumber daya untuk PHP website.

 

Apa itu LSAPI?

LiteSpeed Server Application Programming Interface.
Dirancang khusus untuk membuat komunikasi yang mulus dan optimal antara LiteSpeed? Web Server dan aplikasi web pihak ketiga. LSAPI membuat server lebih cepat dan membuat halaman web lebih stabil.

 

Jadi, Mod_lsapi pro ini “Supercharging The PHP pages”. Dia adalah teknologi paling cepat dalam menyajikan halaman PHP Anda.

 

Jika Anda saat ini menggunakan CentOS dan sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan ke CloudLinux, Anda bisa mendapatkan 10% performance boost.

 

Apa saja kehebatan Mod_lsapi?

  • Lebih cepat dibanding modul lainnya dalam menyajikan PHP.
  • Memberikan keamanan terbaik.
  • Tidak butuh penyetelan (tuning).
  • Tanpa kendala dalam hal stabilitas manajemen proses seperti PHP FPM dan mod_fcgid.
  • Footprint memory yang rendah.
  • Mengandung segala benefit dari Opcode caching

 

Opcode cache

Cache bertugas menyimpan sementara file HTML maupun gambar pada website. Dengan fungsi cache ini, Anda akan merasakan kecepatan saat me-reload website. Beban load website dan bandwidth akan berkurang, sehingga akses website lebih cepat (karena sudah disimpan oleh cache).

Cache pun bermacam-macam, ada yang tugasnya menyimpan teks/gambar/video website, ada yang bertugas menyimpan history alamat IP/ Domain. Nah, Opcode Cache (Opcache) ini adalah satu cache yang tugasnya menyimpan copy-an dari PHP memory server agar kinerja PHP 3x lebih cepat. Dengan Cara menyuntikkan diri ke dalam siklus hidup eksekusi PHP dan menyimpan hasil dari fase kompilasi untuk digunakan kembali nanti.

 

CRIU

Checkpoint/Restore In Userspace (re: kree-oo) adalah software tool untuk OS Linux. Dengan tools ini, Anda dapat menghentikan sementara (freeze) aplikasi– atau bagian dari aplikasi yang sedang berjalan kemudian menjadikannya sebagai kumpulan file pada disk. Jika ada pengguna yang mengakses kumpulan file tersebut, maka Anda hanya perlu melakukan restore aplikasi dan menjalankannya persis seperti saat di-freeze. Jika tanpa tahap freezing, maka perlu mengumpulkan lagi file-file yang telah disimpan di CRIU. Dimana proses tersebut membutuhkan waktu lebih lama.

webacceler

Gambar: Ilustrasi Web Accelerator

Saat pengguna mengakses website yang servernya menggunakan Web Accelerator, dimana sudah tercover dengan LSAPI, CRIU dan Opcache, maka akses ke website/aplikasinya akan jauh lebih cepat.

Semoga bermanfaat ya sahabat Qwords!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *