Baru-baru ini cPanel baru saja membuat heboh dikalangan penyedia jasa web hosting dan pengguna web hosting tentang kenaikan harga lisensi cPanel yang fantastis. Dulunya untuk penetapan harga cPanel hitungannya per server, sekarang ini berubah menjadi hitungan per akun. Efeknya yang pasti kepada konsumen web hosting yang akan dikenakan biaya tambahan.

Untuk update harga cPanel terbaru ini kenaikannya 100% lebih, jika dulu lisensi cPanel untuk 1 server yang bisa menjalankan 1.000 user Anda cukup membayar $11, sekarang ini sewanya $32 untuk 100 user dan tambahan untuk setiap orangnya $0.10, jadi untuk 1.000 user biaya lisensinya $122 pertahun. Silahkan lihat update harga cPanel pada gambar dibawah ini:

Harga cPanel Terbaru
Harga cPanel Terbaru

Solusinya Anda bisa menggunakan control panel hosting selain cPanel. Contohnya saja di Qwords memberikan opsi lain menggunakan panel DirectAdmin agar harganya lebih murah. Dari perbandingan harga saja untuk cPanel vs DirectAdmin ini selisih lumayan jauh, padahal spesifikasi hosting yang digunakan sama. Pada Qwords harga hosting yang menggunakan DirectAdmin lebih murah 27%. Untuk control panel DirectAdmin ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cPanel, hanya memang butuh sedikit  penyesuaian saja karena memang masih belum terlalu familiar.

Apa itu DirectAdmin?

DirectAdmin adalah salah satu software control panel hosting buatan developer JBMC Software yang berasal dari Canada. Untuk fungsinya memudahkan pelanggan dalam mengatur dan memanagement data website, Database, Domain, Subdomain, FTP, DNS, Email dan lainnya.

DirectAdmin
DirectAdmin

Kelebihan DirectAdmin

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara install WordPress pada DirectAdmin, untuk proses installasi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cPanel. Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya tentang Cara Install WordPress di cPanel, silahkan baca terlebih dahulu agar lebih tahu. Sebelum lanjut ke cara installasinya, kita akan membahas dulu tentang kelebihan dari DirectAdmin:

  • Harga yang lebih murah
  • Panel kontrol hosting yang ringan
  • Tampilan lebih modern
  • Support backend language PHP
  • Menggunakan Linux OS
  • Support Domain Name Server (DNS)
  • Support Email
  • Support File Transfer Protocol (FTP)
  • Database
  • Support IPV6

Cara Install WordPress di DirectAdmin

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki panel hosting DirectAdmin, kali ini saya mengambil contoh dari paket Value Performace Cloud Web Hosting E dari Qwords.com. Untuk harga sewa bulanannya Rp 14.500/bulan dengan spesifikasi Hosting 1 GB, bandwith unmetered dan gratis domain .COM. Mari kita mulai saja langkah-langkahnya:

1. Login Qwords

Silahkan login ke panel hosting Qwords.com sesuai dengan paket yang Anda gunakan.

Login Panel Qwords
Login Panel Qwords

2. Memasukan Username & Password

Setelah muncul tampilan popup menu login, masukan username dan password. Biasanya saat selesai pembayaran Anda akan dikirimi username dan password untuk login ke dashboard layanan.

Login Portal Qwords
Login Portal Qwords

3. Memilih Layanan

Jika sudah berhasil masuk ke dashboard, silahkan pilih pada layanan yang Anda gunakan.

Masuk di Client Area
Masuk di Client Area

4. Memilih Layanan

Nantinya akan mucul layanan yang sudah Anda beli, kali ini saya membeli Cloud Web Hosting E dengan panel DirectAdmin, silahkan klik pada layanan tersebut.

Product Layanan Yang Digunakan
Product Layanan Yang Digunakan

5. Kelola Layanan

Akan muncul tampilan mengenai detail paket hosting yang Anda gunakan dan pada bagian tengah terdapat button ‘Login ke DirectAdmin’, silahkan klik pada Login DirectAdmin tersebut. Jika Anda membeli hosting di provider lain mungkin cara 1 sampai 5 ini akan sedikit berbeda, tetapi setelah login ke DirectAdmin semuanya akan sama.

Login ke DirectAdmin
Login ke DirectAdmin

6. Dashboard DirectAdmin

Jika sudah berhasil, akan muncul tampilan dashboard panel DirectAdmin. Dari segi fitur memang DirectAdmin tidak sebanyak cPanel tetapi dari segi user interface lebih unggul DirectAdmin.

Dashboard DirectAdmin
Dashboard DirectAdmin

7. Extra Features DirectAdmin

Silahkan scroll ke bawah dan cari menu ‘Extra Features’ kemdudian pilih ‘Softacolous Auto Installer’.

Aplikasi Auto Installer Softacolous
Aplikasi Auto Installer Softacolous

8. Memilih Website

Perlu diketahui bahwa Softacolous sudah memiliki 451 jenis script website yang bisa Anda gunakan. Kemudian pilih saja CMS WordPress yang biassanya berada pada bagian atas.

Install WordPress di DirectAdmin
Install WordPress di DirectAdmin

9. Memilih WordPress

Klik ‘Install Now’ dan Anda akan masuk ke dashboard seting install WordPress.

Proses Installasi WordPress
Proses Installasi WordPress

10. Software Setup WordPress

Pada bagian ‘Software Setup’ silahkan pilih versi PHP yang Anda gunakan dan pilih Installation Directory, untuk kolom terakhir pada direktori lebih baik dikosongi saja.

Software Setup di WordPress
Software Setup di WordPress

11. Site Setting WordPress

Dibawahnya terdapat menu ‘Site Setting’ yang berisi Site Name dan Site Description, isikan sesuai dengan website yang akan Anda buat.

Site Setting WordPress
Site Setting WordPress

12. Admin Account WordPress

Dibawahnya lagi terdapat menu ‘Admin Account’ yang isinya Username, Password dan alamat email. Silahkan isi dan catat semua data loginnya agar tidak lupa dikemudian hari.

Admin Account WordPress
Admin Account WordPress

13. Install WordPress

Jika semua sudah, silahkan klik ‘Install’ dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Install WordPress di cPanel
Install WordPress di cPanel

Baca Juga : Memilih Theme WordPress Terbaik

14. Login WP ADMIN

Kemudian jika sudah silahkan login ke website yang sudah Anda buat dengan mengakses com/wp-admin

15. Memasukan Username & Password WordPress

Masukan username dan password yang sudah Anda buat saat proses install WordPress tadi.

Login WordPress
Login WordPress

16. Dashboard WordPress

Jika berhasil Anda akan masuk ke dashboard WordPress Anda.

Dashboard WordPress
Dashboard WordPress

17. Selesai

Selamat Anda berhasil, selanjutnya Anda tinggal mengisi konten dan optimasi website.

Mudah bukan caranya? Tidak ada perbedaan jauh dengan cPanel yang sudah familiar Anda gunakan. Tinggal tunggu waktu saja nantinya Anda akan terbiasa menggunakan DirectAdmin, apalagi dengan harga yang lebih murah dari cPanel, ini patut Anda pertimbangkan matang-matang untuk berpindah ke panel hosting baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara install WordPress di DirectAdmin dengan mudah. Jika ada kendala saat proses instalasi silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *