Instagram menjadi salah satu media social terbesar kedua setelah Facebook saat ini. Situs media social berbasis gambar dan video ini menjadi pilihan tempat terbaik untuk beriklan. Apakah Anda termasuk salah satu yang memanfaatkan Instagram untuk mengiklankan produk?

Cara Mudah Menampilkan Widget Instagram Feed Di WordPress
Cara Mudah Menampilkan Widget Instagram Feed Di WordPress

Jika Anda mempunyai website berbasis WordPress, Anda dapat menambahkan feed Instagram di website hanya dengan bantuan plugin saja. Nantinya Anda bebas meletakan dibagian post atau di widget sesuai keinginan Anda. Dengan menampilkan Instagram feed pada WordPress, maka pengunjung yang datang ke website Anda akan tahu social media dan jika tertarik mereka akan follow akun Instagram Anda.

Cara Menampilkan Widget Instagram Feed di WordPress

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang rekomendasi 12 plugin Instagram WordPress terbaik, silahkan baca dulu jika belum tahu. Nah kali ini pembahasannya akan berbeda, kita akan membahas tentang cara mudah menampilkan widget Instagram feed di WordPress. Silahkan ikuti langkah-langkhanya dibawah ini:

  1. Login dulu ke akun WordPress sampai masuk ke dashboard.
  2. Pergi ke menu Plugin kemudian pilih Add New.

    Search Plugin Instagram Feed
    Search Plugin Instagram Feed

  3. Setelah itu silahkan ketik di kolom pencarian “Instagram Feed”.
  4. Silahkan cari plugin “Custom Feeds for Instagram” dari developer Smash Ballon. Kenapa saya merekomendasikan plugin ini karena dari segi jumlah active install mencapai 800.000 lebih dan skor rating sempurna dengan bintang 5.

    Install Plugin Instagram Feed
    Install Plugin Instagram Feed

  5. Silahkan pilih Install Now dan tunggu sampai selesai, kemudian pilih Active.
  6. Silahkan kembali lagi ke menu Plugin dan cari plugin Custom Feeds for Instagram, klik Settings.
  7. Anda akan dihadapkan dashboard plugin Custom Feeds.

    Dashboard Plugin Instagram
    Dashboard Plugin Instagram

  8. Ada 4 menu dibagian atas yaitu Configure, Customize, Display Your Feed dan Support.
  • Pada menu Configure, silahkan Anda pilih ‘Connect an Instagram Account’ ikuti langkah-langkahnya masukan username password untuk menyambungkan akun Instagram sampai nama akun Instagram Anda tampil, setelah itu pilih Save Changes. Untuk bisa menampilkan feed Instagram, silahkan copy shortcodenya.

    Connect Instagram Account
    Connect Instagram Account

  • Pada menu Customize, Anda bisa menyeting Width of Feed, Height of Feed, Background Colors, Setting Layout, Photos, Photo Hover Style, Carousel, Header, Caption, Follow Button dll.

    Customize Instagram Feed
    Customize Instagram Feed

  • Pada Display Your Feed terdapat menu Display your Feed dan Multiple Feeds.

    Display Your Feed Instagram
    Display Your Feed Instagram

  1. Setelah Anda berhasil melakukan setingnya, silahkan copy shortcode pada menu Configure, ada 2 pilihan untuk meletakan widget Instagram feed yaitu berada di post atau sidebar. Nah dibawah ini kita akan bahas keduanya:
  • Widget Instagram Feed Pada Post, Silahkan Anda pilih di dashboard menu Post > Add New. Silahkan paste shortcode [Instagram-feed] kemudian paste, kemudian rubah menjadi “edit as HTML” kemudian pilih Publish.

    Memasang Instagram Feed Pada Post
    Memasang Instagram Feed Pada Post

  • Widget Instagram Feed Pada Sidebar, Untuk lokasinya yang berada di widget, silahkan Anda pergi ke Appearance > Widget, Setelah itu drag “Custom HTML” ke bagian Blog Sidebar. Buka dan pastekan shortcode [Instagram-feed] pada bagian Content, jika sudah silahkan Anda pilih Done dan Save.
    Custom HTML WordPress Feed
    Custom HTML WordPress Feed

    Memasukan Shortcode di HTML
    Memasukan Shortcode di HTML

  1. Silahkan cek pada bagian post atau sidebar website Anda, sudah berhasil ataukah belum.
    Feed Instagram di Post WordPress
    Feed Instagram di Post WordPress

    Feed Instagram di Sidebar
    Feed Instagram di Sidebar

Nah demikianlah pembahasan mengenai cara mudah menampilkan widget Instagram feed di WordPress. Untuk lebih meningkatkan performa website WordPress Anda, segeralah beralih ke WordPress Hosting Tercepat dari Qword. Dengan harga 50.000/bulan saja Anda bisa mendapatkan berbagai kualitas hosting  terbaik dan garansi selama 30 hari. Mengapa Anda harus menggunakan WordPress hosting? Karena WordPress hosting sudah dioptimalkan khusus untuk pengguna WordPress. Untuk penjelasan lebih detailnya silahkan kunjungi di WordPress Hosting Qwords.com

Jika ada kendala dalam tutorial diatas atau ada rekomendasi plugin widget WordPress lain yang lebih bagus silahkan tulis dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *