Apakah Anda sedang kebingungan dalam menentukan template WordPress untuk website atau blog? Jika iya maka Anda sedang berada ditempat yang tepat. Pada pembahasan kali ini sahabat Qwords akan mendapatkan rekomendasi download 15 template WordPress gratis terbaik. Tidak hanya sebatas gratis saja, template WordPress ini memeiliki developer yang selalu support, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi tentang update template.

Namun ada sebagian orang yang memandang sebelah mata tentang template gratisan ini karena dianggap beresiko dan kurang menarik. Padahal theme dikerjakan oleh developer  template ternama seperti  WordPress.org, ThemeZee, Organic Themes, Cryout Creations, Theme Grill dll dan dari segi desain serta fungsionalitas tidak kalah jauh dengan template berbayar.

Untuk masalah kemanan asal Anda mendownload dari halaman resmi WordPress di https://WordPress.org/themes/ bisa dijamin theme Anda bebas dari virus dan malware berbahaya.

Download 15 Template WordPress Gratis Terbaik
Download 15 Template WordPress Gratis Terbaik

Apa Itu Template WordPress

Template WordPress bisa disebut juga themes WordPress atau tema WordPress adalah desain tampilan pada WordPress yang dirancang sesuai dengan standart PHP, HTML yang valid dan CSS tanpa mengubah script code inti dari fungsi WordPress. Pengguna WordPress dapat menganti themes sesuai dengan keinginan, caranya cukup mudah tinggal install saja. Ada 2 jenis lisensi untuk themes WordPress yaitu versi berbayar dan gratis.

Sebelum menentukan template WordPress, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam memilih. Sekarang ini traffic dari mobile sudah tinggi, jadi Anda carilah template WordPress responsive. Selain itu ada hal penting lain dalam memilih template WordPress yaitu tentang SEO. Ada banyak aspek yang ada di SEO tersebut meliputi kecepatan loading website, user friendly dan masih banyak lainnya.

Untuk lebih lengkapnya mengenai tips memilih themes WordPress bisa dibuka pada artikel sebelumnya.

Daftar Template WordPress Terbaik

Ada banyak template yang tersedia di WordPress.org, termasuk salah satunyatemplate toko online WordPress. tetapi kami sudah memilih 15 template WordPress gratis terbaik yang siap Anda download, berikut daftarnya:

1. Mesmerize

Mesmerize Themes
Mesmerize Themes

Mesmerize menjadi rekomendasi template WordPress gratis pertama yang kami rekomendasian. Dibuat oleh developer Extend Themes dengan installasi aktif sejumlah 50.000 lebih user. Mesmerize adalah theme WordPress fleksibel dan serbaguna yang dapat membantu Anda membuat website lebih sempurna dan lebih mudah. Anda bisa mengcustom dengan drag and drop. Template WordPress ini memberikan pilihan dengan 5 desain header, 30 desain konten dan desain halaman depan yang beragam.

Mesmerize memiliki banyak opsi yang bisa Anda gunakan seperti background video, slider, gradient overlay, header content dan lainnya. Selain itu template ini sudah support untuk mobile dan WooCommerce. Bagi Anda yang berminat silahkan download pada link diatas.

2. Hello Elementor

Hello Elementor Tema
Hello Elementor Tema

Template yang kedua Hello Elementor dari developer Elementor. Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan elementor, aplikasi ini terkenal karena kemudahannya dalam mengedit halaman dan landing page. Pada template ini Anda juga bisa melakukannya, tinggal drag and drop saja sesuai dengan keinginan.

Sudah ada lebih dari 50.000 active installation dan rating bintang 5 sempurna dari hasil template Hello Elementor.

3. Spacoius

Spacoius Tema
Spacoius Tema

Spacious menjadi template buatan dari developer ThemeGrill. Jadi tidak usah diragukan lagi dari segi kualitas, walaupun theme WordPress gratis tetapi bisa bersaing dengan theme berbayar lainnya. Tercatat sudah ada 70.000 install dan memiliki rating bintang 5 sempurna.

Spacious memberikan 4 template design, 2 template halaman, 4 design blog, 13 macam widget, slider, pilihan opsi warna dan fitur translate.

4. Customizr

Customizr Template
Customizr Template

Rekomendasi download template WordPress gratis yang keempat buatan dari Nicolas Guillaume. Template Customizr ini memiliki active installation sebesar 80.000 lebih dengan rating bintang 5. Template ini terkenal desain simple, ringan dan cepat yang dirancang untuk menarik lebih banyak pengunjung datang.

Untuk tampilan mobile, customizr ini sudah support responsive design dan memilikiloading yang cepat.

5. OnePress

OnePress Template
OnePress Template

OnePress adalah template single page yang cocok untuk web bisnis, agensi digital, portofolio, landing page, freelancer, showcase produk dan lainnya. OnePress sudah dipercaya oleh 80.000 user lebih dengan mendapatkan rating 4.5 bintang. Template OnePress semuanya sudah dibuat dengan Bootstrap serta memiliki kompabilitas terhadap WooCommerce.

6. ColorMag

ColorMag Template
ColorMag Template

ColorMag adalah template gratis yang cocok untuk website atau blog yang berjenis Newspaper. Cocok digunakan untuk website berita, Newspaper, Magazine, Publishing dan lainnya.  Template ini sudah didownload lebih dari 100.000 user dengan mendapatkan rating bintang 5. Update template ini dilakukan rutin bahkan tiap mingguan dan Anda juga akan mendapatkan support lengkap dari forum yang sudah disediakan.

7. Zerif Lite

Zerif Lite Template
Zerif Lite Template

Template yang kedelapan adalah Zerif Lite buatan dari developer Themeisle. Template WordPress gratis ini mencatatkan unduhan 100.000 lebih dengan rating 4.5 bintang. Zerif Lite memiliki desain 1 halaman yang cocok untuk website bisnis, agensi, portofolio, freelancer dll. Dibuat dengan Bootstrap dan didukungan parallax sehingga dari segi desain support responsive, clean, modern, flat dan memiliki animasi yang menarik.

Selain itu plugin ini sudah kompatible dengan WooCommerce, jika Anda ingin menggunakan untuk membuat website bisnis atau toko online.

8. Hestia

Hestia Themes
Hestia Themes

Hestia adalah template WordPress gratis terbaik yang cocok untuk para professional. Template ini memiliki satu halaman multiguna yang bisa Anda custom sesuai dengan kebutuhan. Untuk segi kompabilitas tema ini sudah mendukung Parallax Slider WordPress, Elementor Page Builder, Photo Gallery, Travel Map, SEO Friendy dan Responsive design. Untuk update tema, developer selalu memberikan update secara berkala dan terbukti saat ini sudah ada 100.000 pengguna aktif.

9. Shapely

Shapely Tema
Shapely Tema

Shapely menjadi themes ke 10 yang masuk rekomendasi download template gratis dari kami. Saat ini Shapely sudah didownload lebih dari 100.000 installasi aktif dan memiliki rating 4.5 bintang. Template Shapely ini mengklaim sebagai template gratis paling canggih dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Dari segi SEO template ini sudah memiliki struktur yang sudah dioptimalkan dan sudah mendukung tampilan responsive.

10. GeneratePress

GeneratePress Themes
GeneratePress Themes

GeneratePress adalah themes WordPress gratis yang difokuskan pada ukuran yang ringan, kecepatan dan fungsi. Terbukti jika Anda menggunakan themes ini hanya memakan space 15kb saja. Untuk kompabilitas themes ini mendukung berbagai builder page seperti Beaver Builder dan Elementor. Untuk jumlah unduhan template gratis ini sudah mendapatkan lebih dari 200.000 ser active dengan rating bintang 5 sempurna.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Website

11. Sydney

Sydney Template
Sydney Template

Template WordPress gratis keenam namanya mirip salah satu kota di Australia. Developer Athemes ini memang banyak memberi nama tema hasil karyanya dengan nama-nama kota di Australia. Sekarang ini Sydney sudah diinstall lebih dari 200.000 lebih user dan memiliki rating bintang 5. Sydney diciptakan untuk tema bisnis, perusahaan dan freelance.

Selain itu tema ini support terhadap Elementor, Google Font, Full Colour Control, Layout Control, Logo Upload, Slider dan masih banyak lainnya.

12. Storefront

Storefront Template
Storefront Template

Storefront adalah tema yang sempurna untuk WooCommerce. Apalagi tema ini dirancang dan dikembangkan oleh WooCommerce Core Developer. Ada berbagai customisasi warna, widget, header, footer dan teta letak untuk memabangun toko online Anda. Tema ini cocok bagi Anda yang mencari tema toko online, apalagi tersedia fitur integrasi yang mudah dengan WooCommerce.

Untuk jumlah installasi aktif sampai saat ini sudah mencapai 300.000 lebih user dengan rating 4.5 bintang.

13. Astra

Astra Template
Astra Template

Themes Astra memiliki keunggulan di akses yang cepat dan ringan, ukurannya hanya 50kb saja. Astra ini cocok untuk web bisnis, portofolio, gallery, blog pribadi dan storefront WooCommerce. Saat ini template gratis ini sudah didownload lebih dari 400.000 user active dan mendapatkan rating bintang 5 sempurna.

 14. OceanWP

OceanWP Template
OceanWP Template

Template OceanWP sampai saat ini sudah didownload sampai dengan 400.000 installasi aktif. OceanWP menjadi template yang sempurna untuk proyek bisnis Anda seperti portofolio, toko online, desain dan web bisnis professional. Dari segi kecepatan template ini memiliki loading time yang cepat, support SEO dan support berbagai page builder seperti Elementor, Visual Composer, Divi, Beaver Builder dan masih banyak lagi.

15. Twenty WordPress

Twenty WordPress
Twenty WordPress

Yang terakhir template buatan dari WordPress.org, template ini menjadi salah satu tema paling banyak digunakan sampai saat ini, tetapi untuk tampilan dan fiturnya terbilang simple. Ada banyak jenis rekomendasi template Twenty Nineteen, Twenty Seventeen, Twenty Sixteen, Twenty Fifteen, Twenty Fourteen, Twenty Thirteen, Twenty Twelve, Twenty Eleven dan Twenty Ten.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan download 15 template WordPress gratis terbaik yang sudah kami rekomendasikan. Untuk memilih template WordPress yang terbaik bisa disesuaikan dengan kebutuhan website atau blog yang Anda miliki. Selain itu untuk memaksimalkan kecepatan website, Anda harus memperhatikan hosting yang akan Anda gunakan. Di Qwords kami menyediakan WordPress Hosting Terbaik dengan harga mulai Rp 50.000 dengan berbagai keunggulan. Kami juga memberikan gratis WordPress Hosting selama 30 hari untuk menemukan seting terbaik Anda.

Jika ada tambahan atau rekomendasi template WordPress lain silahkan tuliskan di kolom komentar bawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *