Theme WordPress menjadi salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya sekedar tampilan bagus dan berwarna saja, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara memilih theme WordPress yang terbaik.

Kebanyakan para pengguna WordPress yang masih baru kebingungan dalam memilih theme dan sering gonta-ganti theme. Padahal tindakan ini tidak direkomendasikan karena akan berdampak pada SEO website.

Tips-pilih-theme WordPress
Tips-pilih-theme WordPress

Memilih Theme WordPress

WordPress sendiri memang menyediakan banyak sekali pilihan template, mulai dari yang theme WordPress gratis dan theme WordPress premium (berbayar). Karena banyaknya pilihan tersebut terkadang malah  membuat pusing untuk memilih, mana yang lebih baik.

Nah apakah sahabat Qwords termasuk salah satu yang kebingungan dalam menentukan theme WordPress terbaik? Jika termasuk, silahkan baca terlebih dahulu tips memilih theme WordPress yang terbaik dibawah ini:

1. Tampilan

Tampilan theme yang menarik tentunya akan membuat betah visitor yang datang ke website yang kita miliki. Pastikan juga bahwa theme WordPress tersebut cocok untuk niche website, karena setiap theme biasanya sudah disesuaikan sesuai dengan niche tertentu.

WordPress-Template
WordPress-Template

2. Harga

Yang kedua masalah harga, jika kamu ingin yang gratis maka theme WordPress gratis tersedia pada menu dashboard Appearance > Themes. Tetapi jika ingin membeli theme versi berbayar bisa mencari theme WordPress premium, themeforest dan lainnya, tinggal sesuaikan budget saja. Jika memang kamu mempunyai alokasi dana lebih mending menggunakan theme versi berbayar, karena banyak sekali perbedaan antara versi gratis dengan yang berbayar.

3. Niche

Niche website menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan dalam tips memilih theme ini. Jika website kamu kontennya membahas beragam topik lebih baik menggunakan jenis theme Magazine, jika isinya kebanyakan foto lebih bagus menggunakan theme gallery, jika dioptimasi untuk Adsense lebih baik menggunakan theme yang fast loading dan clean dan lainnya.

 Jangan sampai dalam pemilihan theme karena terlanjur suka, kemudian memaksakan menggunakan theme yang tidak sesuai niche, karena setiap niche memiliki desain dan navigasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Jika masih bingung, kamu bisa membaca artikel tentang cara menemukan topik atau niche blog.

4. Support Browser

Pengunjung website pastinya menggunakan browser yang berbeda-beda. Jadi untuk support browser jangan lupa dilihat, pilihlah theme yang memiliki support browser yang terlengkap. Jika tidak tercantum, kamu bisa menghubungi kontak dari developer theme tentang support browser apa saja.

5. Responsive & Mobile Friendly

Kenapa theme harus responsive dan mobile friendly? Karena sekarang ini theme responsive juga menjadi salah satu hal yang diprioritaskan oleh Google dalam menentukan peringkat website. Apalagi akses menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet lebih mendominasi daripada mengggunakan komputer desktop.

Template-WordPress-Responsive
Template-WordPress-Responsive

Sebelum memilih theme biasanya developer memberikan contoh tampilan versi desktop, tablet dan mobile yang bisa kamu coba. Pilihlah yang memiliki tampilan yang menarik dan fast loadingnya. Untuk mengeceknya bisa menggunakan Responsive Test atau Google Mobile-Friendly Test.

6. Kecepatan Loading

Semakin banyak fitur yang ada maka biasanya theme memiliki loading yang lebih lama. Jadi kamu harus pintar-pintar memilih developer theme yang memiliki theme dengan beragam fitur menarik dan loading yang cepat. Usahakan untuk loading theme yang kamu pilih mendapatkan “skor A”. Karena kecepatan tema akan berpengaruh pada kenyamanan user saat mengunjungi website kamu. Untuk mengecek tema WordPress kamu bisa menggunakan 3 website ini:

7. SEO Friendly

WordPress terkenal sebagai CMS yang SEO Friendly, tetapi bisa dicek lagi terutama pada theme yang kamu pilih apakah sudah benar-benar SEO Friendly ataukah hanya klain saja dari developer theme. Kamu bisa cek di 3 website yang sudah dibahas di no 6. Ada beberapa hal yang menjadikan theme SEO Friendly mulai dari heading, meta tag, coding MTML, CSS, JS yang sesuai dengan standart dll.

8. Keamanan

Perlu diperhatikan pula faktor keaman dari theme yang kamu gunakan, terutama theme gratisan atau theme nulled yang banyak beredar. Karena dari celah kesalahan coding theme bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hacking.

Selain itu theme terutama yang nulled atau bajakan sering rentan terhadapt serangan malware atau virus yang membahayakan terhadap website. Jika kamu belum membaca artikel 5 Tips Menjaga Keamanan WordPress silahkan dibaca terlebih dahulu.

Kemanan-Template-WordPress
Kemanan-Template-WordPress

9. Dokumentasi

Untuk theme WordPress berbayar biasanya developer menyediakan dokumentasi yang lengkap tentang tata cara dan penggunaannya. Selain itu pada theme versi berbayar biasanya mudah dicustomisasi lewat fitur menu yang disediakan oleh developer theme tersebut. Untuk theme WordPress gratisan biasanya fitur seperti ini jarang ditemui.

10. Support atau Dukungan

Yang terakhir ini adalah support atau dukungan dari developer theme. Cek juga kapan terakhir developer memberikan update theme, apakah rutin atau jarang sama sekali melakukan update theme. Selain itu jika suatu saat mengalami kendala terhadap theme yang digunakan, kamu tidak perlu khawatir lagi karena adanya support dari developer.

Nah demikianlah pembahasan mengenai tips memilih theme WordPress yang terbaik. Memang sekilas memilih theme terlihat sepele, tetapi kenyataanya ada 10 hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih.

Jangan lupa untuk mendukung loading theme yang cepat gunakan server hosting yang bagus. Kamu tidak perlu khawatir karena di Qwords.com menyediakan Cloud Hosting murah dengan performa optimal. Miliki sekarang dengan harga mulai dari 14.500/bulan saja sudah bisa memiliki server hosting berkualitas.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *