Internet sekarang ini menjadi jendela informasi yang luas tanpa adanya batasan. Semisalnya saja Anda membutuhkan informasi tentang ‘harga domain .com’ maka Anda tinggal menulis saja di kolom pencarian Google, nantinya akan muncul berbagai blog yang memberikan info tentang harga domain. Tetapi kadang ditemui pada beberapa blog muncul tampilan error 404 not found.

Cara-Mengatasi-Error-404-WordPress-Dengan-Mudah
Cara-Mengatasi-Error-404-WordPress-Dengan-Mudah

Apa itu Error 404

Error 404 terjadi karena saat Anda mengakses pada sebuah halaman tetapi browser tidak menemukan halaman yang Anda cari. Pesan error yang tampil ini berbeda tergantung dari web browser yang Anda gunakan. Contoh seperti dibawah ini:

Chrome : 404, That’s error

Firefox : 404 Not Found

Opera : 404 Not Found

Safari : 404 error: File not found

Kesemuanya itu intinya sama yaitu error 404. Error ini kebanyakan terjadi karena masalah dari script blog dan bisa jadi masalah datang dari server hosting yang Anda gunakan.

Mengatasi Error 404

Cara mengatasi error 404 sangat mudah dilakukan, apalagi bagi Anda yang menggunakan platform WordPress. Ada beberapa cara mengatasi error 404 yang bisa Anda coba, berikut caranya:

1. Refresh atau Reload

Pada saat terjadi error 404 not found, coba Anda tekan refresh F5 atau reload web browser, kadang error 404 ini terjadi karena web browser bermasalah saat menampilkan halaman yang Anda cari.

2. Seting Ulang Permalink WordPress

Permalink WordPress
Permalink WordPress

Penyebab yang kedua yang sering ditemui karena permasalahan seting pada permalink WordPress. WordPress memiliki berbagai pilihan permalink yang bisa anad gunakan untuk opsi tampilan halaman. Untuk seting permalink, Anda bisa buka di dashboard WordPress > Settings > Permalinks.

Save-pada-permalinks
Save-pada-permalinks

Setelah terbuka, silahkan Anda pilih Plain dibawah Common Settings kemudian klik save. Silahkan coba buka browser Anda dan reload apakah sudah normal ataukah belum.

3. Restore File htaccess

Ketika Anda merubah seting permalink pada WordPress, otomatis seting yang ada di htaccess ikut berubah. File htaccess ini bertugas untuk berkomunikasi langsung dengan server hosting. Jika browser Anda muncul tampilan error 404, kemungkinan besar file htaccess yang ada di cPanel bermasalah. Cara mengatasinya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke akun cPanel, untuk user password biasanya disertakan saat pembelian hosting.
Login cPanel
Login cPanel
  • Silahkan cari menu File > File Manager
  • Cari file public_html > htaccess > Edit
edit file htaccess
edit file htaccess
  • Masukan script coding dibawah ini
  • Kemudian tambahkan baris coding seperti dibawah ini.
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
  • Jika sudah klik save dan silahkan coba kembali.

4. Mematikan Plugin dan Theme WordPress

Plugin-WordPress
Plugin-WordPress

Sama seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya, plugin dan theme turut serta dalam beberapa permasalah pada WordPress. Untuk mengatasinya silahkan Anda baca pada pembahasan artikel sebelumnya tentang cara mengatasi error 403 forbidden pada WordPress.

5. Menggunakan Tools

Broken Link Checker
Broken Link Checker

Mencari link yang rusak (broken link) paling mudah menggunakan tools, jika manual satu persatu bisa dibayangkan berapa lamanya.  Ada banyak tool WordPress untuk cek broken link yang biasa menyebabkan error 404. Beberapa plugin yang bisa Anda coba seperti Wp Broken Link Status Checker, Link Checker, Broken Link Checker dll. Cara pengunaanya cukup mudah, Anda tinggal melakukan scan link yang ada pada blog WordPress yang kamu miliki.

Jika kelima cara tersebut belum berhasil, cobalah untuk menghubungi pihak penyedia hosting yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki layanan hosting di Qwords.com, kami menyediakan customer service yang siap melayani masalah yang Anda hadapi selama 24 jam 7 hari. Selain itu kami juga menyediakan hosting WordPress murah dengan harga mulai dari 50.000/bulan saja.

Nah demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi error 404 WordPress dengan mudah. Jika Anda berhasil atau mengalami kendala silahkan tuliskan dikolom komentar bawah ini.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *