Pada  bulan April 2010, Google mengumumkan bahwa kecepatan situs menjadi salah satu faktor dalam menentukan search ranking website. Website yang memiliki akses cepat akan membuat pengunjung website merasa bahagia, sebaliknya jika website memiliki akses yang lama pengunjung akan merasa kesal sehingga akan meninggalkan website tersebut dan beralih kepada website lainnya.

Mengatasi-Serve-Scaled-Images-1
Mengatasi-Serve-Scaled-Images-1

Pengumuman ini ditujukan kepada semua pemilik website, webmaster serta penulis website. Untuk lebih jelasnya tentang pengumuman ini bisa dibuka di Using site speed in web search ranking”. Ada beberapa tool gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan website yang kamu miliki:

  • Page Speed, Tool pertama untuk mengecek kecepatan website yang dapat diakses di  developer.google.com
  • YSlow, Tool untuk mengecek kecepatan milik Yahoo, jika dibandingkan dengan page speed tool milik google tidak berbeda jauh keduanya.
  • WebPagetest, Tool ini dapat mengecek secara lebih detail dengan tampilan model waterfall, jika kamu ingin tampilan lebih lengkap bisa menggunakan tool ini, tetapi untuk memahaminya sedikit lebih sulit.
  • Webmaster Tools, yang terakhir ini sama seperti Page Speed Tool, yaitu sama-sama milik google, tool ini lebih ke improve performa di mesin pencarian google.

Untuk mengetahui kecepatan website atau kecepatan blog, saya lebih merekomendasikan menggunakan tool GTMetrix. Karena tool tersebut lebih lengkap dan detail dalam memberikan informasi tentang penyebab permasalahan kecepatan website yang rendah. Ada fitur Page Speed, YSlow, Waterfal, Timing, Video dan History.

Fitur-Pada-GTMetrix
Fitur-Pada-GTMetrix

Pada gambar diatas, masalah utamanya adalah Serve Scaled Images yang memiliki score sangat rendah yaitu ‘F’. Serve Scaled Images adalah gambar yang diupload tidak sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan oleh CSS dan HTML, sehingga gambar harus dikecilkan atau resize dulu sebelum ditampilkan. Jika ukuran gambar sudah sesuai maka proses Serve Scaled Images ini tidak ada. Sehingga gambar bisa langsung ditampilkan, efeknya kecepatan loading website menjadi meningkat.

Cara Mengatasi Serve Scaled Images

Bagi sahabat Qwords yang mengalami masalah Serve Scaled Images tidak perlu khawatir, karena cara mengatasi serve scaled images pada wordpress tidaklah susah. Kamu hanya perlu melakukan resize ukuran gambar saja sesuai dengan ukuran yang telah direkomendasikan dari GTMetrix. Berikut langkah-langkah cara mengatasi Serve Scaled Images:

1. Buka terlebih dulu GTMetrix, kemudian test website atau blog kamu.

2. Setelah keluar hasilnya, gambar-gambar yang bermasalah akan ditampilkan beserta lokasi dan ukuran yang direkomendasikan oleh GTMetrix.

Mengatasi-Serve-Scaled-Images-WordPress
Mengatasi-Serve-Scaled-Images-WordPress

3. Klik pada link tersebut dan dan lihat gambarnya, biasanya akan dijelaskan link dari postingan mana yang bermasalah dan ukurannya.

4. Setelah itu kamu buka website atau blog yang kamu sesuai postingan yang bermasalah, kemudian cari gambarnya dan download.

Lokasi-gambar
Lokasi-gambar

5. Edit di aplikasi edit gambar yang kamu miliki dan sesuaikan ukurannya.

6. Setelah sesuai silahkan upload kembali gambar yang sudah di edit, kemudian gambar aslinya silahkan direplace atau diganti dengan gambar yang sudah diedit tadi.

7. Simpan dan kemudian lakukan speed test lagi di GTMetrix.

Test-Kecepatan-Website
Test-Kecepatan-Website

Untuk tambahan, usahakan gambar yang sudah jadi tadi dilakukan compress image sebelum diposting, tujuannya agar ukuran gambar menjadi lebih kecil sehingga saat gambar diload tidak memutuhkan waktu yang lama. Yang paling mudah kamu bisa melakukan compress gambar online di website compressjpg.com atau website sejenis lainnya.

Dalam pembahasan singkat ini kita sudah bisa mengatasi Serve Scaled Images pada wordpress dengan mudah. Selain Serve Scaled Images, biasanya masalah lain yang sering dijumpai seperti  Enable Gzip Compression, Leverage Broswer Caching, Minify JavaScript  CSS dan HTML dll. Jika kamu belum membaca artikel sebelumnya tentang cara mempercepat loading website, silahkan membacanya lebih dulu.

Perlu diperhatikan pula dalam pemilihan server hosting juga harus diperhatikan tentang specs dan kapasitas yang disediakan. Di Qwords kami menyediakan cloud server hosting murah dengan specs yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan website dan blog yang kamu miliki. Paket High Performance Cloud Hosting Qwords dengan harga paket mulai dari 45/ribu perbulan sudah mendapatkan penyimpanan SSD 2GB, Ram 1GB dan CPU 1 Core. JIka ada pertanyaan atau kesulitan silahkan bisa menghubungi kami di Layanan Bantuan Pelanggan 24 Jam.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *