Artikel yang original atau asli menjadi salah satu kunci penentu rangking SEO di mesin pencari. Dikutip website Statista.com tentang “Global market share of search engine 2010-2019“, Google saat ini masih menduduki peringkat pertama dengan jumlah pengguna search engine sebesar 90% di seluruh dunia saat ini, bahkan Google pun tidak mentoleransi adanya artikel copy-paste, duplikat atau automatically generated content.

Cara Termudah Mengecek Plagiarisme Artikel
Cara Termudah Mengecek Plagiarisme Artikel

Selain itu dari sisi pengunjung website, artikel yang mengandung plagiarisme biasannya memiliki kualitas yang rendah, sehingga pembaca tidak mendapatkan apa yang mereka cari. Akibatnya pengunjung website akan menutup dan tidak akan lagi mengunjungi website kamu, sehingga dari segi ranking SEO akan semakin menurun.

Menjaga Kualitas Artikel

Akhir-akhir ini banyak ditemui hasil pencarian di search engine sangat buruk. Banyak artikel tidak berkualitas bahkan copy-paste berada di halaman awal Google. Banyak para pemilik website yang mengejar traffic saja tanpa memperdulikan kualitas dari artikel yang dibuatnya, bahkan ada yang melakukan copy paste secara penuh.

Baca juga Cara Termudah Menemukan Topik Konten Pada Blog

Cara menjaga kualitas artikel agar tetap unik adalah dengan menulis menggunakan gaya bahasa sendiri. Jadi saat kita mencari sumber referensi artikel, kita bisa mengambil point-point pentingnya kemudian ditulis kembali dengan gaya bahasa sendiri. Selain itu bisa dengan menulis artikel dengan hasil pemikiran kita sendiri. Pada saat selesai menulis artikel usahakan harus dicek kembali apakah artikel sudah original atau masih ada beberapa bagian yang terkena plagiat.

Cara Mengecek Plagiarisme Artikel

Untuk cara mengecek artikel plagiarism artikel cukup mudah, bisa dengan copy-paste artikel atau melalui link url website. Ada banyak website yang menyediakan jasa cek artikel yang mengandung unsur plagiat. Berikut daftar websitenya:

1. Copyscape

Copyscape
Copyscape

Aplikasi plagiarism checker pertama ini memiliki fasilitas yang menarik. Kamu tinggal memasukan link url website pada kolom search, jika ada duplicate content nanti akan muncul beserta alamat websitenya. Jadi kamu bisa melihat artikel yang sama dan kamu juga bisa menghubungi pemiliki website/blog yang bersangkutan untuk menghapus konten atau melaporkannya ke Google di “Google Copyright Removal Page”.

Selain itu Copyscape memiliki fitur Premium API, Copyentry, Copyscape Premium, Comparison Tool dan Plagiarism Banner. Jika kamu ingin fitur yang lebih, saya sarankan untuk membeli yang versi berbayar.

2. Small SEO Tools – Plagiarism Checker

Website kedua ini tergolong populer dengan pengguna yang lumayan banyak. Fiturnya yang menarik dengan scan plagiat artikel per paragraf dengan hasil persentase yang detail. Untuk batasan artikel maksimal sampai 1000 kata. Jika lebih dari itu saya sarankan untuk menggunakan yang versi berbayar. Selain fitur plagiarism checker, Small SEO Tools menyediakan berbagai macam tools SEO seperi Article Rewriter, Grammar Check, Word Counter, Spell Checker dan masih banyak lainnya.

3. Quetext

Quetext
Quetext

Quetext memiliki tampilan yang minimalis dengan warna model flat. Batasan untuk versi gratisnya hanya bisa sampai 500 kata saja, tetapi untuk versi berbayarnya bisa sampai dengan 25.000 kata dengan biaya bulanan sebesar 9.99$/Month.

4. Plagium

Plagium
Plagium

Selain menawarkan fitur plagiarism gratis, plagium juga memberikan penawaran yang menarik dengan pembayaran setiap kali scan plagiarism. Untuk biaya Quick Search sebesar 0.04$/page (Rp 500an) dan Deep Search sebesar 0.08$/page (Rp 1100an). Jika kamu tidak terlalu banyak mengecek artikel plagiat, maka lebih baik menggunakan Plagium ini saja, karena jatuhnya akan lebih murah daripada yang sistem bulanan.

5. Dustball

Dustball-Plagiarism-Checker
Dustball-Plagiarism-Checker

Dustball memberikan tampilan yang simple dan user friendly. Fitur yang ditawarkan sekarang ini hanya plagiarism checker saja. Untuk batasan di Dustball ini memberikan gratis untuk 1000 user setiap hari, jadi kamu harus berebut untuk kebagian. Jika sudah habis, maka kamu diharuskan untuk membayar biaya 8$ perbulan untuk bisa menikmati fitur dari Dustball ini.

6. Dupli Checker

Dupli-Checker
Dupli-Checker

Website plagiarism checker yang ke 6 ini memiliki tampilan yang simple dengan batasan untuk setiap cek sebesar 1000 kata. Saat proses checking kamu akan disuguhkan animasi dan tampilan result checking yang informatif. Menariknya di Duplichecker menyediakan tool SEO lain seperti Backlink Checker, Domain Authority, Keyword Position Checker, Paraphasing, Grammer dan lainnya.

7. Plagiarisma

Plagiarisma
Plagiarisma

Plagiarism menyediakan fitur khususnya untuk fitur cek plagiarisme yang lengkap. Ada fitur untuk mengecek artikel dengan support 190 lebih bahasa dan fitur cek url website/blog. Menariknya lagi dibagian result akan ditampilkan website yang memiliki artikel duplikat seperti yang sedang kita cek. Untuk bisa melihat lebih lengkap disarankan untuk mendaftar terlebih dulu.

8. Grammarly

Grammarly
Grammarly

Selain menyediakan grammar checker, grammarly ternyata juga menyediakan plagiarism checker juga. Fitur yang diberikan juga tak kalah lengkap dengan website plagiarism checker lainnya. Menariknya lagi tampiilan dari grammarly ini simple dan user friendly.

9. PlagiarismChecker.com

Kamu saat melakukan check artikel duplikat di website Plagiarismchecker.com, kamu nanti akan diarahkan ke serach result Google. Kamu akan ditampilkan hasil dari beberapa website atau blog yang memiliki kesamaan dengan artikel yang sudah kamu tulis. Untuk dari segi tampilannya terbilang biasa saja jika dibandingkan dengan website plagiarism sejenisnya.

10. Plagiarism Detector

Plagiarism-Detector
Plagiarism-Detector

Terakhir menggunakan website plagiarismdetecctor.net. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek plagiarism artikel yaitu bisa dengan melakukan copy paste file atau bisa juga melalui link url website. Fitur lain selain adanya plagiarism checker yaitu fitur Grammar Check.

Nah demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara termudah mengecek plagiarism artikel melalui website. Dari 10 website tersebut silahkan dipilih sesuai dengan yang paling cocok, karena tiap website menyediakan fitur yang berbeda-beda. Untuk rekomendasi dari saya adalah menggunakan Copyscape atau Small SEO Tools saja.

Bagi kamu yang sedang mencari hosting website atau hosting WordPress terbaik, kamu bisa menggunakan di Qwords.com. selain hosting, kami juga menyediakan domain, SSL, Server, Dedicated Server, Email Hosting, Digital Signature dan masih banyak lagi. Silahkan kunjungi di Qwords.com untuk info lebih lengkapnya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *