squirrelmail

 

cPanel akan segera melakukan update versi terbarunya yakni versi 78. Dimana pada saat versi ini rilis stable, fitur aplikasi SquirrelMailWebmail For Nuts” yang kita kenal sudah tidak lagi digunakan, dengan kata lain dihapuskan. Semua integrasi SquirrelMail sudah tidak lagi didukung pada server cPanel & WHM versi 78.

Seperti yang kita tahu, SquirrelMail merupakan salah satu webmail bundle dari cPanel. Fitur ini dapat diandalkan (reliable) dan lebih mudah digunakan dibanding webmail lainnya. SquirrelMail juga kaya akan fitur, tampilan simple, dan lebih stabil di saat webmail lain gagal menjalankan fungsinya. Para technical support juga telah menguji dan mengakui kehebatan dari  SquirrelMail.

 

Lalu, mengapa SquirrelMail dihapuskan?

Karena keputusan ini dinilai akan mengganggu kenyamanan pengguna webmail, cPanel mengungkapkan alasan tidak lagi didukungnya SquirrelMail, yakni karena fitur yang ada padanya sudah tidak dapat menjawab kebutuhan para pengguna webmail.

SquirrelMail terakhir dirilis pada Juli 2012 dan melakukan update terakhirnya sudah cukup lama yakni pada Mei 2013. Dari rentang dari waktu tersebut hingga saat ini, 4 versi PHP telah mencapai End of Life. Pihak cPanel juga telah bekerja sama dengan para ahli dan komunitas mengenai keberlanjutan SquirrelMail, namun ternyata terdapat masalah yang signifikan pada security patches. cPanel pun dihadapkan pada pilihan yang sulit yakni mengabaikan perbaikan security dan menjalankan SquirrelMail dengan kelemahan yang jelas adanya. Akhirnya, daripada harus memberikan layanan yang telah lama “unmaintained”, maka cPanel memutuskan untuk menghapus SquirrelMail.

 

Bagaimana selanjutnya? Apa yang menjadi gantinya?

Saat ini, Qwords masih menggunakan cPanel versi 76 dimana fitur SquirrelMail masih dapat digunakan. Kapan Qwords akan menggunakan versi 78 yang sekaligus menghapus SquirrelMail? Qwords akan menggunakan cPanel versi 78 saat versi ini telah rilis stable (saat ini yang rilis stable adalah versi 76). Pada versi 78 nanti, SquirrelMail akan langsung digantikan oleh Horde dan Roundcube. Tapi sahabat Qwords tak perlu khawatir, hal ini tidak berdampak apapun pada email Anda. Penghapusan fitur Webmail Squirrelmail ini tidak akan membuat data email terhapus.

 

Bagaimana cara mengubah default SquirrelMail?

Apabila pada aplikasi webmail sebelumnya sahabat Qwords menggunakan default SquirrelMail, maka Anda dapat mengubahnya dengan cara:

Login webmail > Klik alamat email di sudut kanan atas > Ubah bintang ke Horde atau Roundcube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *