Jika perangkat hilang atau memori data yang ada di perangkat corrupt/ rusak apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya?

Data adalah nyawa pada website. Hal tersebut yang menjadikan pentingnya melakukan backup website dengan tujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, yaitu terjadinya kehilangan data-data penting karena kerusakan pada perangkat penyimpanan. Untuk menghindari hilangnya data, Anda perlu mencadangkan data secara berkala mulai harian, mingguan, hingga bulanan ke lokasi penyimpanan yang aman. Berikut ini beberapa penyebab hilangnya data pada website:

  1. Human Error

Terkadang kurangnya fokus kita saat menghapus data membuat data penting lainnya ikut terhapus secara permanen tanpa disengaja. Karena hal inilah backup data sangat  penting dilakukan sebagai tindakan preventif.

2. Website Down

Hilangnya beberapa data adalah kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi pada saat website mengalami downtime. Dimana hal tersebut merupakan salah satu hal yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadinya.

3. Harddisk Rusak / Corrupt File

Kerusakan harddisk bisa disebabkan berbagai hal seperti guncangan dan ketidakstabilan listrik. Harddisk juga memiliki umur dan masa pakai, jika habis masa pakainya harddisk menjadi rusak atau bermasalah. Jadi sebelum kehilangan data, melakukan proses backup adalah keputusan yang sangat bijak.

4. Serangan Virus dan Malware

Ketika Anda menggunakan perangkat digital, bukan berarti Anda sudah aman dari pencurian data. Karena tidak sedikit  program yang dikirimkan ke komputer Anda ternyata beresiko merusak bahkan menghilangkan data Anda.

5. Metode Hacking

Kita memang tidak menginginkan hal ini menyerang website milik kita. Tapi resiko hacking/ pencurian dapat menimpa siapa saja.

Qwords sebagai perusahaan penyedia layanan domain dan hosting juga menyediakan layanan Backup dengan 2 jenis:

  • Instant Backup, yaitu layanan yang sudah ada di dalam layanan hosting Qwords, dimana backup ini nanti akan bekerja secara otomatis dan berkala (harian, mingguan, dan bulanan).

Backup Harian
Backup harian ditawarkan pada hampir semua paket Shared Hosting berbasiskan Cloud Qwords jika pada akun Hosting tersebut memiliki total ukuran kurang dari 10GB atau memiliki jumlah inodes lebih kecil dari 250.000 (mana yang tercapai lebih dahulu). Jika dalam hal ini website pelanggan sudah melampaui batasan tersebut, maka akan kami lakukan backup mingguan. Backup harian terbaru akan menimpa backup sebelumnya secara otomatis dan data backup sebelumnya tidak dapat dikembalikan.

Backup Mingguan
Backup mingguan dilakukan pada semua paket Shared Hosting berbasiskan Cloud Qwords secara otomatis dan akan menimpa data backup dari Minggu sebelumnya.

Backup Bulanan
Backup bulanan tidak ditawarkan pada semua paket Shared Hosting berbasiskan Cloud Qwords. Jika paket tersedia, backup ini dilakukan secara otomatis dan akan menimpa data backup dari bulan sebelumnya.

  • FTP Backup, khusus layanan Cloud VPS, Colocation Server, dan Dedicated Server harus memesan layanan tambahan FTP Backup untuk backup data servernya. Layanan ini akan terkonfigurasi secara langsung dan pelanggan bisa menentukan jadwal backup dengan opsi harian, mingguan dan bulanan. Terdapat 2 macam layanan eksternal FTP Backup, yaitu Shared FTP Backup dan Dedicated FTP Backup.

Dalam hal Backup, Qwords melakukan Backup secara otomatis, dan menggunakan disk berkecepatan tinggi dengan sistem RAID Mirroring, dimana hasil backup tersebut diletakkan ke dalam Network Attached Storage.

Manual backup atau backup secara mandiri dan berkala juga penting Anda lakukan meskipun layanan Hosting Anda telah dilengkapi fitur Auto Backup. Alasannya, untuk meningkatkan keamanan data dengan lebih optimal karena melibatkan Anda sebagai pemilik data. Manual backup wajib dilakukan agar mudah melakukan restore data dan data di website tetap aman disimpan pada PC atau laptop yang digunakan jika suatu saat dibutuhkan.

2 Replies to “PENTINGNYA BACKUP DATA PADA WEBSITE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *