Memiliki website atau blog dengan banyak pengunjung menjadi suatu kebangaan tersendiri bagi pemiliknya. Berarti selama ini konten yang sudah dipublish bisa bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, tidak bisa dipungkiri akan ada beberapa komentar-komentar masuk pada postingan yang sudah Anda buat. Tentunya ini menjadi salah satu factor SEO yang penting untuk peringkat website Anda.

Komentar yang masuk akan menjadi satu kesatuan dengan konten itu sendiri. Dengan adanya komentar masuk akan menambah interaksi antara pengunjung website dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Pengunjung dapat saling bertanya atau menjawab pertanyaan, bahkan bisa juga membuat lelucon pada kolom komentar.

10 Plugin Comment WordPress Terbaik Saat Ini
10 Plugin Comment WordPress Terbaik Saat Ini

 Alasan Menggunakan Plugin Comment WordPress

Ada beberapa alasan kuat mengapa sobat Qwords harus menginstall plugin comment pada WordPress, berikut pembahasannya:

  • Meningkatkan Interaksi

Jika Anda membuka kolom komentar website WordPress Anda, maka akan terjadi interaksi antara pengunjung website. Manfaatnya page-rank website Anda akan semakin meningkat , durassi kunjungan semakin bertambah dan kunjungan website menjadi lebih ramai. Selain itu akan ada banyak pengunjung yang semakin mengenal alamat domain website Anda.

  • Mengetahui Feedback

    Feedback
    Feedback

Konten WordPress yang sudah Anda publish bisa diketahui dari komentar yang masuk, jika banyak komentar yang masuk berisi pertanyaan berarti pembahasan konten Anda kurang jelas. Jika ada banyak yang menambahi berarti konten yang Anda miliki kurang lengkap. Jadi Anda harus selalu membuka dan membaca feedback di kolom comment WordPress.

  • Ide Konten

Siapa sangka pada kolom comment WordPress Anda bisa menemukan ide konten baru yang dituliskan oleh pengunjung website. Kadang ada juga pengunjung yang melakukan request judul konten yang diinginkannya melalui kolom komentar.

  • SEO

Komentar dari pengunjung website ternyata berpengaruh terhadap kinerja SEO. Crawler dari mesin pencari akan merayapi semua halaman termasuk kolom komentar, jadi jika ada komentar yang sesuai dengan keyword, maka konten yang Anda miliki akan semakin naik peringkatnya di mesin pencari. Tetapi Anda juga perlu melakukan cek apakah komentar yang masuk mengandung spam atau mengarah ke link website yang berbahaya. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel tentang Optimasi SEO Website.

Plugin Comment WordPress Terbaik

Disuatu sisi ada kelemahan kolom komentar terutama pada WordPress yaitu banyaknya spam yang masuk, solusinya  membutuhkan waktu untuk moderasi comment yang masuk pada website. Ada solusi yang kami tawarkan yaitu menggunakan plugin comment WordPress terbaik saat ini, silahkan dilihat daftarnya dibawah ini:

1. Native WordPress Comments

Native comment WordPress ini adalah fitur bawaan dari CMS WordPress. Anda tidak perlu melakukan konfigurasi atau install plugin, semuanya tinggal pakai saja. Untuk bisa berkomentar, pengunjung yang datang tidak perlu memasukan login akun social media atau akun email, hanya perlu menuliskan nama, komentar dan email sudah bisa publish. Dari segi tampilan jika dibandingkan dengan plugin comment WordPress lain tidak kalah bagusnya.

2. JetPack

JetPack Comment
JetPack Comment

JetPack menjadi plugin WordPress pertama yang akan kita bahas, selain terkenal sebagai plugin untuk meningkatkan performace website, plugin security dan plugin site management, Jetpack juga memiliki fitur untuk WordPress comment. Tetapi untuk bisa menggunakannya Anda diharuskan untuk mengaktifkannya terlebih dulu. Untuk cara settingnya Anda bisa membuka di dashboard WordPress kemudian pilih JetPack dan cari menu Komentar. Pengunjung yang datang pada website bisa berkomentar dengan cara menyambungkan akun WordPress, Facebook, Twitter atau Google yang mereka miliki.

3. Disqus Comment System

Disqus Comment System
Disqus Comment System

Discus menjadi salah satu plugin comment WordPress terpopuler saat ini. Terbukti saat ini saja sudah ada lebih dari 100 ribu pengguna plugin ini. Disqus memiliki kelebihan dalam melindungi komentar dari spam dan support komentar teks, gambar bahkan video. Dari segi tampilan, plugin comment WordPress ini memiliki tampilan yang menarik, user friendly dan interaktif. Keuntungan lainnya, komentar yang masuk akan langsung terintegrasi dengan forum milik disqus di seluruh dunia.

4. wpDiscuz

wpDiscuz
wpDiscuz

Plugin wpDiscuz memiliki kelebihan pada kecepatan, stabilitas dan desain yang modern. Setiap komentar Anda yang masuk akan langsung disimpan didalam database agar menjaga keamanan, selain itu wpDiscuz sudah terintegrasi dengan plugin populer lainnya seperti BuddyPress, UserPro  dan Akismet. Untuk dukungan wpDiscuz ini bisa login menggunakan akun social media yang Anda miliki dan juga wpDiscuz sudah mendukung tampilan responsive.

5. Deeper Comment

Deeper Comment
Deeper Comment

Plugin komentar WordPress kelima ini menjadi plugin paling revolusioner dan membawa pelangalaman baru  dibandingkan dengan plugin komentar yang lain. Dari segi desain, plugin ini memiliki desain paling modern dengan pilihan tema komentar yang beragam. Selain itu untuk dukungan social media tersedia lengkap dan juga ada tambahan opsi share konten ke social media lainnya.

6. GraphComment

GraphComment
GraphComment

GraphComment menjadi plugin komentar WordPress gratis dan powerfull. Komentar yang disimpan pada plugin GrahComment ini semuanya disimpan di database WordPress, sehingga jika Anda menghapus plugin ini, semua komentar yang ada tidak akan terhapus.  Dari segi fitur plugin komentar WordPress ini sudah mendukung fitur responsive dan SEO Friendly. GraphComment memungkinkan Anda untuk membalas komentar sebelum diposting, dengan cara ini topic komentar bisa tertata lebih rapi.

7. Replyable by Postmatic

Replyable by Postmatic
Replyable by Postmatic

Fitur unggulan yang dimiliki Replyable by Postmatic adalah memungkinan Anda berlangganan komentar, jadi saat berkomentar menanyakan suatu hal, Anda bisa berlangganan untuk mendapatkan balasan komentar, sehingga saat ada balasan Anda mendapatkan notifikasi. Selain itu plugin ini sudah kompatibel dengan plugin komentar lain seperti wpDiscuz, CommentLuv, Inline Comments dan sebagainya. Jika Anda membutuhkan data, Anda bisa melakukan migrasi dari database plugin komentar sebelumnya.

8. WP Facebook Comments

WP Facebook Comments
WP Facebook Comments

Plugin ini sudah terintegrasi dengan media social terbesar saat ini yaitu Facebook. Jadi Anda hanya perlu mengintegrasikan akun facebook Anda untuk bisa berkomentar. Selain itu database komentar yang masuk akan disimpan di facebook, sehingga tidak memberatkan pada kinerja server hosting Anda. Anda bisa mengkustom tampilan WordPress ini mulai dari warna, ukuran dan font, sehingga bisa terlihat tidak terlalu mirip dengan facebook.

9. CommentLuv

CommentLuv
CommentLuv

Plugin commentLuv ini memiliki keunggulan fitur untuk bisa mendatangkan traffic lebih menuju website. Selain itu plugin comment ini memiliki kemampuan untuk memerangi spam, menambahkan keyword, mengintegrasikan internal link, menandai top comment dan lainnya. Tersedia juga fitur custom, sehingga Anda bisa berkreasi untuk membuat kolom komentar sesuai dengan yang Anda inginkan.

10. Super Socializer

Super Socializer
Super Socializer

Yang terakhir plugin comment WordPress super socializer. Plugin ini tergolong ringan dan bersifat gratis. Super socializer menawarkan kemudahan dengan support lebih dari 100 sosial share/bookmarking. Selain itu Anda juga bisa menambahkan icon ikuti social media yang berada di kolom komentar, sehingga rasio orang untuk mengikuti social media Anda menjadi lebih besar. Tidak ada fitur premium pada plugi ini, semuanya tersedia secara gratis. Plugin ini juga bisa Anda gunakan di platform BuddyPress dan WooCommerce,

Kesimpulan

Komentar bukan hanya masalah interaksi saja, tetapi dibalik itu ada beberapa hal-hal penting yang harus diperhatikan. Untuk lebih memaksimalkan website WordPress Anda, rekomendasi dari kami untuk menggunakan plugin comment Super Socializer. Selain gratis dan ringan, plugin ini memiliki kelebihan support ke berbagai social media share sehingga bisa meningkatkan traffic menuju website Anda.

Jangan lupa untuk memaksimalkan website WordPress Anda, cobalah menggunakan layanan hosting WordPress terbaik dari kami. Hanya dengan 50.000/bulan saja Anda sudah bisa menikmati hosting WordPress dari Qwords.com dengan berbagai kelebihan dan tentunya kami memberikan garansi selama 30 hari.

Jika ada rekomendasi plugin lain yang lebih baik dari yang kami sampaikan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *