Pada pembahasan sebelumnya sahabat qwords sudah dijelaskan mengenai plugin SEO WordPress yang membantu website Anda semakin bisa bersaing di halaman pertama mesin pencari. Kali ini pembahsannya sedikit berbeda, kami akan membahas mengenai plugin slider WordPress gratis yang akan mempercantik tampilan website Anda dengan slide show gambar atau video.

Slider atau slide show adalah salah satu cara untuk menampilkan konten berupa gambar, postingan atau video yang berada pada halaman header dan footer sehingga menjadi lebih menarik untuk dilihat. Lihat saja pada website ecommerce di Indonesia saat ini, pasti Anda akan menemui banyak slider yang isinya promo, diskon, flash sale dan sebagainya. Akan tetapi saat ini tidak hanya website ecommerce saja yang menggunakan slider, sekarang ini sudah banyak website atau blog pribadi yang menggunakan plugin slider.

10 Plugin Slider WordPress Gratis Terbaik
10 Plugin Slider WordPress Gratis Terbaik

Kapan Menggunakan Slider WordPress

WordPress versi standart memang tidak menyediakan fitur slider ini, tetapi Anda bisa menambahkan dengan install plugin sendiri. Tetapi Anda perlu melihat dulu tipe website dan tujuan pemasangan slider ini, jangan asal memasang.

Ada beberapa pilihan tempat pemasangan slider WordPress, bisa dibagian header atau pada bagian footer. Untuk bagian atas bisa untuk penganti header atau bisa dimasukan konten promo, diskon, video dan postingan. Untuk slider bagian footer biasanya diisi dengan testimoni, komentar atau brand yang sudah pernah menjalin kerja sama. Perlu diperhatikan pula jangan memasang slider terlalu banyak, karena akan berpengaruh pada kecepatan akses website.

10 Plugin Slider WordPress Gratis Terbaik

Di CMS WordPress tersedia berbagai jenis plugin untuk mengatur slider, Anda tinggal install, setting dan sudah jadi. Apakah Anda tertarik untuk memasang slider pada website atau blog yang Anda miliki? Nah jika tertarik silahkan baca dulu rekomendasi 10 plugin slider WordPress gratis terbaik saat ini, tetapi ada beberapa plugin yang menyediakan fitur lebih lengkap dengan versi berbayar. Berikut daftar plugin slidernya:

1. Len Slider

Plugin Len Slider
Plugin Len Slider

Len Slider adalah salah satu plugin slider pada WordPress yang menggunakan jQuery dan CSS3 untuk menjalankan animasinya. Banyak fitur slideshow yang bisa Anda pilih dan gunakan di plugin Len Slider. Plugin ini jika dibandingkan dengan lainnya termasuk ringan, simple dan mudah digunakan. Untuk plugin ini bersifat gratis.

2. Soliloquy

Plugin Soliloquy
Plugin Soliloquy

Yang kedua adalah plugin Soliloquy, plugin slider ini memiliki kelebihan yang responsive dan kompatibel dengan pengguna mobile. Selain itu soliloquy mengedepankan user experience kepada pengguna, fitur yang menarik. Anda juga bisa menambahkan meta pada gambar untuk meningkatkan optimasi SEO pada mesin pencari dan meningkatkan konversion. Fitur lain yang dimiliki yaitu Feature Content, Lightbox, Carousel, Dynamic Slides, Instagram Slides, Video Slides, PDF lides, Custom HTML dan sebagainya.

3. Cyclone Slider

Plugin Cyclone Slider
Plugin Cyclone Slider

Cyclone Slider adalah plugin slideshow ketiga yang termasuk mudah digunakan dan memiliki tampilan antarmuka yang menarik. Untuk bisa mebuat slider sampai jadi cukup beberapa langkah saja yaitu dengan menambahkan slide, seting slideshow properties, pilih template dan yang terakhir publish. Untuk fitur slide Anda bisa memasukan gambar, testimoni, youtube, vimeo dan custom HTML. Selain itu Cyclone Slider ini memiliki support bahasa yang lengkap.

4. Smooth Slider

Plugin Smooth Slider
Plugin Smooth Slider

Plugin keempat ini memungkinkan Anda untuk membuat Slider Post, Slider Gambar, Slider Video, Slider Galeri dll. Di plugin Smooth Slider anda dapat dengan mudah untuk seting tata letak desain. Selain itu smooth slider ini memiliki tampilan responsive kepada pengguna mobile. Fitur lain dari smooth slide ini Anda bisa drag and drop untuk peletakan Slide, fitur acak Slide, Auto Expired Slide, Text Control, Shortcode and Template Tag dll. Smooth Slider ini juga meyediakan fitur versi premium dengan pilihan themes yang lebih lengkap dan beragam.

5. Responsive Slider

Plugin Responsive Slider
Plugin Responsive Slider

Responsive Slider ini dibuat developer dari MotoPess, fitur yang ditawarkan dari responsive slider ini yaitu kemudahan dalam pengunaan dengan efek yang lengkap serta efek-efek yang mengagumkan. Ada 3 jenis slider yang bisa Anda gunakan yaitu slider custom, slider tulisan dan slider WooCommerce. Untuk setiap slideshow juga sudah dioptimalkan untuk lebih SEO friendly. Untuk versi Pro Anda akan mendapatkan perbedaan di layer efek, style yang beragam, duplikat layer dan support update dari developer MotoPress.

6. Slide Deck

Plugin Slide Deck
Plugin Slide Deck

Slide Deck selain menawarkan desain yang responsive dan seting plugin sampai jadi hanya dalam hitungan menit tanpa coding. Fitur lain yang dimiliki diantaranya Touch Swipe, 50+ Smooth Transitions, Video Slider, SEO Friendly, compatible dengan banyak Themes WordPress dan lainnya.

7. Smart Slider 3

Plugin Smart Slider
Plugin Smart Slider

Plugin yang ketujuh ini tidak berbeda jauh dengan plugin yang lainnya. Fitur lain yang berbeda dimiliki oleh Smart Slider 3 yaitu Static Slide, Slide Background Animations, Autoplay Timing, Slider Control, Adaptive Layer, Hide Layer on Specific Device dan WordPress Multisite Compatible. Tersedia fitur pro bagi Anda yang butuh fitur lebih lengkap dan full support dari developer.

8. Slider WD

Plugin Slider WD
Plugin Slider WD

Slider WD  adalah solusi bagi Anda yang membutuhkan slider yang cepat, responsive, ringan dan SEO friendly untuk segala website. Banyak disediakan fitur efek transisi yang menarik dan banyak pilihan, selain itu Anda bisa melakukan custom sesuai dengan yang Anda suka. Slider WD juga menyediakan fitur Pro untuk Anda yang membutuhkan fitur yang lebih lengkap.

9. Master Slider

Plugin Master Slider
Plugin Master Slider

Master Slider ini memiliki keunggulan sebagai plugin slider paling SEO friendly jika dibandingkan dengan plugin slider sejenis. Fitur lain yang berbeda dengan plugin lainnya yaitu adanya fitur Parallax, Drag and Drop Realtime, Realtime Animation Slider, Flickr Slider dan Support Google Font sampai 600 jenis font lebih.

10. Meta Slider

Plugin Meta Slider
Plugin Meta Slider

Meta slider mengklaim menjadi Plugin Slider WordPress Terbaik no. 1 saat ini. Dengan memiliki fitur paling lengkap dan terbaru. Fitur lain yang baru saja update yaitu bisa download gambar langsung dari Unsplash.com untuk dijadikan bahan slideshow, fitur ini sampai saat ini  belum dimiliki oleh plugin slider lainnya, banyak plugin yang masih upload manual atau pilih gambar dari library.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 plugin slider gratis WordPress terbaik. Untuk plugin WordPress slider lainnya sebenarnya masih banyak pilihan. Untuk seting slider WordPress ini berbeda-beda setiap pluginnya, untuk lebih lengkapnya tentang instalasi plugin bisa dilihat dimasing-masing halaman plugin. Jika terjadi masalah silahkan hubungi pada bagian support di developer pluginnya. Jika Anda kebingungan, kami sudah membahas mengenai cara membuat sliders di WordPress dengan cepat pada artikel sebelumnya.

Jangan lupakan dalam pemilihan hosting usahakan menggunakan spesifikasi yang cukup, agar hosting nantinnya tidak keberatan dengan adanya plugin slider. Di Qwords kami menyediakan paket hosting Indonesia dengan spesifikasi yang bisa diandalkan untuk website Anda. Jika Anda menemukan plugin yang bagus silahkan komentar pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *