Memiliki toko online sekarang ini bukanlah hal yang sulit. Dengan adanya gabungan antara CMS WordPress dengan plugin toko online WooCommerce memberikan kemudahan dalam hal memiliki toko online. Bila kembali ke beberapa tahun kebelakang, memiliki toko online hanya bisa dimiliki oleh mereka yang menguasai progamming atau bagi mereka yang memiliki modal besar untuk membangun toko online.

Sekarang ini semua sudah mulai berbeda, dengan adanya plugin toko online WooCommerce, semua bisa dilakukan. Bahkan WooCommerce sekarang ini berhasil menguasai sampai 93% plugin toko online yang ada di WordPress. Ini merupakan bukti bahwa WooCommerce menjadi pilihan terbaik untuk membangun toko online. Ada plugin toko online lain yang ada di WordPress, silahkan baca dipembahasan artikel Plugin WordPress Terbaik Untuk Toko Online. Selain itu perlu dipertimbangkan pula bahwa plugin pendukung WooCommerce sangat banyak dan lengkap. Jadi Anda tidak perlu ragu dan khawatir lagi untuk menggunakan WooCommerce untuk toko online Anda.

Rekomendasi 15 Plugin WooCommerce Terbaik Untuk Toko Online
Rekomendasi 15 Plugin WooCommerce Terbaik Untuk Toko Online

Plugin WooCommerce Untuk Toko Online

Nah disini kami akan memberikan rekomendasi 15 plugin WooCommerce terbaik untuk toko online yang bisa Anda install di akun WordPress, berikut daftarnya:

1. WooCommerce Dynamic Pricing & Discounts

WooCommerce Dynamic Pricing & Discounts
WooCommerce Dynamic Pricing & Discounts

Plugin pertama yang harus Anda install adalah WooCommerce Dynamic Pricing dan Discounts. Plugin ini fungsi utamanya untuk pengaturan harga produk dan promosi bagi para pemilik toko online. Selain itu fitur menarik lainnya ada diskon keranjang belanjaan, flash sale, promo event, penawaran special, checkout dan lainnya. Ada juga pengaturan perbedaan harga antara pembelian secara eceran dan grosir.

Plugin ini menjadi rekomendasi toko online untuk masalah pengaturan harga, diskon dan promosi kepada konsumen.  

2. WooCommerce Multilingual

WooCommerce Multilingual
WooCommerce Multilingual

Bagi Anda yang ingin ekspansi ke luar negeri atau memiliki target pasar luar negeri, menggunakan plugin WooCommerce Miltilingual ini merupakan pilihan tepat. Anda tidak perlu memiliki 2 toko online dengan 2 bahasa yang berbeda. Ada bisa menerjemahkan tentang produk, deskripsi, halaman dan lainnya ke bahasa yang berbeda. Selain itu tersedia pula email multibahasa sesuai dengan lokasi konsumen toko online Anda.

3. YITH WooCommerce Request a Quote

YITH WooCommerce Request a Quote
YITH WooCommerce Request a Quote

Plugin Request a Quote ini fungsinya untuk menawar harga produk yang Anda jual di toko online hingga menemukan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Bagi Anda yang menjadi supplier atau produsen bisa mengaktifkan fitur ini, terutama bagi konsumen yang membeli dalam jumlah yang besar. Mungkin ada beberapa toko online tidak membutuhkan fitur negosisasi ini, tetapi fitur ini bisa menjadi pembeda dengan toko online lain yang sejenis.

4. YITH WooCommerce Live Chat

YITH Live Chat
YITH Live Chat

Plugin WooCommerce Live Chat memungkinkan customer bisa berkomunikasi kepada Anda atau customer service secara langsung secara realtime. Sehingga jika customer memiliki pertanyaan bisa mendapatkan jawaban secara jelas. Selain itu dengan adanya fitur live chat  menjadikan customer yakin terhadap kualitas barang yang akan dibeli. Fitur live chat sekarang ini menjadi salah satu fitur yang harus ada pada setiap toko online.

5. WooCommerce MultiStep Checkout Wizard

WooCommerce MultiStep Checkout Wizard
WooCommerce MultiStep Checkout Wizard

Setelah customer sudah jelas dengan barang yang akan dibeli, langkah selanjutnya adalah melakukan checkout. Halaman checkout termasuk bagian penting dalam toko online. Jika customer dihadapkan dengan proses checkout yang rumit ada kemungkinan customer akan batal bertransaksi. Plugin WooCommerce Multistep Checkout Wizard membantu Anda dalam proses checkout yang lebih simple dan mudah sehingga meningkatkan konversi penjualan.

Dengan tampilan layout yang responsive, banyak pilihan kustomisasi, validasi form yang lengkap, tampilan yang menarik dan user friendy. Plugin ini akan memberikan kemudahan dan pengalaman berbelanja yang lebih kepada customer.

6. BuddyForms WooCommerce Simple Auctions

BuddyForms WooCommerce Simple Auctions
BuddyForms WooCommerce Simple Auctions

Plugin Simple Auctions ini fungsinya untuk memberikan penawaran pelelangan kepada konsumen. Anda bisa mengatur seberapa lama dan barang apa saja yang akan Anda lelang. Ada berbagai macam penawaran lelang yang bisa Anda sesuaikan dengan produk yang Anda miliki.

7. WooCommerce Advanced Free Shipping

WooCommerce Advanced Free Shipping
WooCommerce Advanced Free Shipping

Pengiriman barang jika tidak dikelola dengan baik akan sangat rumit. Metode pengiriman dan pilihan kurir yang lengkap menjadi salah satu hal penting. Plugin WooCommerce pengiriman ini dapat mengatur tujuan pengiriman, total belanjaan, kurir pengirim, berat barang, harga dan lainnya secara lengkap.

Plugin ini menjadi salah satu plugin wajib untuk toko online WooCommerce Anda. Dan yang terpenting rekapan dari customer yang membeli produk Anda tertulis jelas dan lengkap, sehingga saat memproses pengiriman barang ke customer menjadi lebih mudah.

8. Customer Reviews For WooCommerce

Customer Reviews For WooCommerce
Customer Reviews For WooCommerce

Review atau ulasan bisa menjadi salah satu indikator bahwa toko online tersebut baik atau buruk. Sebagian orang akan melihat seberapa bagus ulasan yang diberikan oleh customer terhadap barang dan seller. Ada beberapa item yang biasa dinilai oleh konsumen seperti kualitas barang, respon seller, pengiriman, packaging dan harga. Sehingga Anda sebagai seller harus selalu bisa melayani konsumen dengan baik.

9. WOCS – WooCommerce Currency Switcher

WOCS - WooCommerce Currency Switcher
WOCS – WooCommerce Currency Switcher

WOCS ini merupakan plugin WooCommerce terbaik untuk pertukarang mata uang. Plugin ini lebih cocok bagi Anda yang menargetkan kosumen ke pasar global. Kelebihannya plugin ini akan mengkoversi mata uang berdasarkan ip dari konsumen yang berkunjung ke toko online, sehingga konsumen bisa membayar dengan mata uang mereka sendiri. Selain itu plugin ini juga mendukung berbagai macam metode pembayaran yang lengkap.

10. WooCommerce PDF Invoice

WooCommerce PDF Invoice
WooCommerce PDF Invoice

Jika toko online Anda membutuhkan fitur invoice, penagihan konsumen, pajak dan pelelangan, maka Anda perlu menambahkan ekstensi WooCommerce PDF Invooice. Plugin ini bisa bekerja secara otomatis dengan WooCommerce. Fitur lain yang dimiliki berupa pengelolaan penagihan, pajak dan kustom layout sesuai dengan kebutuhan.

11. WooCommerce MailChimp Integration

WooCommerce MailChimp Integration
WooCommerce MailChimp Integration

Plugin ini akan menyambungkan akun MailChimp Anda dengan WordPress, sehingga Anda bisa memaksimalkan penjualan barang dan jasa melalui email. Anda dapat menarget konsumen yang sesuai melalui email dengan promo-promo yang menarik sehingga efektif untuk meningkatkan konversi penjualan bisnis Anda.

12. WOOBE – Products Bulk Editor for WooCommerce

WOOBE – Products Bulk Editor for WooCommerce
WOOBE – Products Bulk Editor for WooCommerce

Bisa dibayangkan berapa jumlah file yang ada di toko online. Jika Anda mengeditnya satu persatu maka akan membutuhkan waktu yang lama. Solusinya Anda bisa menggunakan plugin Products Bulk Editor. Anda dapat merubah stok, atribut, diskon, harga, deskripsi, info produk dan lainnya dengan lebih mudah dan cepat. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk pengelolaan inventori binsis online Anda.  

13. Popups by OptinMonster

Popups by OptinMonster
Popups by OptinMonster

Banyak traffic yang datang ke toko online Anda belum tentu menghasilkan penjualan yang besar. Nah plugin OptinMonster ini menjadi solusi untuk meningkatkan penjualan bisnis. Anda bisa mengubah pengunjung yang datang menjadi konsumen dengan cara menjadikan subscriber email atau follower media social, sehingga Anda bisa melakukan follow up saat ada produk atau diskon baru. Terlebih lagi optinmonster ini bisa merekam secara lengkap tentang kebiasaan konsumen yang datang pada toko online.

14. Beeketing

Beeketing
Beeketing

Beeketing merupakan salah satu plugin all-in-one marketing platform WooCommerce yang direkomendasikan untuk analisa konsumen. Apalagi dengan hadirnya fitur artificial intelegencinya yang bisa menganalisa secara detail tentang konsumen yang datang. Fitur-fitur menarik yang dimiliki Beekering diantaranya:

  • Kupon untuk konsumen baru
  • Kupon bagi yang berlangganan email atau mengikuti social media
  • Mengirim email kepada konsumen yang belum menyelesaikan transaksi
  • Memberi saran produk sejenis kepada konsumen
  • dl

15. Metrilo

Metrilo
Metrilo

Plugin Metrilo ini hampir sama dengan Beeketing, keunggulan lain yang dimiliki metrilo yaitu adanya fitur analytics sampai bisa untuk menentukan strategi pemasaran kepada konsumen. Fitur yang diunggulkan di Metrilo diantaranya:

  • Mengklasifikasi konsumen berdasarkan kebiasaan
  • Mengidentifikasi kebiasaan konsumen
  • Mengirim email kepada konsumen berdasarkan data
  • Analisa marketing campaign
  • Analisa konsumen baru
  • Analisa konsumen loyal
  • Rekomendasi data berdasarkan data
  • dll

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi 15 plugin WooCommerce terbaik untuk toko online saat ini. Kami berharap plugin-plugin yang sudah dibahas diatas mempermudah dalam mengelola toko online yang Anda miliki. Jangan lupa perhatikan spesifikasi hosting yang Anda gunakan untuk toko online. Usahakan server hosting memiliki spesifikasi yang kuat dan dapat diandalkan. Di Qwords kami memiliki layanan hosting murah Indonesia dengan harga mulai dari 14.500/bulan. Silahkan kunjungi website kami di Qwords.com untuk info lebih lanjut.

Jika ada tambahan atau rekomendasi plugin WooCommerce yang lebih bagus bisa ditambahkan dikolom komentar bawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *