WordPress adalah salah satu CMS dengan pengguna terbesar didunia hingga saat ini. Tak heran karena WordPress memiliki banyak fitur yang lengkap, powerful, user friendly, ringan dan cocok bagi pemula.  WordPress memiliki fungsi untuk membuat berbagai macam blog, website, termasuk membuat toko online.

Cara membuat toko online dengan WordPress prosesnya cukup mudah, Anda hanya perlu menginstall plugin WordPress untuk toko online. Jadi Anda tidak perlu melakukan coding dari awal untuk bisa membuat toko online, hanya perlu install plugin saja. Perlu diketahui juga untuk memaksimalkan toko online WordPress, Anda harus menginstall plugin WordPress terbaik yang wajib diinstall. Dalam pemilihan plugin juga harus selektif, karena jika bermasalah dapat mengakibatkan CMS WordPress menjadi error.

barn2.co.uk-WordPress eCommerce Plugin 2019
barn2.co.uk-WordPress eCommerce Plugin 2019

Baca juga : 12 Error Yang Sering Terjadi Pada WordPress

Plugin WordPress Untuk Toko Online

Ada banyak plugin toko online yang tersedia di WordPress saat ini dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, berikut kami merangkum 8 plugin WordPress untuk toko online terbaik saat ini:

1. WooCommerce

WooCommerce
WooCommerce

WooCommerce menjadi plugin toko online dengan pengguna terbanyak sampai saat ini. Bahkan mencapai 93% lebih dari semua plugin toko online yang ada di CMS WordPress. Kemampuan yang mumpuni dan fitur yang lengkap menjadikan WooCommerce sebagai pilihan yang terbaik untuk membuat toko online. Berikut beberapa fitur menarik yang dimiliki WooCommerce:

  • Integrasi pembayaran dengan PayPal
  • Laporan penjualan yang lengkap
  • Pengaturan stok barang
  • Pilihan lokasi pengiriman dan besaran biaya
  • Fitur kupon, pajak, metode pembayaran
  • Kustomisasi yang mudah
  • Ekstensi WooCommerce yang banyak

Kelebihan lain plugin WooCommerce ini gratis, tetapi ada beberapa ekstensi WooCommerce yang harus berbayar.

2. Ecwid Ecommerce Shopping Cart

Plugin Ecwid Toko Online
Plugin Ecwid Toko Online

Ecwid menjadi plugin toko online kedua dengan pengguna terbanyak. Jika Anda sebelumnya pernah menggunakan plugin WooCommerce, maka dari segi fitur tidak jauh berbeda. Perbedaan paling terlihat dari segi interface Ecwid yang lebih menarik dibandingkan WooCommerce. Berikut  fitur-fitur Ecwid Ecommerce:

  • Penjualan produk digital dan fisik
  • Pengelolaan proses pembayaran dan pengiriman yang lengkap
  • Fitur shopping cart
  • Add-ons yang lengkap

Untuk bisa menikmati fitur yang lebih, Anda diharuskan membeli add-ons yang sudah disediakan. Ecwid shopping cart memiliki 2 versi, yaitu gratis dan versi premium dengan biaya bulanan mulai dari 15$ saja.

3. Easy Digital Download (EDD)

Easy Digital Download
Easy Digital Download

Anda bisa berjualan berbagai macam file digital seperti eBooks, Plugin, PDF File dan digital product lainnya dengan plugin Easy Digital Download. Menariknya lagi, plugin toko online EDD ini tidak membutuhkan resource yang besar dan ringan dijalankan. Jadi Anda dapat menjual berbagai produk tanpa mengurangi performa website. Beberapa fitur keuanggulan EDD lainnya seperti berikut:

  • Pilihan metode pembayaran yang banyak
  • Riwayat pembelian yang lengkap
  • Fitur promo, afiliasi
  • Banyak ekstensi gratis dan berbayar
  • File bisa disimpan dipihak ketiga
  • Pembuatan profil user yang lengkap

4. WP eCommerce

WP eCommerce
WP eCommerce

WP eCommerce memberikan kemudahan dalam pengaturan dan pengelolaan toko online yang lebih menarik. Plugin ini bisa Anda gunakan untuk membuat toko online produk digital, produk fisik, membership dan masih banyak lainnya. berikut keunggulan fitur dari WP eCommerce:

  • Proses checkout yang simple
  • Banyak pilihan pembayaran
  • Pegaturan layout yang banyak
  • Support dengan berbagai theme WordPress

5. MarketPress

MarketPress Plugin
MarketPress Plugin

MarketPress hadir menjadi salah satu plugin toko online yang fitur yang lebih lengkap dan dukungan dari developer yang bagus. Plugin ini dikembangkan oleh WPMU DEV yang sudah terkenal dalam pembuatan berbagai plugin WordPress. Ada 2 versi yang bisa Anda gunakan yaitu yang versi gratis dan berbayar. Selain itu ada fitur yang jarang dimiliki oleh plugin WordPress lain yaitu hadirnya fitur tracking analytics.

6. Shopp

Shopp Plugin
Shopp Plugin

Plugin WordPress terbaik ke 6 ini adalah plugin Shopp. Untuk fitur dengan plugin lain tidak ada perbedaan yang jauh, bedanya plugin shopp ini memiliki tabel database yang terpisah, sehingga efeknya kinerja database lebih meningkat dan load website toko online menjadi lebih cepat. Dari segi keamanan, plugin Shopp ini sudah memiliki standar PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) sehingga untuk keamanan dan keselamatan data lebih terjamin. Kekurangannya pada versi yang gratis tidak terlalu banyak fitur yang didapat dan terbatasnya tema yang bisa bisa Anda pilih.

7. Cart66 Cloud

Cart66 Cloud
Cart66 Cloud

Cart66 Cloud adalah plugin ringan, aman dan efisien. Dari segi keamanan sudah menggunakan Mijireh Checkout dan payment gateway. Keuntungan lainnya adalah plugin ini sudah terintegrasi dengan Amazon S3 untuk membantu Anda menjual produk-produk amazon tanpa ribet. Cart66 ini menjadi plugin yang mudah untuk konfigurasi dan integrasi ke berbagai platform yang Anda butuhkan.  

8. Jigoshop eCommerce

Jigoshop
Jigoshop

Plugin WordPress toko online yang terakhir adalah Jigoshop. Plugin jigoshop ini dikembangkan oleh Jigowatt dari Inggris. Plugin ini lebih cocok digunakan untuk bisnis toko online skala kecil dan menengah. Fitur dashboard yang user friendly sehingga memudahkan Anda dalam mengelola toko online. Ada banyak template toko online yang bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan berbagai ektension untuk mengembangkan toko online Anda lebih baik lagi.

Fitur menarik lainnya dari Jigoshop yaitu sistem inventarisasi produk, pengelolaan stok barang, sistem pelaporan, grafik penjualan dan lainnya. Perlu Anda ketahui juga bahwa sebenarnya WooCommerce dikembangkan awalanya dari Jigoshop. Meskipun kalah populer dengan WooCommerce, Anda perlu mencoba untuk mengggunakan plugin ini.

8 Plugin WordPress Untuk Toko Online Terbaik Saat Ini
8 Plugin WordPress Untuk Toko Online Terbaik Saat Ini

Tambahan lagi sebelum menentukan plugin toko online terbaik pilihan Anda, pastikan fitur yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Demikianlah pembahasan mengenai 8 plugin WordPress untuk toko online terbaik saat ini. Jangan lupa perhatikan juga spesifikasi hosting yang Anda gunakan pastikan kuat untuk membangun toko online dan kuat menampung trafik yang masuk. Di Qwords kami menyediakan cloud hosting murah dengan harga terjangkau.

Jika ada tambahan plugin WordPress toko online lain yang bagus bisa Anda tambahkan dalam kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *