startupcollapse

Startup nyaris collapse? Duh jangan sampai deh. Sahabat Qwords tentu tidak ingin bisnis yang baru dirintis terancam bangkrut, bukan? Mimin punya tips nya nih. Hindari Startup Collapse dengan 7 cara ini.

 

 

  • Rekrut tenaga ahli.

Sebuah bisnis kuliner tidak akan berhasil jika Anda merangkap sebagai koki, pencuci piring, sekaligus akuntan. Anda tidak bisa bekerja sendirian. Pekerjakan tenaga ahli yang memahami bidang tersebut.

 

 

  • Tingkatkan skill

Meningkatkan kemampuan bisnis seperti marketing, sales, dan teknis wajib bagi seorang pengusaha. Baik itu melalui seminar maupun pelatihan. Tujuannya, agar tidak dikelabuhi & dirugikan oleh pihak manapun yang ingin menjatuhkan bisnis Anda.

 

 

  • Visi, Misi, dan Goals

Buat visi & misi yang jelas untuk bisnis Anda. Jangan sampai lack of plan apalagi berjalan menyimpang dari tujuan. Fokus pada goals yang ingin dicapai. Ini penting jika suatu saat mencoba hal baru, tidak akan lepas dari track.

 

 

  • Maintain customer

“Tak perlu hiraukan kompetitor, fokuslah pada pelanggan Anda”, begitu pesan Jack Ma. Perhatikan kebutuhan pelanggan Anda, dengarkan keluhannya, dan raih insight nya demi layanan yang memuaskan.

 

 

  • Poor management is a BIG NO!

Pemimpin yang sukses mampu menciptakan iklim kerja yang mendorong produktivitas. Terampil merekrut orang yang kompeten serta jelas dalam mendelegasikan tugas. Ia juga harus pandai berstrategi, mampu membuat perubahan, dan punya banyak pandangan untuk masa depan perusahaan.

 

 

  • Smart Budgeting

Perencanaan biaya penting dalam bisnis. Jangan sampai over/underspending. Pahami cash flow agar bisnis tidak collapse sebelum berkembang. Hindari pula harapan yang tidak realistis dari penjualan.  

 

 

  • Website & Media Sosial

Sudah rumus pasti bagi para pebisnis baru untuk memiliki website dan media sosial. Membuat website saat ini sangat mudah, siapkan Nama Domain yang unik, singkat, dan mudah dipahami. Lalu menyewa paket Cloud Hosting di provider Hosting yang terpercaya. Anda kini siap Go Online!

Semoga bermanfat untuk sahabat Qwords yang sedang menjalankan bisnis baru :). Jangan lupa share artikel ini yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *